ANALISIS KEBUTUHAN RUANG PARKIR PADA PASAR UMUM GIANYAR KABUPATEN GIANYAR

  • Made Novia Indriani Fakultas Teknik, Universitas Hindu Indonesia
  • Ida Bagus Wirahaji Fakultas Teknik, Universitas Hindu Indonesia
  • I Dewa Gede Eka Budiawan Fakultas Teknik, Universitas Hindu Indonesia
Keywords: karakteristik parkir, tingkat pertumbuhan, kebutuhan SRP

Abstract

Pasar Gianyar terletak di pusat kota Gianyar, merupakan pasar tradisional yang selalu penuh dengan pengunjung. Pada pasar ini dijual berbagai kebutuhan sehari- hari, hingga kebutuhan bahan-bahan dan alat-alat upakara umat Hindu.  Sebagai salah satu pusat kegiatan perbelanjaan, pasar ini menarik perjalanan (trip attraction) dari pengunjung dengan menggunakan berbagai moda transportasi. Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui karakteristik parkir Pasar Gianyar pada kondisi sekarang dan untuk mengetahui kebutuhan satuan ruang parkir (SRP) pada tahun 2026. Pengumpulan data primer dilakukan dengan metode survai dan investigasi pada 3 (tiga lokasi), yaitu area pelataran parkir di dalam pasar, di Jalan Berata dan di Jalan Majapahit. Metode survai digunakan untuk mendapatkan data kendaraan yang
masuk dan keluar area parkir dan metode investigasi untuk mendapatkan data SRP eksisting. Data ini digunakan untuk menganalisis karakteristik parkir. Data sekunder diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Gianyar meliputi: data pertumbuhan penduduk, dan kepemilikan kendaraan. Data ini digunakan untuk memprediksi kebutuhan SRP pada tahun 2026. Hasil penelitian menunjukkan, volume parkir tertinggi sepeda motor 1.311 kendaraan dan untuk kendaraan ringan 377 kendaraan. Akumulasi parkir tertinggi sepeda motor 224 kendaraan dan kendaraan ringan 65 kendaraan. Semuanya terjadi di pelataran parkir pasar. Rata-rata lamanya parkir tertinggi sepeda motor 1,03 jam/kend terjadi di Jl. Berata dan kendaraan ringan 1,03 jam/kend terjadi di pelataran parkir dan di Jl. Berata. Kapasitas parkir tertinggi sepeda motor 220 kend/jam dan kendaraan ringan 65 kend/jam terjadi di pelataran parkir dan di Jl. Berata. Indeks parkir tertinggi sepeda motor 1,03 terjadi di Jl. Majapahit dan kendaraan ringan 1,06 terjadi di Jl. Berata. Tingkat pergantian parkir tertinggi sepeda motor 0,97 terjadi di pelataran parkir dan kendaraan ringan 0,96 terjadi di pelataran parkir dan di Jl. Berata. Kebutuhan SRP pada tahun 2026 berdasarkan nilai pertumbuhan tertinggi, yaitu pertumbuhan kendaraan bermotor. Kebutuhan SRP tertinggi untuk sepeda motor 574 SRP dan kendaraan ringan 166 SRP di pelataran parkir pasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abubakar, I. dkk, 1998, Pedoman Perencanaan dan Pengoperasian Fasilitas Parkir, Direktorat Jenderal PerhubunganDarat, Jakarta.
Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. 1998. Pedoman Perencanaan dan PengoperasianFasilitas Parkir, Direktorat Bina LaluLintas dan Angkutan Kota.
Hobbs, FD. 1995. Perencanaan dan Teknik Lalu Lintas. Edisi ke-2. Alih Bahasa: Suprapto. Yogyakarta: Gajah Mada University Press
Miro, Fidel.1997. Sistem Transportasi Kota-Teori dan Konsep Dasar. Edisi Pertama. Bandung: Tarsisto.
Munawar, Ahmad. 2006. Manajemen Lalu lintas Perkotaan. Yogyakarta: Beta Offset.
Oppenlender J.C and P.C. Box, 1976, Manual of Traffic Engineering Studies, Institute of Transportation Engineering Washington DC.
Pignatoro, L.J. 1973. Traffic Engineering Theory and Practice. Prentice HallEnglewood Cliffs. New Jersey.
Presiden RI. 2009. Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Jakarta : Sekretariat Negara.
Tamin, Ofyar Z. 2000. Perencanaan dan Pemodelan Transportasi, Edisi kedua, ITB, Bandung.
Tiasta, Cok Gede Mayun, dkk. 2012. Analisis Kebutuhan Parkir di Pasar Seni Guwang Kabupaten Gianyar. Jurnal Elektronik Teknik Sipil. Denpasar: Teknik Sipil FT Unud.
Warpani, S. 1990. Rekayasa Lalu Lintas, Penerbit Bharata, Bandung.
Wells, G.R. 1985. Traffic Engineering and Introduction, Penerjemah : Ir. Suwardjoko,Warpani, Bhatara Karya Aksara, Jakarta.
Wikrama. 2010. Analisis Karakteristik dan Kebutuhan Parkir di Pasar Kreneng. Jurnal Elektronik Teknik Sipil. Denpasar: Teknik Sipil FT Unud.
Published
2021-10-12
How to Cite
Indriani, M. N., Wirahaji, I. B., & Budiawan, I. D. G. E. (2021). ANALISIS KEBUTUHAN RUANG PARKIR PADA PASAR UMUM GIANYAR KABUPATEN GIANYAR. Widya Teknik, 11(01), 73-92. https://doi.org/10.32795/widyateknik.v11i01.2039