PENDIDIKAN SPIRITUAL DAN MEMBEBASKAN
Abstract
Kemajuan suatu bangsa mulai ditetapkan oleh pemetaan dan pemantapan sistem Pendidikan. Tindakan inilah yang dilakukan oleh Negara-Negara seperti Finlandia, Singapura, Jepang, Norwegia. Pendidikan dijadikan instrument bagi pemerataan sistem berbangsa dan bernegara, berikut juga dalam menyiapkan sumber daya manusia, mengingat manusia adalah subyek dan obyek Pendidikan. Bagaimana mengorganisasikan system guna menciptakan sumber daya yang kompeten dan tentunya sesuai dengan harkat kemanusiaan. Ihwal inilah yang kemudian melahirkan idiom Pendidikan yang memanusiakan ala Drijakara. Pendidikan harus membebaskan manusia dan menjadikannya sumber daya yang unggul.
References
Freire dkk, Paulo. 2015. Menggugat Pendidikan: Fundamentalis, Konservatif, Liberal-Anarkis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Hasbullah. 2005. Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.
Latif, Yudi. 2019. Pendidikan Yang Berkebudayaan: Histori, Konsepsi dan akulturasi Pendidikan Transformatif. Jakarta: Gramedia Utama.
I. G. A. Paramita and I. W. B. Utama, “Filsafat Pendidikan Menurut Pemikir Hindu”, ds, vol. 18, no. 2, pp. 86-93, Oct. 2018.