Pengaruh Pelatihan M-Pise LPD Digital, Motivasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Di LPD Tegal Desa Darmasaba Badung Bali

  • Ni Made Suryati Fakultas Ekonomi, Bisnis dan Pariwisata Universitas Hindu Indonesia
  • I Gede Putu Kawiana Fakultas Ekonomi, Bisnis dan Pariwisata Universitas Hindu Indonesia
  • I Putu Putra Astawa Fakultas Ekonomi, Bisnis dan Pariwisata Universitas Hindu Indonesia
Keywords: M-Pise Training, Motivation, Service Quality, Loyalty

Abstract

Customer loyalty is a top priority for the company to survive amidst a tight barrier. The purpose of this study was to determine the effect of digital LPD m-pise training, motivation, and service quality on customer loyalty at LPD Tegal Desa Darmasaba Badung Bali partially and simultaneously. The population and respondents used in this study were 803 LPD Tegal customers with 89 respondents using the purposive sampling method. The data analysis technique used multiple linear regression analysis. Based on the analysis, it is found that M-Pise training has a positive and significant effect on customer loyalty, while motivation and service quality has a positive and insignificant effect on customer loyalty because the sig value is less than 0.05 and the t value is less than t table. The F test shows that the three independent variables jointly affect the customer loyalty variable. The suggestion in this research is for management to evaluate customer loyalty by looking at the M-Pise training factors, motivation, and service quality.

 

References

Alyani, N., & Djastuti, I. (2017). Pengaruh Pelatihan Dan Lingkungan Kerja Terhadap Loyalitas Karyawan Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pt Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasional 4 Semarang). Diponegoro Journal Of Management, 6(2)

Citra, L. M., & Fahmi, M. (2019). Pengaruh Kepemimpinan , Kepuasan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Loyalitas Karyawan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(2), 214–225.

Dewi, G. A. R. K., Yasa, N. N. K., & Sukaatmadja, I. P. G. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah Pt Bpr Hoki Di Kabupaten Tabanan. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 3(5), 257–275.

Habib, I., Hairul, S., & Dalimunthe, A. (2018). Pengaruh Pemberian Pelatihan Pengembangan Diri Terhadap Loyalitas Anggota Di Formasi Ar-Ruuh Uma. Jurnal Diversita, 4(2), 84–89.

Husni, Musnadi, S., & Faisal. (2018). Pengaruh Lingkungan Kerja, Kompensasi Dan Motivasi Terhadap Kepuasan Kerja Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Kerja Pegawai Rutan Di Provinsi Aceh (Studi Kasus Pada Rutan Klas Iib Banda Aceh Dan Rutan Klas Ii B Jantho. Jurnal Magister Manajemen, 2(1), 88–98.

Kitriawaty, D., Setiawati, E. P., & Sumantri, S. (2015). Pengaruh Kepemimpinan Dan Motivasi Terhadap Loyalitas Perawat Rumah Sakit Swasta Tipe B Di Kota Bandung Of Private Hospital Type B In Bandung City. Jurnal Sistem Kesehatan (Jks), 3(7), 1–7.

Kusyana, D. N. B., Purwaningrat, P. A., & Sunny, M. P. (2020). Peran Kualitas Layanan Dalam Menciptakan Loyalitas Mahasiswa. Widya Manajemen, 2(1), 10–27.

Mahayasa, I, G., & Martayanti, N, M,. (2020). Analysis Of The Influence Of Member's Commitment And Satisfaction On Loyalty Of Cooperative Members. Warmadewa Management and Business Journal, 2 (1), pp. 48-55

Normasari, S., Kumadji, S., & Kusumawati, A. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan, Citra Perusahaan Dan Loyalitas Pelanggan Survei Padatamu Pelanggan Yang Menginap Di Hotel Pelangi Malang. Jurnal Administrasi Bisnis (Jab), 6(2), 1–9.

Putri, Y. L., & Hardi, U. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Persepsi Pada Pelanggan Dian Comp Ambarawa). Among Makarti, 10(19), 70–90.

Risal, T. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada Bmt Kampoeng Syariah. Jurnal Manajemen Dan Bisnis (, 1(1), 1–8.

Rositam, J. A., Wibowo, S. B., & Wijaya, A. L. (2017). Pengaruh Pelatihan Kerja, Insentif Finansial Dan Insentif Non Finansial Terhadap Loyalitas Karyawan PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk. Cabang Madiun. The 9th Fipa: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi, 5(1), 577–587.

Sawitri, N, P., Yasa, N, N, K. & Jawas, A. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Tegal Sari Accommodation Di Ubud. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis, dan Kewirausahaan, 7(1), 40-47.

Simbolon, H. BR., & Kasmiruddin. (2015). Pengaruh Motivasi Terhadap Loyalitas Kerja Karyawan Bagian Marketing Pada PT. Agung Automall Cabang Pekanbaru. Jom FISIP, 6(2), 1-10

Suartina, I W., Mahayasa, I G. A., Ismayanthi, T. I. T., Wilyadewi, I. I. D. A. Y. (2019). Peningkatan Kualitas Layanan, Kinerja Karyawan Dan Kepuasan Konsumen Melalui Pelatihan Softskill (Program Pengabdian Kepada Masyarakat Pada BKS LPD Ubud). Jurnal Sewaka Bhakti, Volume 2, Nomor 1 April 2019, Hal. 8-20.

Wibowo, J., & Sutanto, E. M. (2013). Pengaruh Leader Member Exchange (Lmx), Motivasi Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Loyalitas Karyawan Departemen Penjualan CV. Pratama Jaya Di Madiun. Agora, 1(3), 1–9.

Yuliawati, Y. (2016). Pengaruh Motivasi Dan Sikap Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Studio Jonas Photo. Strategic : Jurnal Pendidikan Manajemen Bisnis, 11(20), 11–14.

Published
2021-04-17
How to Cite
Suryati, N. M., Kawiana, I. G. P., & Astawa, I. P. P. (2021). Pengaruh Pelatihan M-Pise LPD Digital, Motivasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Di LPD Tegal Desa Darmasaba Badung Bali. Widya Amrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Parwisata, 1(3), 769-777. https://doi.org/10.32795/widyaamrita.v1i3.1348