STRATEGI MODEL FRIEDMAN DALAM MENENTUKAN MARK-UP UNTUK MEMENANGKAN TENDER PROYEK KONSTRUKSI GEDUNG DI KOTA DENPASAR

  • Ida Ayu Putu Sri Maha Fakultas Teknik, Universitas Hindu Indonesia
  • Made Novia Indriani Fakultas Teknik, Universitas Hindu Indonesia
  • I Kadek Ariana Fakultas Teknik, Universitas Hindu Indonesia
Keywords: Model Friedman, Mark-up, Tender, Proyek Konstruksi

Abstract

Pembangunan proyek konstruksi di Bali sampai saat ini semakin meningkat sejalan dengan pertumbuhan penduduk, ekonomi, industri, dan pariwisata yang semakin pesat, khususnya di Kota Denpasar.Pesatnya pertumbuhan harus  diimbangi dengan pembangunan infrastruktur penunjang kegiatan masyarakat oleh pemerintah.Untuk memenuhi kebutuhan infrastruktur penunjang kegiatan masyarakat tersebut, pemerintah mengadakan tender bagi para penyedia jasa konstruksi dalam membantu pemerintah untuk melaksanakan pembangunan proyek infrastruktur.Dalam tugas akhir ini model penawaran yang digunakan adalah Model Friedman karena peneliti ingin mengetahui besarnya nilai mark-up pada Model Friedman agar bisa memenangkan tender proyek konstruksi gedung dengan mengalahkan satu pesaing dan dua atau lebih pesaing dengan keuntungan yang maksimal. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif menggunakan metode pengumpulan data sekunder. Data sekunder adalah data yang diperoleh dari sumber kepustakaan seperti bahan mata kuliah, situs web, internet, karya tulis, buku, Layanan Pengadaan Secara Elektronik
(LPSE) Kota Denpasar dan sumber lainnya yang ada hubungannya dengan penelitian ini. Pada Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) pencarian data dilakukan dengan caradownload berita acara hasil pelelangan secara online pada website LPSE Kota Denpasar. Berdasarkan hasil penelitian yaitu perhitungan Model Friedman dalam menentukan
mark-up untuk memenangkan tender proyek konstruksi gedung di Kota Denpasar, dari paket pekerjaan 1 sampai dengan paket pekerjaan 19 rata-rata mark-up yang digunakan oleh para penawar adalah 5%, dan pada analisis probabilitas mengalahkan satu pesaing dapat menggunakan mark-up Model Friedman 8% dan analisis probabilitas mengalahkan dua atau lebih pesaing dapat menggunakan mark-up Model Friedman antara 1% sampai dengan 7%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andi, 2005.Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Mark-Up Penawaran Kontraktor. Tugas Akhir, Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Institute Teknologi Bandung, Jawa Barat.
Asa Miranti, M. Indriyadi, Budiman Arpan (2015). Strategi Harga Penawaran Pada Tender Proyek Konstruksi Dengan
Memperhitungkan Faktor Resiko. Tugas Akhir, Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura, Kalimantan Barat.
Ervianto, Wulfram. 2002. Manajemen Proyek Konstruksi. Yogyakarta: Andi offset.
Ervianto, Wulfram. 2004. Teori-Aplikasi Manajemen Proyek Konstruksi. Yogyakarta: Andi offset.
Harinaldi. 2005. Prinsip-prinsip Statistik untuk Teknik dan Sains. Jakarta: Erlangga.
Malik, Alfian. 2010. Pengantar Bisnis Jasa Pelaksana Konstruksi. Andi: offset, Yogyakarta.
Patmadjaja, Harry. Juni 1999. Model Strategi Penawaran untuk Proyek Konstruksi di Indonesia.Jurusan Teknik Sipil
dan Perencanaan – Universitas Kristen Petra.Volume 1 dan nomor 1.
Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 70 Tahun 2012 Tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2010 Tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.
Soeharto, I. 2001. Manajemen Proyek. Dari Konseptual Sampai Operasional, Erlangga, Jakarta.
Suparditha, I Putu.2014. Analisis Strategi Penawaran Untuk Memenangkan Tender Proyek Konstruksi. Tugas Akhir, Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Udayana, Badung.
Zaenal Arifin dan Dara Juwanti, 2013. Studi Harga Penawaran Dan Faktor Penentu Pemenang Tender Proyek Konstruksi Di DIY Untuk Kualifikasi Non Kecil. Tugas Akhir, Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.
Published
2021-10-13
How to Cite
Maha, I. A. P. S., Indriani, M. N., & Ariana, I. K. (2021). STRATEGI MODEL FRIEDMAN DALAM MENENTUKAN MARK-UP UNTUK MEMENANGKAN TENDER PROYEK KONSTRUKSI GEDUNG DI KOTA DENPASAR. Widya Teknik, 12(01), 19-22. https://doi.org/10.32795/widyateknik.v12i01.2059