KIAT – KIAT POSYANDU DI DESA SENGKIDU KECAMATAN MANGGIS KABUPATEN KARANGASEM DALAM MENANGGULANGI ANGKA KEMATIAN IBU DAN BAYI

  • IGUSTI NGURAH ALIT SAPUTRA Universitas Hindu Indonesia
Keywords: Posyandu,, penurunan angka kematian ibu dan bayi.

Abstract

Maksud penelitian ini adalah untuk menguji dan membahas pengaruh keberadaan Posyandu terhadap penurunan angka kematian ibu dan bayi di Dusun Mendira Desa sengkidu Kecamatan Manggis kabupaten Karangasem, serta untuk mengetahui sejauh mana upaya kesehatan berbasis masyarakat (UKBM) dapat terlaksana,   sedangkan yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan membahas kegiatan utama Posyandu yang meliputi pemantauan tumbuh kembang balita, pelayanan kesehatan ibu dan anak, seperti imunisasi,penanggulangan diare,pelayanan k.b.penyuluhan dan konseling/ rujukan konseling bila diperlukan oleh warga masyarakat yang ada di Banjar Mendira, Desa Sengkidu Kecamatan Manggis, Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif  yaitu suatu metode dalam meneliti sekelompok manusia, suatu objek, suatu  kondisi, suatu sistem pemikiran ataupun suatu kelas peristiwa pada masa sekarang. Menurut Nazir (1999:105)  Desain penelitian deskriptif hanya berkehendak mengenal fenomena-fenomena untuk keperluan studi selanjutnya.Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif, yang menghasilkan data deskriptif. Penelitian kualitatif juga lebih menekankan pada segi proses daripada hasil, selain itu dengan penelitian ini dapat mengungkapkan permasalahan mengenai apa adanya sesuai dengan kenyataan yang ada  di lapangan.

References

Atmosudirjo, Prajudi, 1979, Administrasi dan Manajemen Umum, PT Gahlia Indonesia, Jakarta
A.M.Mangunhardjana,SJ,1976 “ Kepemimpinan “ Yayasan Kanasius. Yogyakarta
Alfred R.Latiener,1985.”Teknik Memimpin Pegawai dan Pekerja “. Aksara Baru. Jakarta
Bintoro Tjokroamidjojo, “Perencanaan Pembangunan” PT. Gunung Agung, Jakarta
Efendi Taufik, 1995, Dasar-Dasar keterampilan Abdi Negara Melayani Masayarakat, Bumi Aksara, Jakarta.
Farid Ali,2001 Teori dan konsep Administrasi, dari pemikiran paradigmatik menuju redefensi, Raja grafindo Persada Jakarta
Gaspersz Vincent (Eds,,), Indonesia “Manajemen Kualitas; Penerapan Konsep Kualitas Dalam Manajemen Bisnis Total”, Gramedia Indonesia,Jakarta.
G.R.Terry dan Rule,L.W.2003 “ Dasar-dasar manajemen”Terjemahan Ticoula G.A. Bumi Aksara. Jakarta
Ibrahim, Soewarno, 1997, Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Manajemen, PT Gunung Agung, Jakarta
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, 2013, Buku Panduan Kader Posyandu Menuju Keluarga Sadar Gizi, Direktorat Bina Gizi Kementerian Kesehatan RI.
Kelompok Kerja Operasional Pos Pelayanan Terpadu (Pokjanal Posyandu),2005,Pedoman Pengelolaan Posyandu Cetakan 1,TP, Jakarta.
Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia, 2009, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945,Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2003 Tentang Mahkamah Konstitusi, Sekretariat Jenderal dan Kepanitraan MKRI,Jakarta
Masjihanto, 1999, Organisasi dan Motivasi, Bumi Aksara, Jakarta
Soewarno Handyaningrat, Adminsitrasi Pemerintah Dalam Pembangunan Nasional, (Jakarta : PT Gunung Agung, 2002), hlm. 117
Sondang P.siagian, 1983. “ Organisasi, kepemimpinan dan Perilaku administrasi “. PT.Gunung Agung. Jakarta
The Liang Gie. 1992 “ Administrasi perkantoran Moderen” Yogyakarta, Libreti
Published
2019-04-10
How to Cite
[1]
I. N. A. SAPUTRA, “KIAT – KIAT POSYANDU DI DESA SENGKIDU KECAMATAN MANGGIS KABUPATEN KARANGASEM DALAM MENANGGULANGI ANGKA KEMATIAN IBU DAN BAYI”, vw, vol. 2, no. 1, pp. 79-93, Apr. 2019.