PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA SISWA-SISWI KELAS V SD PELITA BANGSA

  • Ni Made Surawati Universitas Hindu Indonesia
  • Ni Nyoman Sri Winarti Universitas Hindu Indonesia
  • I Putu Hanyran Ray Universitas Hindu Indonesia
Keywords: Penerapan, Media Audio Visual, Daring

Abstract

Dewasa ini dunia pendidikan di Indonesia bahkan di dunia mengalami suatu transformasi yang kompleks, hal ini disebabkan pandemi Covid-19. Pemerintah menganjurkan agar pembelajaran dilaksanakan di rumah masing-masing dengan menggunakan sistem Daring (dalam jaringan) memanfaatkan teknologi dan media pembelajaran yang berkembang saat ini. Penelitian ini berupaya membahas perihal penerapan media audio visual dalam pembelajaran agama di Sekolah Dasar Pelita Bangsa, Denpasar. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, studi dokumen, dan studi kepustakaan. Data yang terkumpul kemudian diolah dan disajikan dalam bentuk deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini memberikan kontribusi kepada guru dan orang tua siswa untuk dapat menerapkan media audio visual dalam pembelajaran daring pada siswa-siswi kelas V SD Pelita bangsa. Guru menjelaskan materi melalui media audio visual dengan menggunakan aplikasi zoom meeting, kemudian guru menayangkan materi pelajaran berupa video, gambar, dan rekaman suara. Sekolah dasar patut mengembangkan pola pendidikan yang menyenangkan dengan menggunakan media pembelajaran audio visual agar pembelajaran lebih menyenangkan dan menumbuhkan minat belajar siswa.

References

DAFTAR PUSTAKA
Aristo, Rahardi. 2004. Media Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas
Amir Hamzah Suleiman. 1988. Media Audio Visual.
http://agung030492.blogspot.com, 21 Oktober 2020
Ahmad Nur Huda/P2TK Dikdas (http://pd.pps.uny.ac.id/berita/penerapan-media-pembelajaran-dalam-kegiatan-belajar-mengajar-di-sekolah-dasar.html).
Iqbal, Hassan. 2002. Pokok-pokok Materi Metodelogi Penelitian dan Aplikasinya. Jakarta: Ghalia
Indonedia.
Gusti Ayu Widiantari (2009) dalam penelitianya yang berjudul “Peranan Media Gambar Dalam
Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu Di Kelas VIII Siswa SMP PGRI 9 Denpasar”, Denpasar: UNHI.
Wira Paramartha, I Gede. 2009. Peranan Media Gambar Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama
Hindu di Kelas VIII Siswa SMP PGRI 9 Denpasar. Denpasar: UNHI.
Dresta Adi Wiguna, I Komang. 2009. Analisis Efektifitas dan Efesiensi Penggunaan Media pembelajaran Dalam Proses Pendidikan Agama Hindu di SMPLB-C Tunagrahita Yayasan Kerta wiweka Denpasar: UNHI.
Jurnal Maryamah, Moh. Hafid Effendi. Penerapan media audio visual dalam pembelajaran
keterampilan membaca cepat pada siswa kelas XI di Ma Al. Fallah Tlanakan Pamekasan.
Suyono Dan Hariyanto. 2014:187. Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Bandung:
PT Remaja Rosdakarya.
Gary Flewelling and William Higginson. 2003.189. Teaching With Rich Learning Tasks.
Adelaide: The Australian Association of Mathematic Teacher.
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (1990:235)
Yusuf, Syamsu dan Nani M. Sugandhi. 2014. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: RajaGrafindo
Persada.
Sagala, Syaiful. 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Published
2022-10-30
How to Cite
[1]
N. M. Surawati, N. N. Sri Winarti, and I. P. Hanyran Ray, “PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA SISWA-SISWI KELAS V SD PELITA BANGSA”, vw, vol. 5, no. 2, pp. 145-158, Oct. 2022.