SPACE  merupakan singkatan dari Sustainable, Planning and Culture. Menjadi nama Jurnal dari Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Hindu Indonesia. Keberadaan  Jurnal Space bertujuan sebagai media komunikasi ilmiah dalam ranah keilmuan, khususnya bidang perencanaan wilayah dan kota. Jurnal ini diharapkan menjadi wadah dialog untuk membangun konsep keberlanjutan dalam konsep perencanaan dan kebudayaan sehingga menjadi katalisator bagi munculnya pemikiran  secara terpadu dan komprehensif dalam menyelesaikan  masalah dan konflik berkaitan dengan penataan ruang yang ada. Jurnal SPACE terbit 2 kali dalam setahun, pada awal dan pertengahan tahun.

Terbitnya edisi perdana Jurnal SPACE ini merupakan kerjasama dari berbagai pihak. Redaksi mengucapkan terima kasih kepada mitra bestari yang berkenan memberi masukan dan mengkaji tulisan yang ada; para penulis yang telah meluangkan waktunya untuk menulis dan merevisi kembali tulisannya berdasarkan hasil tinjauan mitra bestari; dan tentunya seluruh anggota redaksi dari Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Hindu Indonesia (UNHI) yang telah bekerja keras dalam penyusunan jurnal ini.

Redaksi berharap bahwa jurnal ini dapat memberikan manfaat dan menambah khasanah pengetahuan di bidang perencanaan wilayah yang berbasis budaya lokal. Kritik dan saran yang konstruktif sangat diharapkan sebagai bentuk perbaikan dan pembaharuan demi peningkatan kualitas jurnal ini.