ANALISIS KOMPETENSI MANAJER PROYEK BERPENGARUH TERHADAP KINERJA KONSTRUKSI DI KOTA DENPASAR DAN KABUPATEN BADUNG

  • I Putu Widyarsana STIMIK STIKOM Bali
  • Naser Jawas STIMIK STIKOM Bali
Keywords: manajer proyek, kompetensi manajer proyek, kinerja konstruksi, partial least squares

Abstract

Proyek konstruksi gedung swasta di Kota Denpasar dan Kabupaten Badung tidak terlepas dari masalah di dalam pelaksanaannya yang salah satunya diakibatkan oleh kurangnya kompetensi manajer proyek terhadap tanggung-jawab mengendalikan semua sumber daya yang dimiliki demi pencapaian sasaran proyek. Dalam hal ini peran Manajer Proyek sangat menentukan kinerja konstruksi dalam hal ketepatan waktu penyelesaian proyek, biaya yang tidak melebihi  anggaran yang telah direncanakan, serta tercapainya mutu atau hasil proyek harus memenuhi spesifikasi dan kriteria yang dipersyaratkan. Sehingga, perlu dilakukan penelitian mengenai analisis kompetensi yang wajib dimiliki oleh  manajer proyek berdasarkan 4 aspek yang ditinjau meliputi aspek kemampuan conseptual, kemampuan interpersonal/social skills, kemampuan administrasi, serta kemampuan teknis/technical skills dan menganalisis pengaruh kompetensi manajer proyek terhadap kinerja kontruksi gedung di Kota Denpasar dan Kabupaten Badung serta upaya yang dapat dilakukan oleh perusahaan jasa konstruksi terkait peningkatan kompetensi manajer proyek.
Penelitian dilakukan pada proyek konstruksi gedung swasta di Kota Denpasar dan Kabupaten Badung secara kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan studi literatur, wawancara, brainstrorming, dan kuisioner kepada para pakar. Metode pemilihan responden dengan purposive sampling yaitu responden dipilih berdasarkan kriteria yang ditentukan. Analisis data yang dipergunakan yaitu analisis Structural Equation Modelling (SEM) melalui pendekatan Partial Least Squares (PLS) dengan alat bantu software SmartPLS 3.0. Hasil pengujian menunjukkan bahwa Human Relationship Skills, Problem Solving dan Decision Making, Leadership Skills, Communication Skills, Marketing, Contracting, dan Customer Relationship Skills, Negotiating Skills, Resources Management, Schedulling dan Time Management Skills, Budgeting dan Cost Skills, serta Experience dan Technical Construction berpengaruh terhadap Kinerja konstruksi sebesar 97,80 %, dan sisanya 2,20 % di luar penelitian ini. Kompetensi manajer proyek yang memiliki pengaruh paling kuat terhadap kinerja konstruksi adalah Leadership Skills dengan nilai Original Sample (O) 0,205 lebih besar dibandingkan dengan variabel lainnya. Maka dari itu, manajer proyek hendaknya dapat meningkatkan  kompetensi leadership skills dalam mencapai kinerja konstruksi yang memadai.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Abdillah W, Jogiyanto. Partial Least Square (PLS) Alternatif Structural Equation Modelling (SEM) dalam Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset. 2015.
[2] Chin W.W, Newsted P.R. Structural Equation Modelling Analysis with Small Samples using Partial Least Square. Hoyle: Thousand Oak. 1999.
[3] Ghozali I. Konsep, Teknik, dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0. Semarang: Universitas Diponegoro. 2014.
[4] Masri S, Effendi S. Metode Penelitian Survey. Jakarta: PT. Pusaka LP3ES Indonesia. 1989.
[5] Nurhayati. Manajemen Proyek Konstruksi. Yogyakarta: Andi Offset. 2010.
[6] PMI. A Guide To The Project Management Body Of Knowledge (PMBOK). USA: Newtown Square Pennsylvania. 2004.
[7] Soeharto I. Manajemen Proyek dari Konseptual sampai Operasional. Jakarta: Gelora Aksara Pratama. 1995.
[8] Shtub A, Brand J.F. Project Management, Engineering Technology and Implementation. Prentice Hall Inc: Upper Saddle
River. 1994.
[9] Sugiyono. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta. 2005.
[10] Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan RND. Bandung: Alfabeta. 2010.

Thesis/Disertation:
[1] Anggraini Y. Pengukuran Indeks Kepuasan Pelangan Dengan Pendekatan Partial Least Square (PLS). [Thesis]. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta; 2010.
[2] Suprapto H. Pengaruh Kompetensi Manaajer Proyek Terhadap Kinerja Biaya Pada Proyek. [Thesis]. Jakarta: Universitas Gunadarma; 2007.
[3] Widyarsana P. Karakteristik Manajer Proyek Terhadap Kinerja Konstruksi Gedung di Kabupaten Badung. [Thesis]. Denpasar: Universitas Udayana; 2015.
Published
2021-10-12
How to Cite
Widyarsana, I. P., & Jawas, N. (2021). ANALISIS KOMPETENSI MANAJER PROYEK BERPENGARUH TERHADAP KINERJA KONSTRUKSI DI KOTA DENPASAR DAN KABUPATEN BADUNG. Widya Teknik, 11(02), 123-132. https://doi.org/10.32795/widyateknik.v11i02.2049