OPTIMALISASI BIAYA DAN WAKTU PADA PROYEK KONTRUKSI PEMBANGUNAN GEDUNG DENGAN METODE TIME COST TRADE OFF

  • I Putu Agus Fakultas Teknik, Universitas Hindu Indonesia
  • I Wayan Muka Fakultas Teknik, Universitas Hindu Indonesia
  • Made Novia Indriani Fakultas Teknik, Universitas Hindu Indonesia
Keywords: lintasan kritis, Time Cost Trade Off

Abstract

Proyek Gedung Asrama Taruna dan Taruni Tahap III dipilih sebagai studi kasus dalam Tugas Akhir ini dikarenakan proyek ini mengalami keterlambatan pelaksanaan. Keterlambatan terjadi akibat perubahan desain arsitektur oleh Owner ditengah pengerjaan. Keterlambatan ini tentu akan berdampak pada pertambahan biaya, sehingga pertambahan biaya yang dikeluarkan harus dioptimalisasi agar mendapatkan biaya yang optimum dengan tetap memperhatikan standar mutu. Dengan adanya keterbatasan tenaga kerja, maka percepatan aktifitas adalah dengan penambahan jam kerja (lembur). Perhitungan percepatan menggunakan alternatif dengan penambahan jam kerja (lembur) dari satu jam s/d tiga jam dengan metode Time Cost Trade Off yaitu menghitung waktu percepatan pelaksanaan proyek dan penambahan biaya yang diperlukan. Berdasarkan hasil analisa Time Cost Trade Off dengan penambahan jam kerja (lembur) didapatkan biaya optimum pada penambahan tiga jam kerja lembur yang menghasilkan pertambahan biaya optimum sebesar Rp 44.272.314, dari biaya total normal Rp 5.422.471.439 menjadi Rp 5.466.743.753. Waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan 240 hari menjadi 227 hari agar proyek bisa diselesaikan sesuai dengan jadwal awal yang telah direncanakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Dipohusodo, I. 1997. Manajemen Proyek & Konstruksi Jilid II, Kanisinus, Yogyakarta.
[2] Ervianto, W. I. 2005.Manajemen Proyek Konstruksi (Edisi Revisi), Andi, Yogyakarta.
[3] Husen, 2010.Manajemen Proyek, Perencanaan, Penjadwalan Dan Pengendalian Proyek, Andy, Yogyakarta.
[4] Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia.Nomor Kep.102/MEN/VI/2004.Waktu Kerja Lembur dan Upah Kerja Lembur.
[6] Nugraha, P., Ishak, N., dan Sutjipto, R.1985.Manajemen Proyek Konstruksi 1, Penerbit Kartika Yusa, Surabaya.
[7] Putra, O. K. 2013. Percepatan Pelaksanaan Proyek dengan Penambahan Jam Kerja Menggunakan Time Cost Trade Off Analysis (Studi Kasus : Proyek Pembangunan Villa Allila Kabupaten Badung) Tugas Akhir Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Udayana, Denpasar.
[8] Santoso, B. 1997. Manajemen Proyek, Edisi Pertama, PT. Guna Widya, Jakarta.
[9] Soeharto, I. 1997. Manajemen Proyek dari Konseptual SampaiOperasional, jilid I & II, Erlangga, Jakarta.
[10] Trihendradi, 2010.Microsoft Project 2010 Pendekatan Siklus Proyek Langkah Cerdas Merencanakan Dan Mengelola, Andy, Yogyakarta.
[11] Ibrahim, 1993. Manajemen Proyek, Rencana anggaran biaya, Efisiensi Waktu dan Biaya, Bandung.
[12] Bagus Budi Setiawan, 2011. Analisis Pertukaran waktu dan biaya dengan Medode Time Cost Trade Off,
Jakarta.
[13] Ni Putu Irina Febiantari, 2016. Optimalisasi Rencana Biaya pada proyek kontruksi Gedung dengan Metode Time Cost Trade Off (Studi kasus ; Proyek Hotel Padang – Padang Inn Kabupaten Badung) Tugas Akhir Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Udayana, Denpasar
Published
2021-10-12
How to Cite
Agus, I. P., Muka, I. W., & Indriani, M. N. (2021). OPTIMALISASI BIAYA DAN WAKTU PADA PROYEK KONTRUKSI PEMBANGUNAN GEDUNG DENGAN METODE TIME COST TRADE OFF. Widya Teknik, 13(01), 36-45. https://doi.org/10.32795/widyateknik.v13i01.2054