Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan, Leverage, dan Tingkat Inflasi Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Sektor Energi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2020-2022
Abstract
One important metric for understanding how investors evaluate a company's performance is its corporate value. The purpose of conducting this research is to analyze and explore how independent variables such as company growth, leverage, and inflation rate can affect the dependent variable, which is corporate value. The methodology used in this study is associative research through a quantitative approach. Through the use of purposive sampling techniques, 40 samples were taken from 75 energy sector companies listed on the
IDX from 2020 to 2022, resulting in a total of 120 research data used. Furthermore, the data was analyzed by applying multiple linear regression analysis techniques. The findings of this study resulted in statements such as company growth having a significant positive impact on corporate value, while leverage had no significant effect. In addition, the inflation rate showed a significant negative impact on corporate value.
References
Agustini, N. W., & Wirawati, N. G. P. (2019). Pengaruh rasio keuangan pada financial distress
perusahaan ritel yang terdaftar di bursa efek indonesia (BEI). E-Jurnal Akuntansi, 26(1), 251–
Dewantari, N. L. S., Cipta, W., & Susila, G. P. A. J. (2019). Pengaruh ukuran perusahaan dan
leverage serta profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada perusahaan food and beverages di
BEI. Prospek: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 1(2), 74–83.
Dzakwan, N., Fariantin, E., & Setiawati, E. (2023). Pengaruh ROA, NPM, EPS, dan PBV
Terhadap Harga Saham Sektor Energi Yang Terdaftar Di BEI. GANEC SWARA, 17(1), 44–
Fajriah, A. L., Idris, A., & Nadhiroh, U. (2022). Pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Pertumbuhan
Perusahaan, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmiah Manajemen
Dan Bisnis, 7(1), 1–12.
Hendayana, Y., & Riyanti, N. (2019). Pengaruh inflasi, suku bunga, likuiditas, dan leverage
terhadap nilai perusahaan. Kinerja, 2(01), 36–48.
Husna, R., & Rahayu, Y. (2020). Pengaruh pertumbuhan perusahaan, kebijakan dividen, dan
profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi (JIRA), 9(1).
Lestari, E., Astuti, D., & Basir, M. (2020). The role of internal factors in determining the firm
value in Indonesia. Accounting, 6(5), 665–670.
Muharramah, R., & Hakim, M. Z. (2021). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Dan
Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. PROSIDING SEMINAR NASIONAL EKONOMI
DAN BISNIS, 569–576. https://doi.org/10.32528/psneb.v0i0.5210
Natasiya, A. Y., & Idayati, F. (2020). Pengaruh Struktur Modal dan Faktor Eksternal Terhadap
Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi (JIRA), 9(4).
Noviani, N. M., Yuliastuti, I. A. N., & Merawati, L. K. (2022). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas,
Leverage, Manajemen Aset, Dan Inflasi Terhadap Nilai Perusahaan Di BEI. KARMA (Karya
Riset Mahasiswa Akuntansi), 2(1), 2232–2240.
Nursalim, A. B., Van Rate, P., & Baramuli, D. N. (2021). Pengaruh Inflasi, Profitabilitas,
Solvabilitas Dan Ratio Aktivitas Terhadap Nilai Perusahaan Sektor Manufaktur Periode 2015-2018. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(4), 559–
Pujiati, A., & Hadiani, F. (2020). Analisis Pengaruh Profitabilitas, Kebijakan Dividen, Inflasi dan
Nilai Tukar terhadap Nilai Perusahaan. Journal of Applied Islamic Economics and Finance,
(1), 160–170. https://doi.org/10.35313/jaief.v1i1.2400
Qotimah, K., Kalangi, L., & Korompis, C. (2023). Pengaruh Analisa Fundamental Terhadap
Return Investasi Pada Saham Second Liner Di Sektor Energi Periode 2019-2022 Yang
Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis
Dan Akuntansi, 11(3), 12–26.
Ramdhonah, Z., Solikin, I., & Sari, M. (2019). Pengaruh Struktur Modal, Ukuran Perusahaan,
Pertumbuhan Perusahaan, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada
Perusahaan Sektor Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-
. Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 7(1), 67–82.
Rejeki, H. T., & Haryono, S. (2021). Pengaruh Leverage dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai
Perusahaan di Indonesia. Invoice: Jurnal Ilmu Akuntansi, 3(1), 1–9.
Rizkinanda, A. Y. (2019). Pengaruh Likuiditas, Manajemen Aset, Leverage, Profitabilitas, dan
Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal. Fakultas
Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya. Malang.
Saputri, C. K., & Giovanni, A. (2021). Pengaruh profitabilitas, pertumbuhan perusahaan dan
likuiditas terhadap nilai perusahaan. Competence: Journal of Management Studies, 15(1), 90–
Sartika, U. D., & Choiriyah, C. (2019). Pengaruh Inflasi, Suku Bunga, Nilai Tukar, Dan Produk
Domestik Bruto Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu Manajemen, 8(2), 75–89.
Sukirno, S. (2012). Makroekonomi Teori Pengantar (3rd ed.). PT Raja Grafindo Persada.
Ukhriyawati, C. F., & Dewi, R. D. (2019). Pengaruh Struktur Modal, Pertumbuhan Perusahaan
Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan LQ-45 Yang Terdaftar
Di Bursa Efek Indonesia. EQUILIBIRIA: Jurnal Fakultas Ekonomi, 6(1).
Vidi, Y. T., & Ramadhan, Y. (2023). Pengaruh Profitabilitas, Solvabilitas, dan Inflasi terhadap
Nilai Perusahaan. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 5(5), 2817–2832.
Reproduction Policy
Every author submitting articles to Widya Manajemen must make a statement that the manuscript is free from plagiarism and is not being considered and published in other journals.
Articles that have been published are copyrighted by the Program Studi Manajemen FEBP UNHI. For educational purposes, the contents of the article may be duplicated or reproduced as long as the source of the article is mentioned. Written requests must be submitted to the editor to obtain permission to republish the contents of the article for purposes other than educational purposes.
-----------------------------------------------------------------------------------------------------
Kebijakan Reproduksi
Setiap penulis yang menyerahkan artikel ke Widya Manajemen harus membuat surat pernyataan bahwa naskahnya bebas dari plagiarisme dan tidak sedang dipertimbangkan dan dimuat dalam jurnal lain.
Artikel yang telah dipublikasi menjadi hak cipta Program Studi Manajemen FEBP UNHI. Untuk tujuan edukatif, isi dari artikel dapat digandakan atau direpublikasi selama menyebutkan sumber dari artikel tersebut. Permintaan tertulis harus diajukan kepada editor untuk memperoleh ijin merepublikasi isi dari artikel untuk tujuan lainnya selain tujuan edukatif.