MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA TEKS DESKRIPSI SEDERHANA PADA SISWA KELAS I SEMESTER II SD N 9 PEGUYANGAN MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) BERBANTUAN MEDIA GAMBAR

  • Ni Nyoman Wardani SDN 9 Peguyangan
Keywords: STAD, Media Gambar, Membaca Teks Deskripsi

Abstract

 

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) berbantuan media Gambar dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas 1 SDN 9 Peguyangan  Kecamatan Denpasar Utara Kota Denpasar Tahun Ajaran 2018/2019 pada Semester II dengan jumlah siswa 23 orang,  yang terdiri dari 14 orang siswa Laki-laki dan 9 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi observasi, wawancara dan tes. Penelitian ini menggunakan dua siklus, setiap siklus dalam penelitian tindakan kelas ini terdiri dari empat tahapan penting yaitu rencana, tindakan, observasi, dan refleksi. Hipotesis dibuktikan menggunakan teknik analisis kuantitatif yakni analisis statistik deskriptif. Analisis dilakukan dengan program Microsoft Excel.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas/sikap siswa selama mengikuti kegiatan belajar mengajar di kelas Pada siklus I dan siklus II berada pada kriteria baik dan Hasil evaluasi pembelajaran kemampuan siswa dalam membaca teks deskripsi sederhana melalui penerapan pembelajaran STAD berbantuan media gambar pada siklus I diperoleh nilai rata-rata klasikal 70,29 ketuntasan 74%, dan nilai rata-rata klasikal pada siklus II adalah 73,41 ketuntasan 83%. Hal ini bermakna bahwa penerapan pembelajaran STAD berbantuan media gambar dapat meningkatkan kemampuan membaca teks deskripsi sederhana siswa kelas I Semester II SD Negeri 9 Peguyangan.

References

Chaplin, C.P. 1997. Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: Raja Grafindo Pustaka
Damayanti, Yanti. 2008. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray (Tsts) Menggunakan Cd Pembelajaran. Tesis.Semarang: Program Pasca Sarjana Program Studi Penidikan IPA Universitas Negeri Semarang
Desmita, R. 2008. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya
Djago Tarigan, 1997. Pendidikan dan Bahasa Sastra Indonesia di Kelas Rendah. Jakarta: Universitas Terbuka.
Handayani, Fitri. 2009. Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil BelajarSiswa Kelas VII SMP Negeri I Purwodadi Kabupaten Pasuruan Pada Materi Keragaman BentukMuka Bumi. Tesis. Malang: Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang
Mihtahul Huda. 2009. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Renawati, Diah S.Pd. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Membaca dan Menulis Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas III Semester II SDN Sumber Kejayan 03 Kecamatan Mayang Kabupaten Jember. PTK. Pemerintah Kabupaten Jember: Dinas Pendidikan Kabupaten Jember.
Sarwiji Suwandi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas dan Penulisan Karya Ilmiah.Surakarta : Panitia Sertifikasi Guru.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta
Suryadi. 2010. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Diva Press
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa.
Published
2019-10-01
How to Cite
[1]
N. N. Wardani, “MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA TEKS DESKRIPSI SEDERHANA PADA SISWA KELAS I SEMESTER II SD N 9 PEGUYANGAN MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) BERBANTUAN MEDIA GAMBAR”, vidyawertta, vol. 2, no. 2, pp. 211-220, Oct. 2019.