DAUR ULANG SAMPAH PLASTIK MENJADI KARYA SENI DI DESA SUSUT, BANGLI

  • I Wayan Arissusila Universitas Hindu Indonesia, Denpasar
  • I Gede Satria Budhi Utama Universitas Hindu Indonesia, Denpasar
  • I Nyoman Sulaksana Universitas Hindu Indonesia
Keywords: daur ulang sampah plastik dan karya seni

Abstract

Masyarakat Desa Susut, Kabupaten Bangli menggantungkan hidupnya dari sektor peternakan, pertanian dan lainnya. Dengan meningkatnya perekonomian masyarakat Desa Susut, saat itu juga pemakaian plastik ikut meningkat. Pemakaian plastik belum dapat tergantikan sepenuhnya, karena plastik banyak keunggulan di mata masyarakat. Perlu kita ketahui bahwa plastik membutuhkan waktu puluhan bahkan ratusan tahun untuk hancur. Oleh karena itu penggunaan plastik secara terus menerus mengakibatkan pencemaran lingkungan dan berdampak buruk terhadap kesehatan. Dengan banyaknya masalah yang ditimbulkan oleh limbah plastik, tentu diperlukan langkah-langkah untuk menyelamatkan lingkungan hidup misalnya pengurangan menggunakan pemakaian plastik, adanya daur ulang sampah plastik menjadi karya seni. Artikel ini berupaya membahas upaya daur ulang sampah plastik menjadi karya seni di Desa Susut Bangli. Penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, kepustakaan dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan metode kualitatif melalui langkah-langkah reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil studi ini sebagai berikut: pengolahan daur ulang sampah plastik diawali dari ide kreatif, eksperimen, adanya bahan plastik, alat dan proses kerja. Karya yang dihasilkan yaitu karya fungsional dan murni seperti dompet, wayang dan lukisan.

References

Astriani, Linda. Taufik Yudi Mulyanto. Munifah Bahfen. Destyan Dityaningsih. 2020. Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Melalui Produk Kreatif Dari Pengolahan Sampah Plastik. http://jurnal.uj.ac.id., di akses tanggal 13 Mei 2023.

Effendi, R., Salsabila, H., & Malik, A. 2018. Pemahaman Tentang Lingkungan Berkelanjutan. Modul. https://media.neliti.com., di akses tanggal 18 Maret 2023.

Fajri, Em Zul dan Ratu Aprilia Senja. tt. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Difa Publisher.

Kurniati, Monika Devi. 2018. Analisis Wayang Kekayonan Khalifah Yogyakarta. http://eprints.uny.ac.id., di akses tanggal 5 Maret 2023.
Putra, Hijrah Purnama & Yebi Yuriandala. 2010. Stadi Pemanfaatan Sampah Plastik Menjadi Produk dan Jasa Kreatif. https://media.neliti.com., di akses tanggal 7 Mei 2023.

Profil Desa Susut. 2013. Profil Desa Susut Kecamatan Susut Bangli. https://www.susut.desa.id., di akses tanggal 1 Maret 2023

Ratna, Nyoman Kutha. 2010. Metodologi Penelitian Kajian Budaya Dan Ilmu Sosial Humaniora Pada Umumnya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Yudabhakti, I Made dan I Wayan Watra. 2007. Filsafat Seni Sakral dalam Kebudayaan Bali. Surabaya: Paramita.
Published
2024-04-20
How to Cite
[1]
I. W. Arissusila, I. G. S. Budhi Utama, and I. N. Sulaksana, “DAUR ULANG SAMPAH PLASTIK MENJADI KARYA SENI DI DESA SUSUT, BANGLI”, vw, vol. 7, no. 1, pp. 140-152, Apr. 2024.