Analisis Inovasi Produk dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran Pada Produk Rabbani Store di Surabaya

  • Nugraha Anggoro Safri Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Hery Pudjoprastyono Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
Keywords: analysis, innovation, product, excellence, competitive, marketing

Abstract

Rabbani is one of the Indonesian Muslim fashion brands that is a pioneer in hijab and Muslim clothing in Indonesia.The number of brands that have sprung up, making competition in the fashion world even tighter. Therefore, different strategies are needed to achieve a competitive advantage. Many factors determine competitive advantage, one of which is product innovation. This research focuses on the study of product uniqueness and product innovation in detail explained through separate indicators focused on Rabbani Store Products. This research seeks to answer whether companies with unique fashion products and product innovations can have a positive influence on marketing performance through competitive advantage. Data analysis was carried out using the component-based SEM method using PLS (Partial Least Square) as an analytical tool in this study. The results of the research that have stated, product innovation can contribute to Marketing Performance, the more Product Innovation increases, Marketing Performance also increases. Likewise, competitive advantage can contribute to Marketing Performance, the more competitive advantage increases, the more Marketing Performance also increases.

References

Alma, Buchari. 2015. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Penerbit Alabeta.

Bharadwaj, Sundar G, P.R.Varadarajan, &Fahly, Jihn. (1993). “SustainableCompetitiveAdvantage in Service Industries: A Conceptual Model andResearchPropositions“. JournalofMarketing. Vol.57.

Bagas Prakosa. 2015. Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi Dan Orientasi Pembelajaran Terhadap Kinerja Perusahaan Untuk Mencapai Keunggulan Bersaing (Studi Empiris Pada Industri Manufaktur Di Semarang). Jurnal Studi Manajemen Dan Organisasi Vol.2 No. 1 Januari 2015.

Bagas Putu. 2006. Pengaruh Kreativitas dan Peranan Sistem Informasi terhadap Inovasi, Kinerja, Pemasaran, Dan Keunggulan Bersaing Berkelanjutan Perusahaan Farmasi di Provinsi Jawa Timur. Disertasi.

Buchari, A., 2014. Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Alfabeta, Bandung.

Curatman, Aang, dkk. 2016. Analisis Faktor-faktor Pengaruh Inovasi Produk yang Berdampak pada Keunggulan Bersaing UKM Makanan dan Minuman di Wilayah Harjamukti Kota Cirebon. Jurnal Logika, Vol XVIII, No 3. Universitas Swadaya GunungJati.

Cori, Catarina. 2015. Pengaruh Kompetensi Individu, Orientasi Kewirausahaan, Dan Pesaing Dalam Mencapai Keunggulan Bersaing Melalui Kualitas Produk Studi pada UKM Furnitur di Kota Semarang. Jurnal Manajemen Vol.10 No.1

David W Cravens, 2009, Pemasaran Strategis, Alih Bahasa oleh Lina Salim, Jakarta: Erlangga.

Dismawan, Rangga. 2013. Pengaruh Kreativitas Dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Produk Kue Sus. Jurusan manajemn Ekonomi Universitas Komputer Indonesia.

Husain Umar. 2016. Metode Penelitian dan Aplikasi dalam Pemasaran, Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip., dan Gary Armstrong., 2014, Dasar-Dasar Pemasaran, Edisi kesembilan, Jilid 1, dialih bahasakan oleh Alexander Sindoro, Jakarta: Indeks.

_________ dan Gary Armstrong., 2015. Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan Dan Pengendalian, Jilid Dua, Erlangga, Jakarta.

_________ dan Gary Armstrong., 2012, Dasar-Dasar Pemasaran, Edisi kesembilan, Jilid 2, dialih bahasakan oleh Alexander Sindoro, Jakarta: Indeks

Lovelock, Christopher dan Lauren Wright, 2007, Manajemen Pemasaran jasa, 2nd edition,Indeks

Mansur, Muhammad. 2013. Pengaruh Desain Dan Kualitas Produk Terhadap Keunggulan Bersaing (Studi Kasus Pada Umkm Kerajinan Keramik Dinoyo Malang). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen.

Mulyadi, Welly, dkk. 2016. Pengaruh Inovasi, Kreativitas, Dan Kepuasan Konsumen terhadap keunggulan kompetitif. Prosiding Seminar Nasionaldan teknologi Informasi.

Nasution, M. N., 2015.Manajemen mutu terpadu (total qualitymanagement).Ghalia Indonesia, Bogor.

Published
2023-02-09
How to Cite
Safri, N., & Pudjoprastyono, H. (2023). Analisis Inovasi Produk dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran Pada Produk Rabbani Store di Surabaya. Widya Manajemen, 5(1), 32-42. https://doi.org/10.32795/widyamanajemen.v5i1.3073