UPACARA USABA KAPAT DI DESA ADAT TIMBRAH KARANGASEM BALI (PERSPEKTIF SOSIO KULTURAL)

  • Ida Ayu Ketut Suryani Wahyuni Universitas Hindu Indonesia
Keywords: Sosio-Kultural, Usaba Kapat

Abstract

Usaba Kapat di Desa Timbrah merupakan tradisi turun temurun yang dilaksanakan pada purnama kapat. Setiap tahun tradisi Aci Usaba Kapat dimaknai sebagai ucapan rasa syukur dan memohon kesejahteraan untuk masyarakat setempat. Upacara ini diiringi dengan belasan penari yang menarikan tarian rejang sakral sebagai simbol bidadari yang turun ke dunia dengan membawa amerta yang diwujudkan dalam bentuk tirta yang bertujuan untuk memohon datangnya hujan kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa. Dalam tarian ini para penari menggunakan tali selama menari yang memiliki makna sebagai pengikat tresna saling asih saling melindungi. Masyarakat setempat sangat percaya jika upacara ini tidak dilaksanakan maka akan sesuatu hal yang tidak diinginkan terjadi, maka dari itu tradisi Aci Usaba Kapat harus dilaksanakan setiap tahunnya dan harus dipatuhi setiap proses upacaranya, sehingga tradisi ini dianggap relevan hingga saat ini dilaksanakan oleh masyarakatnya.

References

Adia Wiratmaja, G.K. 1998. Etika, Tata Susila Hindu Dharma. Denpasar. Astini, Ketut. 2001. Makna dalam Busana Tari Arja di Bali. Jurnal Harmonia Vol. 2 Nomor 2 Tahun 2011. Ayatrohaedi, 1986. Kepribadian Budaya Bangsa. Jakarta: Pustaka Jaya.
Ardika, I Wayan dkk. 2004. Politik Kebudayaan dan Identitas Etnik. Fakultas Sastra Universitas Udayana. Arikunto, Suharsimi, 2002 : Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Bagus, I Gusti Ngurah. 2002. Masalah Budaya dan Pariwisata Dalam Pembangunan. Denpasar : S2 Kajian Budaya. Bertens, K. 1992. Etika. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Bandem, I Made. 1983. Ensiklopedi Tari Bali. Denpasar: Akademi Seni Tari Indonesia. 1985, Tari Bali Sebuah Simbul Masyarakat Bali. Denpasar : Jurnal Pengetahuan Seni dan Budaya No. 9 Tahu VIII,STSI.
________ dan Fredrik E.de Boer.2004. Kaja dan Kelod Tarian Bali dalam Transisi. Yogyakarta : Institut Seni Indonesia. Bawa Atmaja, Nengah. 2002. Metode Penelitian Kualitatif Singaraja : IKIF Singaraja. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1991. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka. Dharmayuda, Suasthawa I Made. 2001. Desa Adat Kesatuan Masyarakat Hukum Adat di Propinsi Bali. Denpasar : Upada Sastra.
Published
2020-10-05
How to Cite
[1]
I. A. Wahyuni, “UPACARA USABA KAPAT DI DESA ADAT TIMBRAH KARANGASEM BALI (PERSPEKTIF SOSIO KULTURAL)”, vw, vol. 3, no. 2, pp. 92-98, Oct. 2020.