KEMUNCULAN MUSIK METAL DAN KOMUNITAS METAL DI KOTA DENPASAR, BALI

  • Pandu Sukma Demokrat Program Studi Magister Seni, Pascasarjana Institut Seni Indonesia Denpasar
Keywords: musik metal, komunitas, Denpasar

Abstract

Perkembangan signifikan musik metal di Indonesia ditandai pasca hadirnya grup musik metal internasional untuk konser di Indonesia yaitu Metallica dan Sepultura. Dekade 1990-an merupakan penanda mulai terjangkitnya anak muda Indonesia akan musik metal. Terutama di kota-kota besar. Virus musik metal menyebar hingga ke Kota Denpasar, Bali yang benar-benar dirasakan mulai tahun 1990. Kala itu terdapat program radio yang memutar musik khusus metal yang intens setiap hari yang memengaruhi anak-anak muda hingga menjadi pecinta musik metal. Dari situ mulai muncul komunitas-komunitas musik metal di Kota Denpasar, Bali hingga muncul grup-grup musik metal yang beragam. Wawancara untuk kebutuhan penelitian kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Ditambah observasi di beberapa tempat berlangsungnya konser yang dihadiri pelaku-pelaku skena metal terdahulu. Hasil penelitian menunjukkan beragam grup musik dengan ciri khas masing-masing muncul dan saling membawa energi segar untuk keberlangsungan musik metal di Kota Denpasar, Bali.

References

Dethu, Rudolf. Blantika | Linimasa: Kaleidoskop Musik Non-Trad Bali Sejak Lahir, Besar, Berkembang, Hidup, Pingsan, Hidup Lagi, dan Menolak Mati. 2011. Denpasar: Matamera Book
Durkheim, Emile. 1973. Morality and Society. Chicago and London: The University of Chicago Press.
Sembiring, Irfan. Behind the 8th Ball: Ground Zero Metal Indonesia. 2021. Bandung: Elevation Books
Susilo, Taufik Adi. 2009. Kultur Underground: Yang Pekak dan Berteriak di Bawah Tanah. Jakarta: Garasi

Sumber Film:
Dunn, Sam, & McFadyen, Scot. Global Metal. 2007. USA: Banger Film
Dunn, Sam, & McFadyen, Scot. Metal: A Headbanger’s Journey. 2005. Canada: Banger Film
Published
2024-04-20
How to Cite
[1]
P. Sukma Demokrat, “KEMUNCULAN MUSIK METAL DAN KOMUNITAS METAL DI KOTA DENPASAR, BALI”, vw, vol. 7, no. 1, pp. 23-33, Apr. 2024.