EVALUASI FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA CONTRACT CHANGE ORDER (CCO) PADA PROYEK THE HAVA VILLA

  • Putu Agus Setyawan Fakultas Teknik, Universitas Hindu Indonesia
  • A.A.A. Cahaya Wardani Fakultas Teknik, Universitas Hindu Indonesia
  • Cokorda Putra Fakultas Teknik, Universitas Hindu Indonesia
Keywords: proyek konstruksi, amandemen, penyesuaian harga, perubahan waktu

Abstract

Proyek konstruksi merupakan suatu rangkaian kegiatan yang hanya satu kali dilaksanakan dan umumnya berjangka pendek. Pelaksanaan proyek dihadapkan pada permasalahan diantaranya Contract Change Order yang akan menghasilkan amandemen kontrak. Penelitian ini merupakan suatu studi terapan yang tujuannya adalah untuk mengetahui solusi yang terkait Contract Change Order (CCO) terhadap Cost variant (perbedaan anggaran) dan Time variant (perbedaan waktu). Data yang digunakan adalah data dokumen kontrak pembangunan proyek The Hava Villa. Berdasarkan analisis dari semua amandemen dan Influence diagram dari semua faktor yang saling mempengaruhi satu sama lain pada akhirnya bermuara kepada tiga variabe yaitu : Perubahan nilai kontrak, Perubahan waktu penyelesaian
kontrak, Perubahan administrasi kontrak. Secara teknis kesemuanya itu yang paling besar pengaruh dan dampaknya terhadap perubahan nilai kontrak adalah perubahan desain yang mengakibatkan penambahan nilai kontrak sebesar 9.47% dari nilai kontrak awal, disusul eskalasi sebesar 1.69% dan akibat perhitungan MC sebesar 3.06%. Namun yang paling besar pengaruh dan dampaknya terhadap perubahan waktu penyelesaian kontrak adalah perubahan desain yang mengakibatkan penambahan waktu sebesar 35.11% dari waktu kontrak awal, sedangkan penambahan lingkup pekerjaan hanya mengakibatkan penambahan sebesar 10.31% dari waktu kontrak awal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ananta, Firdani., 2015. Estimasi Biaya Tahap Konseptual Pada Proyek Pelebaran Jalan Provinsi Di Aceh Tamiang. Sumatera.
Adoe, M., 2010. Identifikasi Faktor Penyebab Keterlambatan Pelaksanaan Proyek Konstruksi Gedung. Universitas Nusa Cendana, Kupang.
Aceng Maulana, 2016. Faktor Penyebab Terjadinya Contract Change Order (CCO ) Dan Pengaruhnya Terhadap Pelaksanaan Proyek Konstruksi Pembangunan Bendung. Vol 02 No.02
Ana Yuni., 2018. Analisis Faktor Penyebab Contract Change Order Dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Kontraktor Pada Proyek Konstruksi Pemerintah. Rekayasa Sipil, Vol. 7 No.1
Dzulqarnain., 2017. Analisis Faktor Penyebab Dan Akibat Contract Change Order Terhadap Biaya Dan Waktu Pada Proyek Konstruksi Jalan Di Sulawesi Selatan. Universitas Hasanuddin, Makassar.
Ervianto W., 2005. Manajemen Proyek Konstruksi. Andi, Yogyakarta.
Hana, A.S., 2002. Quantitative Definition Of Projects Impacted By Change Order. Journal Of Contruction Engineering And Management.
Hartoyo., 2012. Amandemen Kontrak Loan dan APBN.
Hinze, J., 2001. Construction Contracts. McGraw Hill. Second Edition.
Husen, Abrar., 2010. Manajemen Proyek. Penerbit Andi. Yogyakarta
Messah, Y.A., 2013. Pengendalian Waktu dan Biaya Pekerjaan Konstruksi Sebagai Dampak Dari Perubahan Desain. Kupang.
Kasiram, Moh., 2008. Metodologi Penelitian. Malang.
Oetomo Wateno & Priyanto., 2017. Analisis Waktu dan Biaya Dengan Metode Crash Duration Pada Keterlambatan Proyek
Pembangunan Jembatan Sei Hanyu Kabupaten Kapuas. Kalimantan.
Schaufelberger & Holm., 2002. Management Of Construction Project A Constructur’s Perspektive. Prentice Hall, New Jersey.
Soeharto, Iman., 1995. Manajemen Proyek Dari Konseptual Sampai Operasional. Erlangga, Jakarta.
Sugiono., 2008. Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif. Bandung
Sandyavitri, A., 2008. Pengendalian Dampak Perubahan Desain Terhadap Waktu dan Pekerjaan Konstruksi. Skripsi Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Riau, Pekanbaru.
Wahyudi, 2015. Pengendalian Waktu dan Biaya Dalam Penyelenggaraan Sebuah Proyek Konstruksi. Sumatra.
Published
2021-10-12
How to Cite
Setyawan, P. A., Wardani, A. C., & Putra, C. (2021). EVALUASI FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA CONTRACT CHANGE ORDER (CCO) PADA PROYEK THE HAVA VILLA. Widya Teknik, 13(01), 9-18. https://doi.org/10.32795/widyateknik.v13i01.2051