IMPLEMENTASI TRI KAYA PARISUDHA DALAM PENDIDIKAN KARAKTER SISWA SD NEGERI 8 BAN KECAMATAN KUBU, KABUPATEN KARANGASEM

  • I Nengah Sumada Universitas Hindu Indonesia
Keywords: Implementasi, Tri Kaya Parisudha, Pendidikan Karakter

Abstract

Pendidikan merupakan usaha sadar yang dilakukan secara terus menerus dan berkelanjutan. Pendidikan karakter menjadi bagian yang sangat utama dalam upaya mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Untuk membangun dan menumbuhkan karakter masyarakat dilakukan pengalian dan pengkajian nilai-nilai agama Hindu. Salah satunya dengan mengimplementasikan Tri Kaya Parisudha dalam pendidikan karakter. Dengan mengimplementasikan Tri Kaya Parisudha dalam pendidikan karakter siswa SD Negeri 8 Ban dapat dijadikan sebagai landasan/pondasi membangun karakter, memberi arahan untuk pembangunan karakter, Tri Kaya Parisudha merupakan cerminan karakter. Dalam pengimplementasian Tri Kaya Parisudha dapat dilakukan melalui tiga cara yaitu : membiasakan berpikir yang baik, membiasakan berkata dengan baik, membiasakan bertindak yang baik.

References

Atmaja, Nada I Made, dkk. 2010. Etika Hindu. Surabaya: Paramita. Kementerian Pendidikan Nasional. 2010. Modul Pendidikan Karakter Bangsa. Jakarta: Ditjen Dikdasmen. Subagiasta, I Ketut. 2007. Etika Pendidikan Agama Hindu. Surabaya: Paramita. Suwardani, Ni Putu. 2010. Membangun Pendidikan Karakter yang Berbudaya. Denpasar: UNHI. Titib I Made, 2006. Menumbuhkembangkan Pendidikan Budhi Pekerti Pada Anak. Denpasar: Pustaka Bali Post. Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktifistik. Jakarta: Prestasi Pustaka. Wiana I Ketut, 2009. Cara Belajar Agama Hindu yang Baik. Denpasar: Pustaka BaliPost. Yudha Triguna, Ida Bagus Gde. 2017. Budaya Inspiratif dan Membangun Karakter. Tabanan: Pustaka Ekspresi.
Published
2020-10-03
How to Cite
[1]
I. N. Sumada, “IMPLEMENTASI TRI KAYA PARISUDHA DALAM PENDIDIKAN KARAKTER SISWA SD NEGERI 8 BAN KECAMATAN KUBU, KABUPATEN KARANGASEM”, vw, vol. 3, no. 2, pp. 83-91, Oct. 2020.