KOMPUTERISASI DALAM PROSES PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN PADA USAHA SIMPAN PINJAM TAMBA ARTHA NADI TAMBAWU KAJA

  • IDA AYU SASMITA DEWI Universitas Hindu Indonesia
  • NI WAYAN ALIT ERLINA WATI Universitas Hindu Indonesia
  • NI WAYAN YUNIASIH Universitas Hindu Indonesia
Keywords: laporan keuangan, komputerisasi, rasio keuangan

Abstract

Laporan keuangan adalah bentuk pertanggungjawaban keuangan oleh manajemen kepada pemberi modal dalam sebuah usaha. Laporan keuangan yang baik adalah laporan keuangan yang menyajikan informasi yang relevan dan reliabel. Untuk menghasilkan laporan keuangan yang berkualitas diperlukan pemahaman yang cukup tentang prinsip akuntansi dan adanya sistem komputerisasi yang diharapkan dapat mempermudah pekerjaan manajemen.

Usaha simpan pinjam Tamba Artha Nadi merupakan salah satu usaha simpan pinjam yang dimiliki oleh Banjar Tembawu Kaja. Dalam proses penyusunan laporan keuangannya masih menggunakan catatan manual walau menggunakan computer sehingga ada risiko kesalahan. Pengabdian ini dimaksudkan untuk membantu manajemen Usaha Simpan Pinjam Tamba Artha Nadi dalam penyusunan laporan keuangan menggunakan aplikasi Microsoft Excel. Pendampingan ini diharapkan dapat membantu perusahaan untuk menyusun laporan keuangan yang sesuai dengan standar akuntansi keuangan.

Kegiatan pengabdian telah dilakukan dalam beberapa tahapan diantaranya observasi awal, penelaahan laporan yang ada, dan pendampingan perbaikan penyajian laporan keuangan dengan bantuan aplikasi Microsoft Excel. Aplikasi tersebut dirasa dapat memudahkan manajemen dalam penyusunan laporan mengingat kegiatan usaha yang masih relatif kecil. Manajemen juga dibantu untuk melakukan analisa rasio keuangan sehingga dapat dilihat perkembangan usaha dari tahun ke tahun.

Published
2019-04-25