MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN CATUR PURUSA ARTHA SMP NEGERI 01 BELITANG III
Keywords:
Model pembelajaran, problem based learning, catur purusa artha
Abstract
Antisipasi terhadap perilaku amoral remaja dapat dilakukan dengan merefleksikan ajaran Agama Hindu. Salah satunya catur purusa artha yang merupakan salah satu materi pembelajaran kelas VIII yang aplikatif dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mewujudkan pembelajaran yang menyenangkan dan reflektif maka pendidik menerapkan model pembelajaran problem based learning yang menuntun siswa menjadi aktif, kritis, dan analitis. Teori Kognitif yang dikemukakan Piaget digunakan untuk membedah pembahasan dalam artikel ini. Model penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data berupa observasi, hasil wawancara, dan studi dokumen. Tujuan penyusunan artikel ini untuk mengetahui landasan, tahapan, serta implikasi pendekatan berbasis masalah dalam pembelajaran catur purusa artha di SMP Negeri 01 Belitang III.References
Amir. 2016. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning dalam laman https://www.google.co.id/books/edition/Inovasi_Pendidikan_Melalui_Problem_Based/qv-iDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=0 yang diunduh tanggal 12 Agustus 2024
Ardhianti.2021. Problem-based Learning: Apa dan Bagaimana dalam Jurnal DIFFRACTION: Journal for Physics Education Universitas Siliwangi
Asih. 2023. IMPLEMENTASI AJARAN CATUR PURUSA ARTHA DI ZAMAN KALI YUGA MELALUI SIARAN DI RADIO dalam Jurnal Swara Vidya Prodi Teologi Hindu STAHN Mpu Kuturan Singaraja Volume 3 Nomor 1 2023
Astutik, Fidiana.2023. Integrasi Model Problem Based Learning pada Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Dasar untuk Mewujudkan School Well-Being di Era Merdeka Belajar. Jawa Tengah: PT. Nasya Expanding Management
Kajeng,dkk. 1979. Sarasamuccaya. Surabaya:Paramitha
Nurhayati,dkk. 2024. Keterampilan 4C (Critical Thinking, Creativity, Communication and Collaboration)dalam Pembelajaran IPS untuk Menjawab Tantangan Abad 21 dalam Jurnal Basic Edu Volume 8Nomor 1Tahun 2024 Halaman44 -53 yang diunduh dalam laman https://jbasic.org/index.php/basicedu tanggal 20 Agustus 2024
Pohan. 2019. Filsafat Pendidikan : Teori Klasik hingga Post Moderenisme dan Problematikanya di Indonesia. Jakarta: Rajawali Press
Suparthi.2021. Pendidikan Agama Hindu SMP Kelas VIII. Jakarta: Kemendikbud
Sugiyono. 2020. Metode Penyusunan Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Syarifah.2022. Model Problem Based Learning dan Pembentukan Kelompok Sosial. Bekasi: Mikro Media Teknologi
Ardhianti.2021. Problem-based Learning: Apa dan Bagaimana dalam Jurnal DIFFRACTION: Journal for Physics Education Universitas Siliwangi
Asih. 2023. IMPLEMENTASI AJARAN CATUR PURUSA ARTHA DI ZAMAN KALI YUGA MELALUI SIARAN DI RADIO dalam Jurnal Swara Vidya Prodi Teologi Hindu STAHN Mpu Kuturan Singaraja Volume 3 Nomor 1 2023
Astutik, Fidiana.2023. Integrasi Model Problem Based Learning pada Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Dasar untuk Mewujudkan School Well-Being di Era Merdeka Belajar. Jawa Tengah: PT. Nasya Expanding Management
Kajeng,dkk. 1979. Sarasamuccaya. Surabaya:Paramitha
Nurhayati,dkk. 2024. Keterampilan 4C (Critical Thinking, Creativity, Communication and Collaboration)dalam Pembelajaran IPS untuk Menjawab Tantangan Abad 21 dalam Jurnal Basic Edu Volume 8Nomor 1Tahun 2024 Halaman44 -53 yang diunduh dalam laman https://jbasic.org/index.php/basicedu tanggal 20 Agustus 2024
Pohan. 2019. Filsafat Pendidikan : Teori Klasik hingga Post Moderenisme dan Problematikanya di Indonesia. Jakarta: Rajawali Press
Suparthi.2021. Pendidikan Agama Hindu SMP Kelas VIII. Jakarta: Kemendikbud
Sugiyono. 2020. Metode Penyusunan Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Syarifah.2022. Model Problem Based Learning dan Pembentukan Kelompok Sosial. Bekasi: Mikro Media Teknologi
Published
2024-10-30
How to Cite
[1]
Gede Ngurah Puspa Sudharma, “MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN CATUR PURUSA ARTHA SMP NEGERI 01 BELITANG III ”, vw, vol. 7, no. 2, pp. 111-126, Oct. 2024.
Section
Articles