PENGARUH KEDISIPLINAN DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA HINDU DI SMP NEGERI 2 SELEMADEG TIMUR, KABUPATEN TABANAN

  • Ni Made Surawati Universitas Hindu Indonesia
  • I Ketut Winantra Universitas Hindu Indonesia
  • Made Bhujangga Wismantari Universitas Hindu Indonesia
Keywords: Kedisiplinan, minat belajar, dan hasil belajar.

Abstract

Penelitian ini berupaya mengangkat tentang penurunan kedisiplinan dan minat belajar siswa saat diberlakukannya sistem pembelajaran daring. Selain itu, kurangnya pengawasan oleh orang tua saat mengikuti pembelajaran daring menyebabkan suasana menjadi kurang kondusif akibat kebiasaan siswa yang kurang disiplin di rumah, serta menurunnya hasil belajar Pendidikan Agama Hindu akibat kurangnya minat siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Hasil analisis korelasi menunjukkan bahwa kedisiplinan memiliki hubungan searah dengan hasil belajar yang ditunjukkan oleh nilai signifikansi p- value sebesar 0,001 < 0,05 (5%) dan nilai korelasi sebesar 0,387 (38,7%) dengan posisi positif (searah). Minat belajar memiliki hubungan searah dengan hasil belajar yang ditunjukkan oleh nilai signifikansi p-value sebesar 0,003 < 0,05 (5%) dan nilai korelasi sebesar 0,352 (35,2%) dengan posisi positif (searah). Persamaan regresi linier sederhana kedisiplinan dengan hasil belajar yakni, Y = 46,208 + 0,468X1, persamaan ini menunjukkan bahwa kedisiplinan memiliki pengaruh yang searah dengan hasil belajar. Persamaan regresi linier sederhana minat belajar dengan hasil belajar yakni, Y = 69,783 + 0,165X2, persamaan ini menunjukkan bahwa minat belajar mempunyai pengaruh yang searah dengan hasil belajar. Persamaan regresi linier berganda kedisiplinan dan minat belajar terhadap hasil belajar yakni, Y = 40,750 + 0,407X1 + 0,138X2, persamaan ini menunjukkan bahwa kedisiplinan dan minat belajar mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar.

References

Alimaun, Imam. 2015. Pengaruh Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Se-Daerah Binaan R.A. Kartini Kecamatan Kutoarjo Kabupaten Purworejo. Skripsi Untuk Memperoleh Gelas Sarjana dalam Ilmu Pendidikan pada Program Sarjana Universitas Negeri Semarang. (skripsi online), (diakses pada tanggal 15 November 2021). Terdapat dalam URL: http://lib.unnes.ac.id/21734/1/1401411587-s.pdf
Gustina, Hazari. 2020. Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar Negeri 68 Kota Bengkulu. Skripsi Untuk Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan dalam Ilmu Tarbiyah pada Program Sarjana Institut Agama Islam Negeri Bengkulu. (skripsi online), (diakses pada tanggal 28 November 2021). Terdapat dalam URL :
http://repository.iainbengkuli.ac.id/5511/1/skripsi%20hazari%20gustina.pdf

Helina, Pespi. 2019. Pengaruh Kedisiplinan Siswa Terhadap Hasil Belajar PAI di SMP Budi Mulia Kota Bengkulu. Skripsi Untuk Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan dalam Ilmu Tarbiyah pada Program Sarjana Institut Agama Islam Negeri IAIN Bengkulu. (skripsi online), (diakses pada tanggal 20 November 2021). Terdapat dalam URL: http://repository.iainbengkulu.ac.id/3723/1/PESPI%20HELINA.pdf

Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto. 2010. Belajar & Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Published
2023-04-18
How to Cite
[1]
N. M. Surawati, I. K. Winantra, and M. B. Wismantari, “PENGARUH KEDISIPLINAN DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA HINDU DI SMP NEGERI 2 SELEMADEG TIMUR, KABUPATEN TABANAN”, vw, vol. 6, no. 1, pp. 74-84, Apr. 2023.