Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

Author Guidelines

Submission
The submitted manuscript should be addressed to Editor-in-chief of the Widya Manajemen. Manuscript must be submitted through online submission by registered users. You can easily register in the journal system. For further question contact us at: widya.manajemen@unhi.ac.id
---------------------------------------------
Naskah yang dikirimkan harus ditujukan kepada Pemimpin Redaksi Widya Manajemen. Naskah harus diserahkan melalui pengajuan online oleh pengguna terdaftar. Anda dapat dengan mudah mendaftar di sistem jurnal. Untuk pertanyaan lebih lanjut, hubungi kami di: widya.manajemen@unhi.ac.id

General Principles
As a basic requirement, all articles submitted to the Widya Manajemen must be original work, which has never been published previously and is submitted exclusively to the Widya Manajemen. The Editorial Board reserves the right to edit all articles in aspects of style, format, and clarity. Authors may be required to revise their manuscripts for reasons of any aspect. Manuscripts with excessive errors in any aspect may be returned to authors for retyping or may be rejected. All manuscripts will be subjected to peer and editorial review. Templates are available Here 
---------------------------------------------
Sebagai persyaratan dasar, semua artikel yang dikirim ke Widya Manajemen harus merupakan karya asli, yang belum pernah dipublikasikan sebelumnya dan diserahkan secara eksklusif ke Widya Manajemen. Dewan Editorial berhak untuk mengedit semua artikel dalam aspek gaya, format, dan kejelasan. Penulis dapat diminta untuk merevisi naskah mereka dengan alasan dari segala aspek. Naskah dengan kesalahan berlebihan dalam aspek apa pun dapat dikembalikan ke penulis untuk diketik ulang atau dapat ditolak. Semua naskah akan dikenai tinjauan sejawat dan editorial. Template tersedia di sini

Structure and Language
Articles will be published in Bahasa, following Indonesian spelling. Articles in Bahasa that are linguistically inadequate may be rejected. The format of article writing must be in accordance with the writing template that can be downloaded here.
---------------------------------------------
Artikel akan diterbitkan dalam Bahasa, mengikuti ejaan bahasa Indonesia. Artikel dalam Bahasa yang secara bahasa tidak memadai dapat ditolak. Format penulisan artikel harus sesuai dengan template penulisan yang dapat diunduh di sini.

 Format

  1. Sistematika penulisan sekurang-kurangnya mencakup Pendahuluan, Telaah Literatur dan Pengembangan Hipotesis (untuk penelitian kualitatif hanya telaah literatur), Metode Penelitian, Hasil dan Analisis, Simpulan, dan Daftar Pustaka. Terima Kasih/Penghargaan (apabila ada) diletakkan setelah Simpulan dan sebelum Daftar Pustaka.
  2. Artikel diketik dengan huruf ukuran 12 point dengan jarak baris dua pada kertas A4, kecuali untuk kutipan langsung yang diketik dengan jarak baris satu dan dengan indented style.
  3. Batas atas dan sisi kiri 3cm, batas bawah dan sisi kanan 2.5cm
  4. Artikel ditulis seefisien mungkin sesuai dengan kebutuhan, dengan panjang artikel berkisar 15-20 halaman. Jumlah halaman tersebut sudah termasuk referensi dan lampiran (jika ada).
  5. Semua halaman, termasuk referensi dan lampiran harus diberi nomor urut halaman.

