NGAMINANG: ADAPTASI BUDAYA MAKAN MEGIBUNG BALI PADA MASYARAKAT ISLAM DI DESA KAMPUNG GELGEL, KABUPATEN KLUNGKUNG

  • Fitria Amalia Antropologi Budaya, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Udayana
Keywords: Ngaminang, Islam Bali, Antropologi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara holistik dan mendalam tentang tradisi ngaminang sebagai wujud dari adanya akulturasi budaya Hindu Bali dengan masyarakat Islam di Desa Kampung Gelgel yang mengadopsi budaya makan megibung kemudian diadaptasikan sesuai dengan nilai dan norma serta aturan dari Agama Islam. Meski mengalami beberapa perubahan, adanya tradisi ngaminang ini justru menjadi wadah bagi Muslim Gelgel dalam menjaga keharmonisan beragama di Desa Kampung Gelgel Klungkung yang dipercaya sebagai etika kultural yang diwariskan secara turun temurun sejak zaman Kerajaan Gelgel. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif serta pendekatan etnografi yang mengkaji perilaku manusia dari sudut pandang antropologi agama dan antropologi kuliner. Studi ini dimaksudkan untuk menggali lebih dalam tentang fungsi dan makna tradisi ngaminang dalam menjaga integrasi sosial dalam masyarakat Islam dan Hindu.

References

BUKU
Arriyono dan Siregar, Aminuddi. 1985. Kamus Antropologi. Jakarta: Akademik Pressindo, Hal. 4
Foster, George. M & Barbara Gallatin Anderson. 1986. Antropologi Kesehatan, (terj) Priyanti Pakan Suryadarma dan Meutia F Hatta Swasono. Jakarta: UI Press.
Koentjaraningrat. 1980. Manusia dan Kebudayaan di Indonesia, Jakarta: Djambatan.
Koentjaraningrat. 1987. Sejarah Teori Antropologi I. Jakarta: UI-Press
Kumbara, Anak Agung Ngurah Anom, dan Putra, Ida Bagus Gde. 2020. Adaptasi Budaya dalam Interaksi antar Umat Islam dan Umat Hindu di Desa Gelgel Kabupaten Klungkung. Laporan PUPS Universitas Udayana, Denpasar.
Mattuda, Kebudayaan Kemanusiaan Dan Lingkungan Hidup, (Hasanuddin University Press, 1997), Hal. 1
Ritzer, George dan Douglas J. Goad man. 2004. Teori Sosiologi Modern. Jakarta: Kencana.
Sudargo, Toto dkk. 2022. Budaya Makan dalam Perspektif Kesehatan. Sleman: Gadjah Mada University Press.

SKRIPSI/ARTIKEL/JURNAL
Artini, Ni Made. 2003. Dari Magibung ke Prasmanan Perubahan Etika Jamuan Makan dalam Ritual Komunitas Hindu di Desa Karang Median dan Karang Monjok. Lombok Barat: Universitas Udayana.
Nasruddin. 2011. “Kebudayaan dan Agama Jawa dalam Perspektif Clifford Geertz”. Religio: Jurnal Studi Agama-Agama. 1(1)
Riady, Ahmad Sugeng. 2021. “Agama dan Kebudayaan Masyarakat Perspektif Clifford Geertz”. Jurnal Sosiologi Agama Indonesia, Vol. 2, No. 1, 13-22. https://journal.ar-raniry.ac.id/index.php/jsai. (Diakses 22 Desember 2022)
Published
2023-04-18
How to Cite
[1]
F. Amalia, “NGAMINANG: ADAPTASI BUDAYA MAKAN MEGIBUNG BALI PADA MASYARAKAT ISLAM DI DESA KAMPUNG GELGEL, KABUPATEN KLUNGKUNG”, vw, vol. 6, no. 1, pp. 1-12, Apr. 2023.