NULAK DAMAR DALAM USABA SAMBAH DI DESA ADAT TENGANAN DAUH TUKAD KECAMATAN MANGGIS, KABUPATEN KARANGASEM

  • I Gusti Ayu Ngurah Universitas Hindu Indonesia
  • Desak Nyoman Seniwati Universitas Hindu Indonesia
  • I Ketut Serita Universitas Hindu Indonesia
Keywords: Kata kunci; upacara, nulak damar, usaba sambah

Abstract

Artikel ini fokus membahas upacara nulak damar dalam Usaba Sambah di Desa Adat Tenganan, Karangasem Bali. Penelitian ini bertujuan untuk memahami lebih mendalam tentang upacara nulak damar dalam usaba sambah, bagaimana prosesi dan bentuk upacara tersebut. Rancangan penelitian yang digunakan bersifat kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data dengan teknik participant observation dan wawancara. Upacara nulak damar dalam usaba sambah adalah bentuk keyakinan religi kuno, namun demikian tetap ada pengaruh dari konsep-konsep beragama pada masa setelah majapahit. Salah satu tujuan pelaksanaan upacara nulak damar dalam usaba sambah adalah untuk melestarikan tradisi yang terus berlangsung sampai saat ini yaitu tradisi meteruna dan medaha, menyerupai upacara menek kelih.

References

Affifuddin, Saebani B A. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.
Agarwal, Y P. 2011. Cosmic Cycles of Hindu Cosmology: Scientific Underpinnings and Implications. Journal of Cosmology, 2011, Vol in Press.
Ardika, Suastika, Parimartha. 2017. Aci Sasih Ketiga dan Mesabatan Biu di Desa Adat Tenganan Dauh Tukad. Pusat Kajian Bali Universitas Udayana.
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta: Jakarta.
Avalokitesvari, N N A N. 2017. Swastika di Dunia (Keagungan dan Penolakannya di Eropa). Paramita: Surabaya.
Beatrand Russell. Sejarah Filsafat Barat. Kaitannya Dengan Kondisi Politik Zaman Kuno Hingga Sekarang. “ Plato dan Metafisika Aristoteles”.
Dherana, Tjokorda Raka. 1976. Sekilas Tentang Desa Tenganan Pegringsingan. Team Research Fakultas Hukum & Pengetahuan Masyarakat Univ. Udayana.
Donder I Ketut. 2009. Meditasi Bio Energi Ratu Bagus. Ashram Ratu Bagus: Denpasar.
Published
2021-05-20
How to Cite
[1]
I. G. Ngurah, D. Seniwati, and I. Serita, “NULAK DAMAR DALAM USABA SAMBAH DI DESA ADAT TENGANAN DAUH TUKAD KECAMATAN MANGGIS, KABUPATEN KARANGASEM”, vw, vol. 4, no. 1, pp. 86-111, May 2021.