Analisis Inovasi Produk dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran Pada Produk Rabbani Store di Surabaya
Abstract
Rabbani is one of the Indonesian Muslim fashion brands that is a pioneer in hijab and Muslim clothing in Indonesia.The number of brands that have sprung up, making competition in the fashion world even tighter. Therefore, different strategies are needed to achieve a competitive advantage. Many factors determine competitive advantage, one of which is product innovation. This research focuses on the study of product uniqueness and product innovation in detail explained through separate indicators focused on Rabbani Store Products. This research seeks to answer whether companies with unique fashion products and product innovations can have a positive influence on marketing performance through competitive advantage. Data analysis was carried out using the component-based SEM method using PLS (Partial Least Square) as an analytical tool in this study. The results of the research that have stated, product innovation can contribute to Marketing Performance, the more Product Innovation increases, Marketing Performance also increases. Likewise, competitive advantage can contribute to Marketing Performance, the more competitive advantage increases, the more Marketing Performance also increases.
References
Alma, Buchari. 2015. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Penerbit Alabeta.
Bharadwaj, Sundar G, P.R.Varadarajan, &Fahly, Jihn. (1993). “SustainableCompetitiveAdvantage in Service Industries: A Conceptual Model andResearchPropositions“. JournalofMarketing. Vol.57.
Bagas Prakosa. 2015. Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi Dan Orientasi Pembelajaran Terhadap Kinerja Perusahaan Untuk Mencapai Keunggulan Bersaing (Studi Empiris Pada Industri Manufaktur Di Semarang). Jurnal Studi Manajemen Dan Organisasi Vol.2 No. 1 Januari 2015.
Bagas Putu. 2006. Pengaruh Kreativitas dan Peranan Sistem Informasi terhadap Inovasi, Kinerja, Pemasaran, Dan Keunggulan Bersaing Berkelanjutan Perusahaan Farmasi di Provinsi Jawa Timur. Disertasi.
Buchari, A., 2014. Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Alfabeta, Bandung.
Curatman, Aang, dkk. 2016. Analisis Faktor-faktor Pengaruh Inovasi Produk yang Berdampak pada Keunggulan Bersaing UKM Makanan dan Minuman di Wilayah Harjamukti Kota Cirebon. Jurnal Logika, Vol XVIII, No 3. Universitas Swadaya GunungJati.
Cori, Catarina. 2015. Pengaruh Kompetensi Individu, Orientasi Kewirausahaan, Dan Pesaing Dalam Mencapai Keunggulan Bersaing Melalui Kualitas Produk Studi pada UKM Furnitur di Kota Semarang. Jurnal Manajemen Vol.10 No.1
David W Cravens, 2009, Pemasaran Strategis, Alih Bahasa oleh Lina Salim, Jakarta: Erlangga.
Dismawan, Rangga. 2013. Pengaruh Kreativitas Dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Produk Kue Sus. Jurusan manajemn Ekonomi Universitas Komputer Indonesia.
Husain Umar. 2016. Metode Penelitian dan Aplikasi dalam Pemasaran, Jakarta: Erlangga
Kotler, Philip., dan Gary Armstrong., 2014, Dasar-Dasar Pemasaran, Edisi kesembilan, Jilid 1, dialih bahasakan oleh Alexander Sindoro, Jakarta: Indeks.
_________ dan Gary Armstrong., 2015. Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan Dan Pengendalian, Jilid Dua, Erlangga, Jakarta.
_________ dan Gary Armstrong., 2012, Dasar-Dasar Pemasaran, Edisi kesembilan, Jilid 2, dialih bahasakan oleh Alexander Sindoro, Jakarta: Indeks
Lovelock, Christopher dan Lauren Wright, 2007, Manajemen Pemasaran jasa, 2nd edition,Indeks
Mansur, Muhammad. 2013. Pengaruh Desain Dan Kualitas Produk Terhadap Keunggulan Bersaing (Studi Kasus Pada Umkm Kerajinan Keramik Dinoyo Malang). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen.
Mulyadi, Welly, dkk. 2016. Pengaruh Inovasi, Kreativitas, Dan Kepuasan Konsumen terhadap keunggulan kompetitif. Prosiding Seminar Nasionaldan teknologi Informasi.
Nasution, M. N., 2015.Manajemen mutu terpadu (total qualitymanagement).Ghalia Indonesia, Bogor.
Reproduction Policy
Every author submitting articles to Widya Manajemen must make a statement that the manuscript is free from plagiarism and is not being considered and published in other journals.
Articles that have been published are copyrighted by the Program Studi Manajemen FEBP UNHI. For educational purposes, the contents of the article may be duplicated or reproduced as long as the source of the article is mentioned. Written requests must be submitted to the editor to obtain permission to republish the contents of the article for purposes other than educational purposes.
-----------------------------------------------------------------------------------------------------
Kebijakan Reproduksi
Setiap penulis yang menyerahkan artikel ke Widya Manajemen harus membuat surat pernyataan bahwa naskahnya bebas dari plagiarisme dan tidak sedang dipertimbangkan dan dimuat dalam jurnal lain.
Artikel yang telah dipublikasi menjadi hak cipta Program Studi Manajemen FEBP UNHI. Untuk tujuan edukatif, isi dari artikel dapat digandakan atau direpublikasi selama menyebutkan sumber dari artikel tersebut. Permintaan tertulis harus diajukan kepada editor untuk memperoleh ijin merepublikasi isi dari artikel untuk tujuan lainnya selain tujuan edukatif.