PENANAMAN NILAI SRADHA MELALUI DHARMAGITA
(Studi di Sekolah Menengah Pertama Widya Sakti Denpasar)
Abstract
Kemajuan teknologi dan informasi berlangsung sangat cepat. Generasi kini sudah mudah mengakses segala jenis informasi dan pengetahuan, baik itu informasi yang positif bagi tumbuh kembang anak dan pembentukan karakternya, begitu juga informasi yang justru membuat generasi berkembang tanpa arah. Hanya saja jika perkembangan teknologi yang sangat canggih tidak dibarengi dengan penanaman nilai dan moralitas akan berdampak buruk pada generasi muda. Mereka akan tercerabut dari ruang-ruang sosial, budaya dan keagamaannya. Maka dari itu, penelitian ini berupaya untuk mengkaji perihal peranan budaya khususnya aktivitas dharmagita dalam upaya penanaman nilai untuk memperkuat keimanan generasi muda Hindu.
References
Daryanto. 2010 Belajar dan Mengajar. Bandung :CV YRAMA WIDYA
Fathurrahman, Pupuh dan Sutikno Sobry. 2007. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Refika Aditama.
Gulo, W. 2003. Metodelogi Penelitian. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Bumi Aksara
Hamzah, B. Uno. 2008. Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hasbullah. 2006. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.Aksara.
Iqbal, Hasan, M. 2002. Pokok-pokok materi metodologi penelitian dan aplikasiny. Jakarta : Ghalia Indonesia
Kamus besar Bahasa Indonesia.tt, Cita Media Press.
Kadjeng I Nyoman, 2007. Sarasamuccaya. :Paramita Surabaya
Mantra, IB. 1983. Tata Susila Hindu Dharma. Pemda TK I Bali.
Moleong, Lexy J. 2009. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Nasution, J. 1989. Kurikulum dan Pengajaran. Bandung: Bina Aksara.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 55 Tahun 2007 Tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan, Departemen Agama.
Poerwa Darminta. 1987. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka Indonesia.
Punia, I Wayan. 2006. Konsep Sradha. Surabaya : Paramita
Pudja, G. 1997. Bhagawad Gita. Jakarta: Hanuman Sakti.
Suarka, I Nyoman. 2007. Penggunaan Bahasa dan Sastra dalam Naskah Dharmagita. Denpasar.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
Sunarto, H. 2002. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.
Syaiful Segala, 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabet
Sukadana, K.M. 2009. Panca Sradha. Surabaya Paramita
Tim penyusun.2006.Pedoman Pengetahuan Pesraman.Surabaya Paramita.
Usman, Husaini dan Akbar Purnomo Setiadi. 2008. Metodologi Penelitian Sosial. Bumi Aksara.