STUDI NILAI EKUIVALENSI MOBIL PENUMPANG (EMP) DENGAN METODE TIME HEADWAY

(Studi Kasus: Jalan Diponegoro Denpasar)

  • Ida Bagus Wirahaji Program Studi Teknik Sipil FT Universitas Hindu Indonesia
  • I Putu Laintarawan Program Studi Teknik Sipil FT Universitas Hindu Indonesia
Keywords: emp, Time Headway, MKJI 1997

Abstract

Denpasar merupakan pusat kegiatan dengan mobilitas masyarakat yang tinggi. Ruas-ruas jalan di Kota Denpasar rata-rata mengalami kepadatan. Ruas jalan Diponogoro adalah salah satu ruas jalan terletak di pusat kota, dengan arus satu arah ke Utara, jalan yang selalu padat oleh kendaraan, terutama jenis kendaraan sepeda motor/motorcycle (MC) dan kendaraan ringan/light vehicle (LV). Untuk mengatasi kepadatan ini diperlukan nilai ekivalen mobil penumpang (emp) tiap-tiap jenis kendaraan untuk dikonversi menjadi satuan mobil penumpang (smp). Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis nilai emp dari sepeda motor (MC) dan kendaraan berat (HV) kemudian dibandingkan dengan nilai tabel dari MKJI 1997. Penelitian ini menggunakan metode Time Headway. Ruas jalan Diponogoro dibagi menjadi dua segmen. Segmen I: Simpang Pasar Sanglah – Simpang Apotek Kimia Farma. Segmen II: Simpang Apotek Kimia Farma – Simpang Suci. Survey dilakukan di satu lokasi untuk tiap-tiap segmen, terhadap kendaraan ringan (LV), kendaraan berat (HV), dan sepeda motor (MC). Pengamatan dilakukan dari jam 06.00 sd 19.00 Wita. Hasil analisis menunjukkan, pada Segmen I (Simpang Pasar Sanglah-Simpang Apotek Kimia Farma) diperoleh nilai emp MC = 0,85 dan nilai emp HV = 0.62. sedangkan pada Segmen II (Simpang Apotek Kimia Farma-Simpang Suci) diperoleh nilai emp MC = 0,88 dan nilai emp HV = 0,64. Terdapat perbedaan dengan nilai emp yang tertera pada Tabel MKJI 1997, untuk nilai emp MC = 0,5 dan untuk nilai emp HV = 1,3. Perbedaan ini disebakan oleh adanya perubahan proporsi penggunaan sepeda motor (MC) dan kendaraan ringan (HV) pada ruas jalan Dipnogoro khususnya dan ruas-ruas jalan lainnya di Kota Denpasar pada umumnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andiani, CA., Sumarsono, A., Djumari. 2013. Studi Penentapan Nilai Ekuivalensi Mobil Penumpang (emp) Kendaraan Bermotor Menggunakan Metode Time Headway dan Aplikasinya untuk Menghitung Kinerja Ruas Jalan (Kasus pada Ruas Jalan Raya Solo-Sragen, KM 12).
Anwar, R. 2000. Menentukan Nilai Satuan Mpbil Penumpang Kendaraan di Kotamadya Banjarmasin. Jurnal INFO-TEKNIK, 1(1), Desember 2000, 22-27.
Fitriyani, S., N. 2017. Studi Penentapan nilai Ekivalensi Mobil Penumpang (EMP) Kendaraan Bermotor Roda 3 Menggunakan Metode Time Headway pada Ruas Jalan A.Moch Sangaji Yogyakarta. Tugas Akhir. Yogyakarta: Univ Gadjah Mada.
Joewono, TB., Tjastadipradja, MAR., Rachmawan, A. 2015. Kajian Ekivalensi Mobil Penumpang pada Tipikal Jalan Antar Kota Empat Lajur Dua Arah Terbagi. Jurnal Jalan-Jembatan, 32(1), April 2015, 1-15.
Juniarta, IW., Negara, INW., Wikrama, AAANAJ. 2012. Penentuan Nilai Ekivalensi Mobil Penumpang pada Ruas Jalan Perkotaan. Jurnal Ilmiah Elektronik Infrastruktur Teknik Sipil.
Khayam, S., Widyastuti, H. 2021. Studi Penentuan Nilai Ekivalensi Mobil Penumpang (EMP) Pada Sepada Motor untuk Ruas Jalan 4/2D di Sidoarjo. Jurnal Aplikasi Teknik Sipil, 19(3), Agustus 2021, 239-246.
Lendeng, LE., Lalamentik., LGJ., Pandey, SV. 2018. Analisa Nilai Ekivalensi Mobil Penumpang (emp) dengan Metode Time Headway dan Regresi Linear Berganda (Studi Kasus: Jalan Raya Tomohon). Jurnal Sipil Statik, 6(10), Oktober 2018, 735-742.
Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) Tahun 1997.
Prima, GR., Iskandar, H., Jeowono, TB. 2014. Kajian Nilai Ekivalensi Mobil Penumpang Berdasarkan Data Waktu Antara pada Ruas Jalan Tol. Jurnal Jalan-Jembatan, 31(2), Agustus 2014, 74-82.
Rachman, D.A., Said, L.B., Hanafi. Analisis Penentuan Nilai Ekivalensi Mobil Penumpang (EMP) dengan Menggunakan Metode Headway pada Ruas Jalan HB Jassin Kota Gorontalo. Tugas Akhir. Makassar: UMI.
Salter, RJ. 1983. Highway Traffic Anaysis and Design. Macmillan Press Ltd, London and Basingtoke.
Utami, P.K. 2009. Penentuan Nilai Ekuivalensi Mobil Penumpang (emp) pada Bundaran (Studi Kasus: Bundaran Joglo). Tugas Akhir. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Yulipriyono, EPFE., Purwanto, J. 2011. Perubahan Nilai Ekivalensi Mobil Penumpang Akibat Perubahan Karakteristik Operasional Kendaraan di Jalan Kota Semarang. Media Komunikasi Teknik Sipil, 23(1), 69-76.
Published
2022-04-01
How to Cite
Wirahaji, I. B., & Laintarawan, I. P. (2022). STUDI NILAI EKUIVALENSI MOBIL PENUMPANG (EMP) DENGAN METODE TIME HEADWAY. Widya Teknik, 17(01), 27-34. https://doi.org/10.32795/widyateknik.v17i01.2973