PENDIDIKAN ACARA AGAMA HINDU: Antara Tradisi dan Modernitas

  • Ni Made Sukrawati Universitas Hindu Indonesia
Keywords: pendidikan,, acara,, tradisi,, modernitas

Abstract

Acara adalah bagian dari tiga kerangka agama Hindu, yaitu dimensi ritualitas keagamaan. Perpaduan teks agama dengan tradisi lokal memberikan nuansa tradisionalitas dalam praktik ritual keagamaan Hindu. Sebaliknya, penetrasi modernitas juga membawa perubahan pola pikir dan tindakan keagamaan umat Hindu. Pendidikan sebagai proses transmisi dan transformasi nilai-nilai acara agama Hindu harus mampu mengadaptasi nilai tradisional dan modern. Dalam hal ini, pendekatan transformational thinking yang mencakup sistem perilaku, sistem berpikir, dan sistem kepercayaan dapat dijadikan solusi dalam merancang pendidikan acara agama Hindu. Melalui pendekatan sistemik ini, pendidikan acara agama Hindu diharapkan dapat mengembangkan moralitas, rasionalitas, dan religiusitas peserta didik secara utuh dan terpadu. Pendekatan ini dapat dilaksanakan melalui empat tahap pembelajaran konstruktivistik, yakni skemata, asimilasi, akomodasi, dan ekuilibrasi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-10-22
How to Cite
[1]
N. M. Sukrawati, “PENDIDIKAN ACARA AGAMA HINDU: Antara Tradisi dan Modernitas”, ds, vol. 18, no. 2, pp. 43-49, Oct. 2018.

Most read articles by the same author(s)