METODE BLENDED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI 3 SANUR

  • Ni Made Surawati Universitas Hindu Indonesia
  • I Nyoman Winyana Universitas Hindu Indonesia
  • Ni Putu Eka Sariani Universitas Hindu Indonesia
Keywords: Blended Learning, Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti

Abstract

Mengacu dengan fungsi guru sebagai tenaga pendidik yang akan menuntut dan membimbing siswa dalam mencapai tujuan pendidikan yang dalam halnya ini guru dituntut kreatif dalam memberikan suatu pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi yang berkembang dengan pesat. Bentuk kombinasi dari pembelajaran tatap muka dengan perkembangan teknologi informasi dapat dimanfaatkan sebagai salah satu metode dalam pembelajaran yakni dengan menggunakan metode blended learning. Metode blended learning adalah sebuah metode pengajaran akibat dari keterbatasan waktu, tempat, dan situasi, sehingga pembelajaran ini akan meningkatkan interaksi pembelajaran antara guru dengan siswa. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen. Data yang terkumpul kemudian diolah dan disajikan dalam bentuk deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini memberikan kontribusi kepada guru untuk dapat menerapkan metode blended learning dalam pembelajaran pendidikan agama Hindu dan budi pekerti pada siswa kelas v di SD Negeri 3 Sanur. Sekolah dasar patut mengembangkan pola Pendidikan yang menyenangkan dengan menggunakan metode pembelajaran blended learning agar pembelajaran lebih menyenangkan dan dapat menumbuhkan minat belajar siswa di masa pandemi covid-19.

References

Istiningsih, S & Hasbullah, H. 2015. Blended Learning. Trend Strategi Pembelajaran Masa Depan. Jurnal Elemen. I. 19-56
Onta, M.R. 2018.Efektivitas Penerapan Model Blended Learning Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Quipper School Ditinjau Dari Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar. Siswa Kelas X Tkj-A Smk Jakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma: Yogyakarta.
Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan Dan Pengembangan Bahasa. 19988. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Tim Penyusun, UU RI No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Cemerlang.
Titib, I Made 2006. Weda Sabda Suci Pedoman Praktis Kehidupan. Surabaya: Paramitha.
Titib, I Made dan Suparrani, Ni Ketut.2004.Keutamaan Manusia dan Budi, Pendidikan Budi Pekerti.Surabaya:Paramitha.
Wiana, I Ketut. 1997. Cara Belajar Agama Hindu Yang Baik. Denpasar: Yayasan Dharma Narada.
Published
2022-09-30
How to Cite
[1]
N. M. Surawati, I. N. Winyana, and N. P. Eka Sariani, “METODE BLENDED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI 3 SANUR”, vw, vol. 5, no. 2, pp. 108-118, Sep. 2022.