TARI GANDRUNG TELAGA SAKTI DI DESA PAKRAMAN LIMO, NUSA PENIDA, KABUPATEN KLUNGKUNG

  • Ni Ketut Suwitri Universitas Hindu Indonesia
Keywords: pementasan, tari gandrung telaga sakti, fungsi

Abstract

Tari Gandrung Telaga Sakti di Desa Pekraman Limo diakui sebagai tari yang disakralkan, tentu menyimpan banyak keunikan. Keunikan Tari Gandrung Telaga Sakti adalah ketika tarian ini akan dipentaskan dilakukan sebuah proses ritual, seperti proses pemilihan penari, tempat pementasan dan keberadaan gelungan yang tersimpan disebuah bangunan suci pura Puseh Desa Pekraman Limo. Kajian ini akan mengangkat fungsi pementasan Tari Gandrung Telaga Sakti di Desa Pakraman Limo Kecamatan Nusa Penida. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif interpretatif. Hasil penelitian yang diperoleh adalah bahwa Tari Gandrung Telaga Sakti adalah Salah satu jenis tarian tradisional masyarakat desa pekraman Limo, kecamatan Nusa Penida yang telah dikenal oleh masyarakat setempat diperkirakan sejak didirikan Pura Puseh Desa Pekraman Limo. Tarian ini ditarikan oleh dua orang penari laki–laki berusia tujuh tahun sampai sebelum menginjak remaja, yang dipentaskan di Pura Puseh Desa Pekraman Limo setiap enam bulan sekali, tepatnya pada Anggarakasih Perangbakat. Tari Gandrung Telaga Sakti didukung oleh elemen–elemen gerak, rias dan busana, musik iringan, tempat pertunjukan dan upakara. Tari Gandrung Telaga Sakti memiliki fungsi sosial, membayar kaul, dan memohon keselamatan.

References

Soedarsono. 1999. Seni Pertunjukan dan Pariwisaata. Rangkuman Esai tentang Seni Pertunjukan Indonesia dan Pariwisata.Yogyakarta: BP ISI Yogyakarta.
Munardi, A.M. 1954. Transvesi dam Seni Pertunjukan. Flores: Penari
Soegeng Toekio 1984, Memilih Simpai dari Paradoksal Seni, Sain dan Teknologi. Surakarta : STSI.
Supanggah, R. 1991. Musik Gandrung Banyuwangi Laporan Survey dalam Willed Edisi Juli 1991. Surakarta: STSI Jurnal Seni.
Suwardi, Hendyck, 1987. Tari Tradisional Gandrung dan Asal-usul Sejarah Perkembangannya. Dalam Buletin Sekolah Tinggi
Van Hove. 1984. Ensiklopedi Indonesia Jilid V, Jakarta: Peneribt Ichtiar Baru
Wilwatikta. Surabaya. Surabaya: STKW Press.
Published
2023-04-18
How to Cite
[1]
N. K. Suwitri, “TARI GANDRUNG TELAGA SAKTI DI DESA PAKRAMAN LIMO, NUSA PENIDA, KABUPATEN KLUNGKUNG”, vw, vol. 6, no. 1, pp. 85-112, Apr. 2023.