PENGEMBANGAN INDUSTRI PARIWISATA KECAMATAN BATU DALAM MENDUKUNG DAYA SAING PARIWISATA

  • Mohammad Reza Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: pariwisata, daya saing pariwisata, nilai strategis

Abstract

Pariwisata merupakan motor peningkatan daya saing perekonomian di Kota Batu. Persaingan yang ketat dan semakin intensif, memaksa “perusahaan” dalam hal ini daerah harus memiliki strategi yang tepat dalam mengelola sumber daya yang ada dan harus mampu beradaptasi dengan kondisi di lapangan yang terus berubah akibat kebutuhan yang tidak menentu. Peningkatan daya saing dilakukan dengan mengidentifikasi efisiensi setiap kegiatan untuk mempertahankan daya tarik wisata, serta evaluasi dengan memperhatikan efek berantai ini untuk meningkatkan kualitas agar dapat bertahan dengan menyesuaikan dengan kebutuhan konsumen yang terus berubah. Kecamatan Batu merupakan kecamatan yang memiliki nilai strategis untuk kegiatan pariwisata diantara dua kecamatan lainnya di Kota Batu, maka perlu dilakukan strategi pengembangan industri dan untuk mendukung daya saing pariwisata di Kabupaten Batu.

Published
2023-04-07
Section
Articles