METODE BUZZ GROUP SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 15 DANGIN PURI SEMESTER II TAHUN AJARAN 2016/2017

  • Ni Ketut Aryati SDN 15 DANGIN PURI
Keywords: Matematika, buzz group, hasil penelitian

Abstract

Penelitian tindakan kelas (PTK) bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika kelas IV SD Negeri 17 Dauh Castle melalui penerapan metode Buzz Group. Penelitian dilakukan di SD Negeri 15 Kecamatan Dangin Puri Denpasar Timur, Denpasar. Subjek penelitian Penelitian ini adalah siswa kelas IV SD dengan jumlah siswa 22 orang, terdiri dari 11 siswa laki-laki dan siswa perempuan 11. Data yang diambil / dikumpulkan berupa data yang langsung direkam dari kegiatan di kelas melalui tes dan Observasi. Prosedur penelitian ini melalui 2 tahap atau siklus setiap siklus mengandung empat langkah: tahap perencanaan, tahap, tahap pengamatan dan fase refleksi. Hipotesis pada penelitian Tindakan Kelas ini dianalisis menggunakan teknik analisis kuantitatif termasuk analisis statistik deskriptif dengan menganalisis nilai rata-rata untuk produk dan ketuntasan pembelajaran klasikal.

References

Andriani Melly, Hariyani Mimi. 2013. Pembelajaran Matematika SD/MI, Benteng Media, Pekanbaru
Bahri syaiful dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta. Jakarta
Darsono, Max. 2002. Belajar dan pembelajaran. Semarang: CV. IKIP Semarang Press
Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Rafiq, Anisur. 2013. penerapan metode diskusi tipe Buzz Group pada materi virus untuk meningkatkan prestasi belajar dan keaktifan kelas XB MA Bustanul Ulum Pagerharjo Kecamatan Wedarijaksa Pati tahun ajaran 2012/2013. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. h. 64.
Sudjana, N. 1995. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Cetakan Kelima. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2004. Metodologi Penelitian Administrasi. Yogyakarta: BPFE-VII
Suharsimi, Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Rineka Cipta. Jakarta.
Suprayekti. 2003. Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Tenaga Kependidikan.
Published
2019-09-20
How to Cite
[1]
N. K. Aryati, “METODE BUZZ GROUP SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 15 DANGIN PURI SEMESTER II TAHUN AJARAN 2016/2017”, vw, vol. 2, no. 2, Sep. 2019.