MENGELOLA KONFLIK DALAM MENCIPTAKAN TIM PROYEK YANG SOLID PADA PELAKSANAAN PROYEK KONSTRUKSI

  • Ida Ayu Putu Sri Mahapatni Universitas Hindu Indonesia
Keywords: Konflik, Tim Proyek, Kinerja, Proyek Konstruksi

Abstract

Pelaksanaan proyek sangat membutuhkan organisasi, dalam organisasi proyek terdapat berbagai macam karakter, ketrampilan kerja, dan ketidakpastian. Menyatukan visi untuk menjadi satu tujuan merupakan langkah awal yang harus dilakukan oleh manajer proyek. Permasalahan yang sering dijumpai pada pelaksanaan proyek adalah terjadinya stress antara tim proyek karena durasi penyelesaian sangat terbatas sehingga sangat rentan terjadinya konflik. Tujuan dari artikel ini adalah untuk mengetahui manajer proyek mengelola konflik dalam menciptakan tim proyek yang solid.  Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan wawancara yang mendalam kepada dua puluh manajer proyek yang mempunyai pengalaman menangani proyek pemerintah di Kota Denpasar. Hasil kajian menunjukkan bahwa konflik itu tidak bisa dihindari dan harus dikelola secara sehat demi keberhasilan proyek. Munculnya konflik disebabkan oleh lima faktor  yaitu faktor perbedaan pendapat terutama tentang metode kerja, faktor stress yang dialami tenaga kerja, faktor mengambil keputusan yang tidak tepat dalam hal mengalokasikan sumberdaya proyek, faktor kesalahan membaca gambar, dan faktor terlambatnya pembayaran tenaga kerja. Mengelola konflik secara sehat menyebabkan konflik yang terjadi dapat bermanfaat, yaitu sebagai bahan evaluasi selama berlangsungnya proyek maupun sebagai bahan evaluasi proyek-proyek berikutnya. Langkah-langkah mengelola konflik yang dilakukan oleh manajer proyek yaitu komunikasi, koordinasi, rapat-rapat rutin, memupuk rasa kekeluargaan dan membagi tugas sesuai posisinya masing-masing.  Konflik yang terjadi bisa diatasi dengan cara ketepatan seorang manajer proyek mengambil keputusan sehingga terbentuknya tim yang solid dalam mendukung kinerja yang optimal sesuai dengan tujuan proyek baik dari segi biaya, mutu, waktu dan safety.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dimyati, Hamdan dan Nurjaman Kadar. 2014. Manajemen Proyek. CV Pustaka.
Ervianto, Wulfram I, 2004, Teori – Aplikasi Manajemen Proyek Konstruksi. Andi Yogyakarta.
Ervianto, Wulfram I. 2009. Manajemen Proyek Konstruksi. Graha Ilmu: Jakarta.
Edison, Anwar dan Komariyah. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Pertama: Alfabeta Bandung.
Hasibuan,Malayu S.P 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi: PT Bumi Aksara, Jakarta.
Santosa, Budi. 2009. Manajemen Proyek Konsep dan Implemnetasi. Graha Ilmu: Yogyakarta.
Sudarto. 2011. Meningkatkan Kinerja Perusahaan Jasa Konstruksi di Indonesia. Aplikasi Knowledge Based Management System. PT Ghassan Cipta Media.
Sugiyono, 2010. Memahami Penelitian Kualitatif. CV Alfabeta Bandung.
Published
2021-05-03
How to Cite
Mahapatni, I. A. P. (2021). MENGELOLA KONFLIK DALAM MENCIPTAKAN TIM PROYEK YANG SOLID PADA PELAKSANAAN PROYEK KONSTRUKSI. Widya Teknik, 15(01), 75-86. https://doi.org/10.32795/widyateknik.v15i01.1260