PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 3 PENATIH

  • I Dewa Ayu Putu Suryati SD Negeri 1 Penatih
Keywords: Cooperative TAI type, Aktivitas Belajar, Prestasi Belajar

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPA dengan menerapkan pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) pada siswa kelas VI SDN 3 Penatih. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN 3 Pelatih Kabupaten Denpasar Timur, Kota Denpasar 2016/2017 pada semester pertama (tidak datar) dengan 36 siswa, yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Data diperoleh / dikumpulkan dalam bentuk data yang langsung direkam selama pembelajaran di kelas. Penelitian ini melalui dua tahap atau siklus, setiap siklus mengandung empat langkah, yaitu: (1) perencanaan, (2) implementasi tindakan, (3) observasi dan evaluasi tindakan, dan (4) refleksi. Hipotesis dalam penelitian ini dianalisis secara deskriptif, yaitu menganalisis nilai rata-rata kemampuan afektif dan kognitif siswa secara klasik.

References

Jacobs,G.M., Lee, G.S, dan Ball, J. 1996. Learning Cooperative Levia Cooperatif Learning: A Sourebook of Lesson Plans for Teacher Edu-cation on Cooperatif Learning. Singapore: SEAMEO Regional Language Center.
Kurniawati, Mei. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V MI YAPPI Mulusan Paliyan Gunungkidul. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Novilia, Winda. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe (TAI) Team Assisted Individualization untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika pada siswa kelas IV SD Negeri Mojosari Karanggede Boyolali. Naskah Publikasi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah.
Slavin, Robert E. 1995. Cooperative Learning : Theory, Research, and Practice. Boston: Allyn and Bacon.
Sudarta, I Wayan. 2010. Pembelajaran Kooperatif STAD dengan Media Laptop dan LCD Program Animasi Sebagai Inovasi Pembelajaran untuk meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IXa SMP Negeri 4 Nusa Penida Tahun Pelajaran 2010/2011. Penelitian Tindakan Kelas. Klungkung: SMP N 4 Nusa Penida.
Tim Bina Karya Guru. 2008. IPA SD untuk Sekolah Dasar Kelas VI. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Published
2019-10-01
How to Cite
[1]
I. D. A. P. Suryati, “PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 3 PENATIH”, vw, vol. 2, no. 2, pp. 192-202, Oct. 2019.