PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM UPAYA MEMBANGUN TOLERANSI BERAGAMA SEJAK DINI
Abstract
Keragaman masyarakat di Indonesia sebagai kekayaan bangsa yang memiliki kerawanan memicu konflik agama dan perpecahan antar umat beragama. Pendidikan multikultural adalah proses pengembangan dari seluruh potensi manusia yang menghargai adanya pluralitas dan heterogenitas sebagai konsekuensi keragaman terhadap budaya, etnis, suku, dan aliran (agama). Pendidikan multikultural menekankan sebuah filosofi pluralisme budaya ke dalam sistem pendidikan yang didasarkan pada prinsip-prinsip persamaan (equality), saling menghormati, saling menerima dan adanya komitmen moral untuk sebuah keadilan sosial. Melihat realitas kemajemukan di Indonesia ada upaya menggagas wacana tentang pendidikan multikultural dengan membawa misi pluralisme agama dan budaya. Harapannya dapat memberikan pencerahan dalam menuju suatu perubahan yang signifikan terhadap pendidikan multikultural dengan segala aspeknya, yang bertujuan dapat mempersatukan perbedaan agama dan budaya yang ada di Indonesia.