Arahan Penataan Kompleks Candi Plaosan Sebagai Destinasi Wisata

  • Akbar Preambudi Universitas Teknologi Yogyakarta

Abstract

Candi Plaosan merupakan jenis objek daya tarik wisata berbasis pada hasil karya cipta manusia. Candi Plaosan merupakan sebuah kompleks bangunan kuno yang terbagi menjadi dua, yaitu Candi Plaosan Lor (lor dalam bahasa Jawa berarti utara) dan Candi Plaosan Kidul (kidul dalam bahasa Jawa berarti selatan).

Di dalam Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Klaten tahun 2011-2031 Candi Plaosan Lor dan Plaosan Kidul sudah ditetapkan menjadi Cagar Budaya dan menjadi satu kawasan wisata budaya, khususnya wisata candi. Komponen produk atraksi, aksesibilitas maupun amenitas tidak bisa terlepas untuk pengembangan suatu objek menjadi destinasi wisata, karena ketiga komponen ini dapat menjadi daya tarik suatu objek wisata. Pengelolaan ketiga komponen produk pariwisata yang baik akan berimplikasi positif terhadap citra objek wisata tersebut.

Banyak aktivitas wisata yang bisa dilakukan di Candi Plaosan Lor dan Candi Plaosan Kidul. Dengan diadakannya penataan Kompleks Candi Plaosan diharapkan bisa meningkatkan kenyamanan para pelaku wisata.

Published
2023-04-07
Section
Articles