Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen yang di Mediasi Oleh Minat Beli

  • Novia Ari Sandra FakultasBisnis dan Vokasi ITB Stikom Bali
  • Ni Wayan Deriani FakultasBisnis dan Vokasi ITB Stikom Bali
  • Ponisih Panjaitan Fakultas Bisnis dan Vokasi ITB Stikom Bali
Keywords: product quality, buying ineterest, purchase dicision, H&M

Abstract

Fashion retail that is growing rapidly today is Hennes & Mau itz (H & M). H&M's rating experienced two downgrades in 2019 and in 2020 experienced another three downgrades. It is therefore important for H&M to pay attention to the factors influencing purchasing decisions. The purpose of this study is to determine the effect of product quality on buying interest, then to determine the influence of product quality and buying interest on purchasing decisions, and to determine the influence of product quality on purchasing decisions mediated by buying interest in H&M Products in Bali. This research method uses quantitative methods.  The population in this study is consumers of H & M Products. The number of samples in this study is as many as 100 consumers of H & M Products. Data analysis techniques are path  analysis, t test, mediation influence test. The results of the analysis show: (1) There is a positive and significant influence of product quality on  buying interest; (2) There is a positive and significant influence of buying interest on purchasing decisions; (3) There is a positive and significant influence of product quality on purchasing decisions; (4) Purchase interest can mediate product quality against purchasing decisions. This means that if H&M is able to provide high product quality for consumers, then the quality of these products will be able to increase consumer buying interest and ultimately consumer purchasing decisions on H&M products will increase.

References

Adila, S. N., & Aziz, N. (2019). Pengaruh Strategi Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Yang Dimediasi Oleh Minat Beli Pada Konsumen Restoran Kfc Cabang Khatib Sulaiman Padang. Jurnal Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi “KBP,” 1–16.

Adirama, A. (2017). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus pada Konsumen Sepeda Motor Satria FU di Klaten). Naskah Publikasi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta, 8.5.2017, 2003–2005.

Aprisal, D. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Great Store Clothing samarinda). EJournal Ilmu Administrasi Bisnis, 5(3), 815–826.

Arifin, S. (2017). Pengaruh kualitas produk dan kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen dan minat beli pada ranch market. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 3(1), 1–22.

Arumsari, D. (2012). Analisis Pengaruh Kualitas produk Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Merek Aqua ( Studi pada Konsumen Toko Bhakti Mart KPRI Bhakti Praja Provinsi Jawa Tengah ). Institutional Repository (UNDIP-IR), 57. http://eprints.undip.ac.id/35569/1/JURNAL(edit).pdf

Fasha, A. F., Robi, M. R., & Windasari, S. (2022). Determinasi Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli: Brand Ambassador Dan Brand Image (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 30–42. https://dinastirev.org/JMPIS/article/view/840

Fauzan, A., & Rohman, A. (2019). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Sepeda Motor Kawasaki. Jurnal Ekobis: Ekonomi, Bisnis & Manajemen, 9(2), 104–113.

Hamka, H. (2014). Pengaruh harga dan kualitas terhadap keputusan pembelian ayam potong di pasar Gamalama. Agrikan: Jurnal Agribisnis Perikanan, 7(1), 18–24. https://doi.org/10.29239/j.agrikan.7.1.18-24

Muharam, W., & Soliha, E. (2017). Kualitas Produk, Citra Merek, Persepsi Harga Dan Keputusan Pembelian Konsumen Honda Mobilio. Ilmu Dan Riset Manajemen, 7(2014), 1–15.

Nadiya, F. H., & Wahyuningsih, S. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Fashion 3second Di Marketplace (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Fashion 3second Di Kota Semarang). Jurnal Prosiding Seminar Nasional Unimus, 3(1), 1–20.

Nafilah, K., Widarko, A., & Suharto, M. K. A. B. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Dan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Study Kasus Pada Mahasiswa Feb Universitas Islam Malang Yang Mengkonsumsi Mie Instan). Jurnal Riset Manajemen, 53(9), 1689–1699.

Othysalonika, O., Muhaimin, A. W., & Faizal, F. (2022). Pengaruh Social Media Marketing terhadap Minat dan Keputusan Pembelian Konsumen pada Usaha Makanan Sehat di Kota Malang. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 6(3), 1134. https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2022.006.03.32

Pratami, N. K. D., Triansari, N., & Atidira, R. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Scoopy Pada Pt. Mertha Buana Motor Singaraja. Prospek: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 31. https://doi.org/10.23887/pjmb.v2i1.26187

Rianto, M. R., Setyawati, N. W., Rohaeni, H., & Woelandari, D. S. (2022). Pengaruh Harga, Promosi dan Inovasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Provider Telkomsel Pada Generasi Milenial Muslim di Kota Bekasi. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(2), 2159–2166.

Sakinah, N., & Firmansyah, F. (2021). Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian dengan Purchase Intention Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 22(2), 192–202. https://doi.org/10.30596/jimb.v22i2.7100

Shabrina, S. A., & Budiatmo, A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Minat Beli Ulang Dengan Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening Pada Holland Bakery Pandanaran Semarang. Jurnal Administrasi Bisnis, 9(4), 475–482.

Sukmawati, D. A. R., Mathori, M., & Marzuki, A. (2022). Pengaruh Promosi, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Somethinc. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 2(2), 579–599. https://doi.org/10.32477/jrabi.v2i2.487

Wicaksono, B. R. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Layanan Internet Yang Dimediasi Oleh Minat Beli (Studi Kasus Pada Mahasiswa Pengguna Provider Tri Di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta). Naskah Publikasi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta, I(02), 390–392.

Windarti, T., & Ibrahim, M. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Produk Donat Madu (Studi Pada Konsumen CV. Donat Madu Cihanjuang±Pekanbaru) Oleh: Jurnal Jom FISIP, 4(2), 1–10. http://oreilly.com/catalog/errata.csp?isbn=9781449340377

Published
2023-08-08
How to Cite
Sandra, N., Deriani, N. W., & Panjaitan, P. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen yang di Mediasi Oleh Minat Beli. Widya Manajemen, 5(2), 147-158. https://doi.org/10.32795/widyamanajemen.v5i2.4172