PERBANDINGAN WAKTU DAN BIAYA PADA PEKERJAAN PASANGAN DINDING DENGAN METODE TIME STUDY PADA PROYEK KONSTRUKSI GEDUNG

  • I Made Prana Arya Fakultas Teknik, Universitas Hindu Indonesia
  • I Wayan Muka Fakultas Teknik, Universitas Hindu Indonesia
  • Ida Ayu Putu Sri Mahapatni Fakultas Teknik, Universitas Hindu Indonesia
Keywords: waktu, biaya, time study

Abstract

Dinding adalah elemen vertikal ruang, merupakan bagian bangunan yang menjadi alat penyekat antar ruang maupun penyekat antar bagian dalam gedung dengan bagian luar gedung. Banyak bahan yang dapat dipakai untuk konstruksi sebuah dinding, seperti batu bata, batu alam, batako, kayu / papan, triplek, beton, besi, dan lain-lain. Material dinding merupakan suatu bagian yang cukup penting dalam suatu proyek konstruksi. Bahan material dinding terus berkembang
seiring dengan tuntutan kebutuhan dalam mencapai biaya, waktu, mutu yang paling efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan waktu yang diperlukan antara pemasangan bata merah, batako, dan bata ringan menggunakan metode time study dan untuk mengetahui perbandingan harga antara pemasangan bata merah, batako, dan bata ringan. Metode yang di gunakan adalah metode time study dengan mengamati pekerja di lapangan dan memasukan data-data yang di dapat pada lembar-lembar time study. Dalam penelitian ini untuk masing-masing material diteliti 5 pekerja dan 1 pekerja diamati sebanyak 9 kali agar mendapat nilai rata-rata pekerja pemasangan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa untuk waktu pengerjaan pemasangan dinding bata ringan dengan waktu kurang lebih 10,00 menit, sedangkan pengerjaan batako memerlukan waktu pemasangan kurang lebih 15,34 menit dan pasangan bata merah memerlukan waktu kurang lebih 25,42 menit dan untuk biaya bahan dan pekerja pemasangan dinding batako lebih murah dengan biaya Rp. 79.150,00, sedangkan biaya bahan dan pekerja pemasangan bata merah
memerlukan biaya Rp. 112.584,00 dan untuk biaya dan pekerja pemasangan bata ringan memerlukan biaya Rp. 118.651,00

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badan Standarisasi Nasional, 1989. SK SNI S-04-1989-F : Spesifikasi Bahan Bangunan Bagian A, Bahan Bangunan Bukan Logam. Jakarta: BSN.
Dimyati, Hamdan dan Kadar Nurjaman. (2014). Manajemen Proyek. Bandung:CV. Pustaka Setia.
Ervianto, Wulfram I. 2004. Teori – Aplikasi Manajemen Proyek Konstruksi. Yogyakarta: Andi Offset.
Ervianto, Wulfram I. (2005). Manajemen Proyek Konstruksi. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Hadiatma, A. 2017, Optimalisasi Biaya Dan Waktu Pada Pelaksanaan Pasangan Granit Dengan Metode Time Study , Jurnal Teknik Sipil Universitas Brawija.
Hidayat, F. 2010, Study Perbandingan Biaya Material Pekerjaan Pasangan Dinding Bata Ringan Dengan Bata Merah, Jurnal Teknik Sipil Universitas Katolik Parahyangan.
Heap, Alan. 1987. Improving Site Productivity in the Construction Industry. Geneva: International Labour Office
Kristina, R & Pujiandi, A. 2016, Analisa Produktifitas Dinding Bata Ringan Dan Dinding Frecast Pada Bangunan Gedung Tinggi Hunian, Jurnal Rekayasa Sipil.
Muchdarsyah, Sinungan. 1992 Produktifitas Apa dan Bagaimana. Jakarta : Bumi Aksara
Pilcher, Roy. 1992. Principles of Construction Management. Third Edition. McGraw-Hill Book Company Europe. England.
Olomolaiye, P.O., Jayawardane, A.K.W., and Harris, F.C., 1998. Contruction Productivity Management
Schwalbe, Kathy. 2006. Information Technology Project Management. Canada. Thomson Course Technology.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.
Yayasan Dana Normalisasi Indonesia. 1978. Pengertian Baya Merah Dan Proses Pembuatan Bata Merah
Published
2021-10-12
How to Cite
Arya, I. M. P., Muka, I. W., & Mahapatni, I. A. P. S. (2021). PERBANDINGAN WAKTU DAN BIAYA PADA PEKERJAAN PASANGAN DINDING DENGAN METODE TIME STUDY PADA PROYEK KONSTRUKSI GEDUNG. Widya Teknik, 13(01), 27-35. https://doi.org/10.32795/widyateknik.v13i01.2053