ANALISIS PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KINERJA TRANSPORTASI ONLINE
(Studi Kasus : Kendaraan Roda Dua Go-Jek di Kota Denpasar)
Abstract
Transportasi online merupakan layanan angkutan umum bagi masyarakat yang berbasis aplikasi. Tingginya perpindahan penduduk ke wilayah perkotaan yang membuat kebutuhan transportasi menjadi meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap kinerja transportasi online (Go-Jek) di Kota Denpasar serta mengetahui pengaruh sikap pengemudi dan kondisi kendaraan terhadap layanan ojek online (Go-Jek) di Kota Denpasar. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 400 responden yang berdomisili di Kota Denpasar, Sumber data penelitian ini menggunakan, data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner dan data sekunder yang diperoleh dari literatur-litratur, jurnal, buku, serta sumber lain yang berhubungan dengan skripsi ini. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistik Deskriptif, Model Sikap Fishbein dan Regresi Linear berganda. Penelitian ini menghasilkan Sikap terhadap Produk dan persamaan Regresi, dilanjutkan dengan uji t, uji F dan Koefisien Determinasi (R²). Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi masyarakat Kota Denpasar terhadap Sikap Pengemudi, Kondisi Kendaraan dan Kualitas pelayanan Ojek Online adalah Sangat Baik. Variabel Sikap Pengemudi (XI) dan Kondisi Kendaraan (X2) berpengaruh signifikan terhadap Kualitas Pelayanan Ojek Online (Y). Hal ini dapat terlihat dari nilai signifikasi Sikap Pengemudi (XI) 0,019 < 0,05 dan Kondisi Kendaraan (X2) 0,006 < 0,05. Dengan uji t dengan nilai thitung = 2,506 > ttabel = 1,96566 pada Sikap Pengemudi (XI), dan uji t dengan nilai thitung = 2,951 > ttabel = 1,96566. Pada Kondisi Kendaraan (X2). Kemampuan variabel independen (X1, X2) dalam menjelaskan terhadap variabel dependen (Y) sebesar R² = 52,8%. Persamaan Regresi yang dihasilkan pada penelitian ini adalah : Y = 6,803 + 0,329 XI - 0,384 X2 + e.
Downloads
References
Akbar, Husaini Usman (2011) Metodologi Penelitian Sosial, Jakarta: Bumi Aksara.
Ali, M., Kharis, A., Deni Karlina. 2017. Faktor-faktor Yang Menjadi Pertimbangan Dalam Penggunaan Jasa Ojek Online (Go-Jek) Di Kota Mataram. Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 6(2),September 2018, 75-84.
Anic, I. D. 2010. Attitudes and Purchasing Behavior of Consumers in Domestic and Foreign Food Retailers in Croatia. International Journal 28(1):113-133.
Arikunto, S. 2013. Presedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Azwar,S. 1986. Validitas Dan Reliabilitas. Jakarta: Rineka Cipta.
Ghozali, I. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS. 25. Semarang Badan Penerbitan Universitas Diponegoro.
Giri dan Dewi. 2007.Peran Gojek Sebagai Akses Publik Wisatawan di Bali Dan Pelopor Ekonomi Kreatif. JUMPA Volume6. Nomer1. Juli 2019.
Nurul. Q. Iman. S., Masud., E. 2018. Analisis Sikap Konsumen dan Kinerja Atribut Kopi Bubuk Sido Luhur. Malang.
Payne, H. 2000. Pengertian Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Santoso, Sigih, 2015. Menguasai SPSS 22. Penerbit PT Elex Media Komputindo, Jakarta.
Sudjana, S. 2004. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kuantitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung