PENGGUNAAN RADIO ONLINE DAN STREAMYARD DALAM PENYULUHAN AGAMA HINDU DI KABUPATEN BANGLI

  • Ida Ayu Ketut Surya Wahyuni Fakultas Ilmu Agama, Seni dan Budaya Universitas Hindu Indonesia
  • I Gusti Ayu Laksmi Dewi Fakultas Ilmu Agama, Seni dan Budaya Universitas Hindu Indonesia
Keywords: Penyuluhan Agama Hindu, Media Sosial, Radio Online, Stream Yard

Abstract

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi memiliki pengaruh terhadap strategi penyuluhan agama. Sebelum masuk handphone, android ipad dan teknologi informasi lainnya, masyarakat sangat antusias mendengarkan dharmawacana atau ceramah yang diberikan oleh pendharma wacana secara tatap muka (offline). Tapi dengan adanya handphone android yang menyediakan akses penyuluhan agama secara online dan digital, semakin banyak penyuluh agama Hindu menggunakan media tersebut. Salah satunya adalah penyuluh agama Hindu pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangli. Dalam memberikan pembinaan umat, para penyuluh pada Kementerian Agama Kabupaten Bangli menggunakan radio online dan stream yard.

References

Ahmad, Amar. 2013. Perkembangan Media Online dan Fenomena Disinformasi (Analisis pada Sejumlah Situs Islam). Jurnal Pekommas Vol.16 No.3 Desember 2013, hal 145-154. https://media.neliti.com
Amboro Kian. 2019. Kontekstualisasi Pandemi Covid-19 Dalam Pembelajaran Sejarah. Yupa: Historical Studies Journal.
Ananjaya I Gusti Ngurah. 2018. “Pendidikan Penyuluhan Agama Hindu Melalui Media Seni Topeng Bondres Di Kecamatan Selat Kabupaten Karangasem”. Thesis (tidak diterbitkan). Denpasar : Universitas Hindu Indonesia.
Anonim. 2002. Himpunan Peraturan Tentang Jabatan Fungsional Penyuluh Agama Dan Angka Kreditnya. Jakarta : Departemen Agama RI Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu Dan Budha.
Anonim. 2003. Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Penyuluh Agama Dan Angka Kreditnya. Jakarta : Biro Kepegawaian Sekretariat Jenderal Departemen Agama RI.
AS Enjang, 2009. Dasar-Dasar Penyuluhan Islam. Jurnal Ilmu Dakwah, Vol. 4 No. 14, hal 657-688. https://media.neliti.com
Atmaja, Nengah Bawa, 2010. Geneologi Keruntuhan Majapahit: Islamisasi, Toleransi dan Pemerintahan Agama Hindu di Bali. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Aziza Aulia, 2014. “ Profesi Penyuluh Agama Hindu Diantara Dinamika Realitas Sosial Keagamaan”. Jurnal Ilmu Dakwah Vol. 13.
Bambang Pranowo, Pedoman Penyuluhan, (Jakarta : Cetakan Pertama, 2002)
Budiana, I Nyoman. 1995. Aspek Sosiologis Sistem Kewarisan Hindu. Universitas Airlangga: Surabaya.
Bungin Burhan, Metodelogi Penelitian Sosial, Format-Format Kuantitatif dan Kualitatif, Surabaya, Airlangga University Press, 2001.
Canggara Hafid, 2002. Pengantar Ilmu Komunikasi, PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta
Craib Ian, 1992. Teori-Teori Sosial Modern Dari Parsons Sampai Habermas. Jakarta : CV. Rajawali.
Effendy Onong Uchjana. 2003. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Ghazali Adeng Muchtar,2004. Agama dan Keberagaman Dalam Kontek Perbandingan Agama, Bandung : Pustaka Setia.
Gunawan I Gede, 2017. “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pendidikan Agama Hindu”. Jurnal Bawi Ayah; Jurnal Pendidikan Agama Hindu Vol. 8, hal 1-25 https:ejournal.stahlampung.ac.id
Haberman, A.M & Miles, M.B. 1984. Qualitative Data Analysis. Beverly Hills: SAGE Publications, Inc.
Haryanto, 2015. “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Komunikasi Komunitas Pustakawan Homogen Dalam Rangka Pemanfaatan Bersama Koleksi Antar Perguruan Tinggi”. Journal of library and information science.
Hasan M. Iqbal.2002. Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian Dan Aplikasinya. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Holmes David, 2012. Teori Komunikasi Media, Teknologi, Dan Masyarakat. Pustaka Belajar, Jakarta.
Karjaluoto, E. 2008. A Prime in Social Media: Examing The Phenomenon,its Relevance, Promise and Risk. Diakses pada 20 Mei 2022 dari http://www.smashlab.com/media/white-papers/a-primer-insocial-media.
Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 164, Tahun 1996 Tentang Penyuluh Agama.
Keramas Prof.Dr. Dewa Made Tantera, 2008. Metoda Penelitian Kwalitatif. Denpasar : Penerbit Paramita.
Kusnawan, Aep. 2011 Urgensi Penyuluh Agama. Jurnal Dakwah 5 (17), hal 90-271 https://journal.uinsgd.ac.id.
Kuswarno Engkus. 2009. Metodologi Penelitian Komunikasi, Fenomenalogi: Konsepsi, Pedoman dan Contoh Penelitiannya, Bandung. Widya Padjadjaran.
Kuswarno, Engkus. 2009. Fenomenalogi. Bandung. Widya Padjajaran
M.A, Effendy Prof. Onong Uchjana, 2003. Ilmu, Teori Dan Filsafat Komunikasi. Bandung : PT. Citra Aditya Bakti .
Moleong, Lexy J. 2017. Metodelogi Penelitian Kualitatif, 36th ed. Bandung; Remaja Rosadaya.
Mubarok, Achmad. 2000. Al Irsyad An Nafsy Konseling Agama Teori dan Kasus, Jakarta. PT Bina Rosa Rena Prawira.
Mubarok Jaih. 2004. Sejarah Peradaban Islam. Bandung; Pustaka Bani Quraisy
Mulyadi Mohammad, Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Yogyakarta, Nadi Pustaka, 2011.
Mulyana,Deddy. 2016. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya
Muslim, 2016. Varian-varian Paradigma,Pendekatan Metode Dalam Penelitian Ilmu Komunikasi. Wahana 1 (10).
Nasrullah Rulli, 2014. Teori Dan Riset Media Siber (Cybermedia). Kencana Prenamedia Group, Jakarta.

Nugroho, Wahyu Budi, 2013. Orang lain adalah Neraka! (Sosiologi Eksistensialisme Jean Paul Sartre). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Piliang WG, Djojosoebagio Al Haj S. 2006. Fisiologi Nutrisi Volume 2. Bogor:IPB Press.
Pudja G, 1981, Bhagawad Gita (Pancama Weda), Maya Sari, Jakarta.
Program Pascasarjana Universitas Hindu Indonesia, 2010, Pedoman Penulisan Usulan Penelitian Tesis dan Desertasi, Prov. Bali.
Program Pascasarjana Institut Hindu Dharma Negeri, 2010, Buku Pedoman Penulisan Usulan Penelitian, Tesis Dan Desertasi, Denpasar.
Rahmawati Farida et. AL, 2015. Detik-Detik Ujian Nasional Sosialogi Untuk SMA/Ma program IPS. Jawa Tengah. PT. Intan Pariwara
Ratmini, Triyana (2020). “Jurnal Agama Dan Budaya”. Jurnal Purwadita Vol. 4, hal. 83-90.
Sandika I Ketut. 2011. Pratima Bukan Berhala: Pemujaan Tuhan Melalui Simbol-Simbol Suci Hindu. Paramita
Santiawan I Nyoman, 2020. “Kinerja Penyuluh Agama Hindu Non PNS Ditinjau Dari Fungsi Penyuluh Di Masa Pandemi Covid-19”. Jurnal Widya Aksara; Jurnal Agama Hindu Vol. 25, hal 57-70.
Shadily Hasan, 1992. Ensiklopedia Indonesia Edisi Khusus. PT. Ichtisarbaru, Jakarta.
Siregar E, H. Nara. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia
Soedjadi R. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Dep. Pendidikan Matematika.
Soekanto, Soerjono. 2000. Sosiologi Suatu Pengantar, Jakarta. PT. Raja Grafindo.
Suhardi Untung. 2018. “ Strategi Komunikasi Penyuluh Agama Hindu (Studi Pembinaan Umat Hindu di DKI Jakarta). Jurnal Dharmasmrti Vol. 18”, hal. 44-68.
Suhardi Untung. 2022. “ Dinamika Penyuluh Agama Hindu Di DKI Jakarta” Disertasi (tidak diterbitkan). Denpasar : Universitas Hindu Indonesia.
Sugiarto R Drs. 1982. Atharwa Weda (Weda Sruti). Proyek Pengadaan Kitab Suci Hindu Departemen Agama RI.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung, Alfabeta,2012.
Sugiyono Dendi, 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa, PT. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.
Suhardi Untung, 2022. Dinamika Penyuluh Agama Hindu Di DKI Jakarta, Disertasi (Tidak diterbitkan). Denpasar : Universitas Hindu Indonesia.
Suprapto, Tommy. 2011. Pengantar Ilmu Komunikasi dan Peran Manajemen dalam Komunikasi. Bandung; PT. Sarana Tutorial Nurani
SutaWirawan I Gusti Made Arya, 2015.” Shadaranikaran Sebagai Model Komunikasi Hindu”. Jurnal Stah DNJ October 21,2015.
Tamburaka, Apriadi. (2013). Literasi Media : Cerdas Bermedia Khayalak Media Massa, Jakarta: Rajawali Pres.
Thompson John B. 2007. Analisis Ideology;Kritik Wacana Ideology-ideologi Dunia, terj. Haqqul Yaqkin. Yogyakarta. IRCISOD.
Thompson John B.2006. Kritik Ideologi Global: Teori Social Kritis tentang Relasi Ideologi dan Komunikasi Massa, ter. Haqqul Yaqkin Yogyakarta. IRCISOD
Tim Penyusun, 2015. Petunjuk Teknis Pengangkatan Dan Pemberhentian Penyuluh Agama Hindu Non PNS.I. Jakarta; Ditjen Bimas Hindu Kemenag RI.
Tim Penyusun, 2005. Kamus Istilah Agama Hindu. Denpasar; Kanwil Departemen Agama Provinsi Bali.
Triguna IBG, 2009. Pedoman Juru Penerang Dan Penyuluh Agama Hindu.Jakarta
Triyana, I Gusti Ngurah dan Ni Ketut Sri Ratmini.2020. “Pemanfaatan Media SosialUntuk Penyuluhan Agama Hindu”. Jurnal Purwadita: Jurnal Agama Dan Budaya 4 (1):83-90
Warta Ekonomi. Apa itu Pandemi?https//www.wartaekonomi.co.id/16 Maret 2020/ (Diakses pada tanggal 28 Januari 2023 pukul 07.5 Wita).
Watie Errika Dwi Setya, Komunikasi dan Media Sosial. (Communications and Social Media), Jurnal The Messenger, 2011. Vol 3 No. 1, hal 69-75. https://core.ac.uk
Williams dan Sawyer.2003. Using Information Technology; A Pratical Introduction to Computers and Communication. London : CareerEducation.
Wiranto. 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta; Grasindo.
Wirawan I Gusti Bagus. 2014. “ Transformasi Ajaran Agama Hindu Melalui Dharmawacana Di Media Bali TV Denpasar ”. Disertasi (Tidak diterbitkan). Denpasar : Universitas Hindu Indonesia.
Published
2024-04-20
How to Cite
[1]
I. A. K. Surya Wahyuni and I. G. A. Laksmi Dewi, “PENGGUNAAN RADIO ONLINE DAN STREAMYARD DALAM PENYULUHAN AGAMA HINDU DI KABUPATEN BANGLI”, vw, vol. 7, no. 1, pp. 1-22, Apr. 2024.