Pengaruh Promosi Dan Brand Ambasador Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Pada PT. Sepatu Bata Tbk. Cabang Karawang

  • Florentina Stefhani Nainggolan Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Asep Maulana Novianto Universitas Singaperbangsa Karawang
Keywords: Trust, Consumer Satisfaction, Customer Loyalty

Abstract

In the current era and the increasing market demand in the fashion industry, the world is currently increasingly aggressively developing clothing models that are in line with current developments. The purpose of this study was to determine the effect of promotion and brand ambassadors on purchasing decisions at PT. Shoes Bata Tbk. Karawang Branch. The sample in this study is as many as 100 respondents from customers Shoes Bata Karawang Branch. This research uses the descriptive verification method. The sampling technique used in this study was disproportionate stratified random in determining the number of samples using the Slovin formula with an error rate of 10%. The type of data used in this study is to use secondary and primary data. The data analysis technique used is simple linear regression. The results of this study indicate that promotions and brand ambassadors influence purchasing decisions.

Author Biography

Asep Maulana Novianto, Universitas Singaperbangsa Karawang

Dosen S1 Manajemen Universitas Sinbgaperbangsa Karawang

References

Arianty, N. (2013). Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pelanggan Menggunakan Kartu Mentari Pada PT. Indosat Tbk. Medan. Medan. Ekonomikawan : Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Studi Pembangunan, 13(1), 110–115.

Astuti, R., Ardila, I., & Lubis, R. R. (2019). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merek Converse. Akmami: Akuntansi, Manajemen, Ekonomi, 2(2), 204–219.

Djatmiko, T. and Pradana, R. (2016). Brand Image and Product Price Its Impact For Samsung Smartphone Purchasing Decision. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 209, 221–227.

Doddy sigar, Djuwarty Soepeno, J. T. (2021). Pengaruh Brand Ambassador, Viral Marketing Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Nike Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Unstrat. Jurnal EMBA, 9(4), 841–850.

Febriani, R., & Khairusy, M. A. (2020). Analisis Pengaruh Celebrity Endorser/Brand Ambasador, Harga Dan Desain Produk Yang Dimediasi Oleh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Di Online Shop Shopee. Progress: Jurnal Pendidikan, Akuntansi Dan Keuangan, 3(1), 91–109. https://doi.org/10.47080/progress.v3i1.782

Fernando,S. Simbolon, R. (2022). Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Unilever (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Advent Indonesia). EKONOMI|jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 15(10), 2003–2005.

Gita,D., & Setyorini, R. (2016). Pengaruh Brand Ambasador Terhadap Brand Image Pada Perusahaan Online Zalora. EProceedifngs of Management.

Hapsari, A. D., & Iqbal, M. (2018). Analisis Segmentasi Pasar Fashion Wanita Berdasarkan Motif Pembelian dan Shopping Lifestyle. In Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) (Vol. 64, Issue 2).

Kusumaputri, M. F. (2017). Perancangan Motif Untuk Busana Casual Ready To Wear Anak Perempuan Usia Penunjang Aktivitas Social Media Sharing Urban Mama. 4(3), 1126–1140.

Magdalena, P. A. (2015). Pengaruh Brand Ambassador Terhadap International Brand Image Serta Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada pengguna smartphone Samsung). 23(1), 1–7.

Mudzakir, F. (2018). The Influence Of Brand Ambassador Usage Toward Brand Image Of Oppo. Industrial Reseqrch Workshop and National Seminar, 648–655.

Probosini,D,A., Hidayat,N., Yusuf, M. (2021). Pengaruh Promosi dan Brand Ambassador terhadap Keputusan Pembelian Pengguna Market Place X dengan Brand Image sebagai Variabel Intervening. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan, 2(1), 1–5. http://books.google.com.co/books?id=iaL3AAAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=intitle:Market+research+in+Practice+inauthor:hague&hl=&cd=1&source=gbs_api%0Apapers3://publication/uuid/4EEA28E9-41A0-4677-9426-7B552915D62F%0Ahttps://doi.org/10.1080/23311886.2019.16

Sigar, D., & Tampenawas, D. S. J. (2021). Pengaruh Brand Ambassador, Viral Marketing Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Nike Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Unsrat. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(4), 841–850.

Yudhistira, V., & Patrikha, F. D. (2021). Pengaruh Promosi Penjualan Dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Variabel Kepercayaan Sebagai Mediator (Studi Pada Produk Fashion Online Di Surabaya). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (Jptn), 9(2), 1237–1243.

Yusiana,R., & Maulidia, R. (2015). Pengaruh Gita Gutawa sebagai brand ambassador pond’s dalam memepengaruhi keputusan pembelian (studi kasus pada mahasiswi univeristas telkom jurusan D3 Manajemen Pemasaran). Ecodemica, 3(1), 311–316.

Published
2022-08-01
How to Cite
Nainggolan, F., & Novianto, A. (2022). Pengaruh Promosi Dan Brand Ambasador Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Pada PT. Sepatu Bata Tbk. Cabang Karawang. Widya Manajemen, 4(2), 127-139. https://doi.org/10.32795/widyamanajemen.v4i2.2629