MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN GURU KELAS IV, V, VI DALAM RANGKA MEWUJUDKAN PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF, DAN MEYENANGKAN (PAKEM) MELALUI SUPERVISI KELAS BERSAHABAT DI SD NEGERI 4 SUMERTA SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2017/2018

  • I.A Putri Masyanuida Universitas Hindu Indonesia
Keywords: Supervisi kelas bersahabat, kualitas pembelajaran guru, PAKEM

Abstract

 

Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini dilatarbelakangi oleh dimana sebagian besar guru khususnya di kelas IV, V, VI SDN 4 Sumerta masih menggunakan cara-cara konvensional dalam mengajar, sehingga kualitas pembelajaran secara umum kurang maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan peningkatan kualitas pembelajaran guru kelas IV, V, VI dalam rangka mewujudkan pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan meyenangkan (PAKEM) melalui supervisi kelas bersahabat.

Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Subyek penelitian tindakan sekolah ini ditentukan menggunakan tekhnik purposive sampling yaitu  3 (tiga) orang guru di SD Negeri 4 Sumerta yang berstatus PNS (guru kelas IV, guru kelas V, dan guru kelas VI).

Rancangan penelitian ini adalah model siklus yang dilakukan secara berulang dan berkelanjutan melalui dua siklus, yang setiap siklus berisi empat langkah yaitu: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Hipotesis dianalisis menggunakan metode deskriptif pendekatan analisis kualitatif. Langkah-langkah analisis data yang digunakan meliputi pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan atau verifikasi (conclutions).

Hasil penelitian tindakan sekolah menemukan nilai rata-rata kualitas pembelajaran Guru pada siklus II yakni 86,5 berada pada kategori “baik†(80 – 89). Terjadi peningkatan sebesar 7,7% jika dibandingkan pada siklus I, rata-rata kualitas pembelajaran Guru adalah 78,8. Artinya bahwa Supervisi Kelas Bersahabat dapat meningkatkan kualitas pembelajaran Guru Kelas IV, V, VI dalam rangka mewujudkan PAKEM di Sekolah Dasar Negeri 4 Sumerta Semester II Tahun Pelajaran 2017/2018

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Rineka Cipta. Jakarta.
Carter V. Good, (ed).1973. Dictionary of Education, Third Edition. New York: McGraw-Hill.
Departemen Pendidikan Nasional. 2004. Kurikulum 2004. Jakarta: Depdiknas
Ekosusilo, Madyo. 1993. Dasar-dasar pendidikan. Semarang: Effhar Offset
Osnal. 2016. Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Guru Kelas 6 Melalui Supervisi Kelas Bersahabat Di Gugus I Kecamatan Sumbermalang Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pancaran, Vol. 5, No. 1, hal 133-146, Pebruari 2016
Purwanto, Ngalim. 2010. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Posdakarya.
Suparlan, dkk. 2008. PAKEM: Pembelajaran, Aktif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan. Bandung: PT. Genesindo
Undang-Undang RI No 14 Tahun 2005, Guru dan Dosen, Bandung: Cita Umabara, 2006
Usman, Moh. Uzer. 1994. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Wahjosumidjo. 2005. Kepemimpinan Kepala Sekolah, Tinjauan Teori dan Permasalahannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Published
2019-04-10
How to Cite
[1]
I. P. Masyanuida, “MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN GURU KELAS IV, V, VI DALAM RANGKA MEWUJUDKAN PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF, DAN MEYENANGKAN (PAKEM) MELALUI SUPERVISI KELAS BERSAHABAT DI SD NEGERI 4 SUMERTA SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2017/2018”, vw, vol. 2, no. 1, pp. 116-126, Apr. 2019.