PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK YANG BERKELANJUTAN DI SD N 17 DANGIN PURI UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

  • Ida Bagus Made Wibawa Universitas Hindu Indonesia
Keywords: Kompetensi Guru, RPP, Supervisi Akademik

Abstract

Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini membahas tentang pelaksanaan supervisi akademik yang berkelanjutan di SD N 17 Dangin Puri dalam upaya meningkatkan kompetensi guru menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan pada semester I Tahun Pelajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Subyek penelitian tindakan sekolah ini adalah semua guru di SD Negeri 17 Dangin Puri yang berjumlah 12 (dua belas) guru. Rancangan penelitian ini adalah model siklus yang dilakukan secara berulang dan berkelanjutan (siklus spiral) melalui dua siklus, setiap siklus meliputi tahap perencanaan, tahap tindakan dan pengamatan, serta tahap refleksi. Hipotesis dianalisis menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan analisis kualitatif. Langkah-langkah analisis data yang digunakan meliputi pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan atau verifikasi (conclutions).

Hasil penelitian tindakan sekolah menemukan bahwa pada siklus I nilai rata-rata Peningkatan kompetensi guru dalam menyusun RPP yang dicapai 82,0  pada siklus II nilai rata-rata yang dicapai adalah 86,1 (80-89 = Baik) terjadi peningkatan 4,09. Hal ini berarti bahwa pelaksanaan supervisi akademik yang berkelanjutan di SD N 17 Dangin Puri dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.

References

Carter V. Good, (ed).1973. Dictionary of Education, Third Edition. New York: McGraw-Hill.
Damayanti, Wida. 2016. Peningkatan mutu kinerja guru melalui supervisi akademik di SMK Negeri 1 Salatiga menghadapi PKG 2016 (solusi perubahan dengan gabungan model supervisi akademik artistic model dan cooperative development model). Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, Vol 26, No.1, Juni 2016, ISSN: 1412-3835
Daresh, J.C. 1989. Supervision as a Proactive Process. White Plains, NY: Longman.
Departemen Pendidikan Nasional. 2004. Kurikulum 2004. Jakarta : Depdiknas
Joni, Raka. 1984. Pokok-Pokok Pikiran Mengenai Pendidikan Guru. Jakarta: Direktorat Jendral Perguruan Tinggi
Kunandar. 2007. Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Majid, Abdul. 2005. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Robotham, David. 1996. Competences: Measuring The Immeasurable, Managemen Development Review, Vol. 9, No. 5, hal. 25-29
Suripto. 2016. Upaya Peningkatan Kinerja Guru Dalam Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik Di Sekolah Dasar Dabin I UPTD Pendidikan Kecamatan Bayat Kabupaten Klaten. Magistra No. 95 Th. XXVIII Maret 2016 ISSN 0215-9511
Usman, Moh. Uzer. 1994. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Wahjosumidjo. 2005. Kepemimpinan Kepala Sekolah, Tinjauan Teori dan Permasalahannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Published
2019-05-10
How to Cite
[1]
I. B. M. Wibawa, “PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK YANG BERKELANJUTAN DI SD N 17 DANGIN PURI UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)”, vw, vol. 2, no. 1, pp. 107-115, May 2019.