 Sistematika Penulisan Artikel

  1. Judul: ditulis dengan singkat dan padat, maksimum 12 kata, mengandung kata kunci, dan harus mencerminkan substansi permasalahan yang diuraikan pada batang tubuh artikel.
  2. Nama penulis: ditulis di bawah judul, tanpa gelar. Penulis dapat individu atau tim dan semua penulis dicantumkan disertai dengan alamat email korespondensi salah satu peneliti.
  3. Abstrak : Abstrak terdiri dari 100-200 kata dalam bahasa Inggris dengan jarak baris satu spasi. Abstrak memberikan ringkasan atas tujuan artikel, metode, dan simpulan artikel. Abstrak diikuti dengan kata kunci (keywords) terdiri dari 3-5 kata untuk memudahkan penyusunan indeks artikel.
  4. Pendahuluan (15 – 20%) : Bagian ini berisi tentang latar belakang penelitian, tujuan penelitian, rangkuman kajian teoritik, hipotesis yang disusun dengan naratif, dan kontribusi penelitian.
  5. Metode Penelitian (15 – 20%) : Bagian ini memuat rancangan penelitian atau desain penelitian, sasaran dan target penelitian (populasi dan sampel), teknik pengumpulan data, model/kerangka penelitian, dan teknik analisis.
  6. Hasil Penelitian dan Pembahasan (65 – 80%) :Bagian ini memuat hasil analisis data, pengujian hipotesis, menjawab pertanyaan-pertanyaan penelitian, temuan-temuan dan menginterpretasikan temuan-temuan.
  7. Simpulan (5 – 10%) : Menyajikan kesimpulan penelitian, implikasi penelitian, keterbatasan penelitian, dan saran untuk penelitian selanjutnya.
  8. Daftar Pustaka : Memuat sumber-sumber yang diacu di dalam penulisan artikel. Daftar Pustaka dan Rujukan: minimal menggunakan 10 referensi dari sumber primer (jurnal atau proceedings) dan ditulis menggunakan Harvard Style atau APA style. Penulis diwajibkan untuk menggunakan reference manager yaitu Mendeley.
  9. Pengacuan dan Pengutipan dilakukan sesuai dengan Harvard Citation Style yaitu penulisan referensi dalam kurung (author-date parenthetical referencing) yang berisi nama penulis atau institusi dan tahun artikel. Pengacuan terhadap terhadap artikel ilmiah tidak disertai nomor halaman, sedangkan terhadap buku teks disertai nomor halaman. Diharapkan tidak melakukan pengacuan bertingkat seperti: Jackson (2010) dalam Putri (2012) dalam Hariyadi (2014). Kutipan diawali dan diakhiri dengan tanda petik (“) dituliskan secara terpisah, 1 spasi dan indent kiri kanan 0,5 cm. Dianjurkan mengutip dengan farafrase, sehingga tidak perlu menggunakan tanda kutip.

Contoh pengacuan terhadap buku teks:

  1. Satu sumber kutipan dengan satu penulis (Bertrand, 2009: 500).
  2. Satu sumber kutipan dengan dua penulis (Frucot & Shearon, 2011: 25).
  3. Satu sumber dengan lebih dari dua penulis (Ariyani dkk., 2010: 12) atau (Hotstede et al., 1990: 42).
  4. Dua sumber kutipan dengan penulis yang berbeda (Ana, 2011:16; Agung, 2002:21).
  5. Dua sumber kutipan dengan penulis yang sama, tahun yang berbeda (Agung, 2012: 23, 2013:19), dan jika tahun publikasi sama (Agung, 2012a: 15, 2012b:26).
  6. Sumber kutipan yang berasal dari asosiasi atau institusi sebaiknya menyebutkan akronim asosiasi atau institusi yang bersangkutan, misalnya (IAI, 2011:10).

 Tabel dan Gambar (Grafik)

  1. Tabel dan gambar disajikan seefisien mungkin (hanya yang menyajikan hasil) dan dimasukkan ke dalam naskah. Tabel dan gambar yang disajikan dalam lampiran adalah yang menunjukkan proses pengolahan data.
  2. Tabel dan gambar harus diberi judul, nomor dan sumber yang jelas dan dirujuk secara jelas. Judul tabel diketik rata kiri, diletakkan di atas tabel. Judul gambar diketik rata tengah (center) dan diletakkan di bawah gambar. Judul tabel atau gambar dicetak tebal (bold). Sumber diletakkan di bawah gambar (judul gambar) atau tabel dan diketik dari margin kiri. Format tabel hanya menggunakan garis horisontal pada pembuka dan penutup judul field table dan menutup tabel. Pada bagian isi tabel tidak diperlukan garis pemisahan.

Privacy Statement

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.

-------------------------------------------------------

Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal ini akan digunakan secara eksklusif untuk tujuan jurnal ini dan tidak akan tersedia untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.