Pengaruh Desain Produk, Kualitas Pelayanan Dan Word of mouth Terhadap Keputusan Pembelian Kerajinan Perak Pada Yanyan Silver Di Gianyar

  • I Wayan Gede Saputra Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Bisnis dan Pariwisata Universitas Hindu Indonesia
  • Ni Luh Adisti Abiyoga Wulandari Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Bisnis dan Pariwisata Universitas Hindu Indonesia
Keywords: Product Design, Service Quality, Word Of Mouth, Purchase Decision

Abstract

The importance of customers to buy company products to survive in the midst of intense competition, requires companies to always provide the best. The purpose of this study was to determine the effect of product design, service quality and word of mouth on purchasing decisions for silver handicrafts at Yanyan Silver in Gianyar, both racially and simultaneously. The number of samples was 75 respondents using purposive sampling method. The data analysis technique used multiple linear regression analysis. Based on the results of the analysis, it was found that product design, service quality and word of mouth had a positive and significant effect on purchasing decisions for silver handicrafts at Yanyan Silver in Gianyar, both racially and simultaneously. The suggestion in this research is that companies implement strategies to improve purchasing decisions through product design factors, service quality and word of mouth.

References

A, I. K. K., & Kusumajaya, I. W. W. (2011). Analisis Tingkat Daya Saing Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Ekspor Kayu Olahan Indonesia Ke Negara Amerika Serikat. E-Jurnal Ep Unud, 2(6), 306–313.

Ariella, I. R. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Produk Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mazelnid. Performa: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 3(2), 2018.

Atmaja, J. (2018). Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Pada Bank Bjb Jaka. Jurnal Ecodemica, 2(1), 49–63.

Carrisa, A. Dwi, & Tiarawati, M. (2016). Pengaruh Desain Produk Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Sepeda Motor Yamaha Vega. Jurnal Ilmu Manajemen (Jim)1, 4(1), 117–127.

Fahrudin, M. F., & Yulianti, E. (2015). Pengaruh Promosi, Lokasi, Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Nasabah Bank Mandiri Surabaya Muhammad. Journal Of Business And Banking, 5(1), 149–162. Https://Doi.Org/10.14414/Jbb.V5i1.385

Joesyiana, K. (2018). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Media Online Shop Shopee Di Pekanbaru ( Survey Pada Mahasiswa Semester Vii Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau ). Jurnal Valuta, 4(1), 71–85.

Lestari, K. Julia, & Wirathi, I. G. A. P. (2016). Pengaruh Jumlah Produksi, Tenaga Kerja Dan Kurs Valuta Asing Terhadap Ekspor Perhiasan Perak Di Kabupaten Gianyar. E-Jurnal Ep Unud, 5(1), 47–68.

Manurung, G. (2018). Pengaruh Ekuitas Merek Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Oppo (Survei Pada Mahasiswa Stie Sultan Agung Semester Vi Tahun Akademik 2016/2017). Jurnal Maker, 4(2), 30–39.

Paoloe, R., Sepang, Jantje L., & Samadi, R. L. (2016). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Pada Pt. Astra International Tbk, Daihatsu Manado. Jurnal Emba, 4(4), 1037–1045.

Putro, A. S. (2018). Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Word Of Mouth (Wom) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rumah Makan Bandeng Pak Elan 2 Gresik. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 7(10), 1–21.

Rahayu, P., & Edward, M. (2014). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Smartfren Andromax ( Studi Pada Mahasiswa Kampus Ketintang Universitas Negeri Surabaya). E-Journal Unesa, 2(1), 1–16.

Saidani, B., & Rachman, M. A. (2013). Pengaruh Kualitas Produk Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olahraga Futsal Adidas Di Wilayah Jakarta Timur. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (Jrmsi), 4(2), 201–217.

Soenawan, A. D., & Malonda, E. S. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen D’stupid Baker Spazio Graha Family Surabaya. Jurnal Hospitality Dan Manajemen Jasa, 3(2), 395–409.

Suari, M. T. Yogi, Telagawathi, N. L. W. S., & Yulianthini, N. N. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Bisma: Jurnal Manajemen, 5(1), 26–33.

Wahyuni, P. Ratna, Kurniawan, Dody Tri, & Latifah, N. (2019). Pengaruh Interaksi Harga Dan Desain Atau Motif Batik Terhadap Keputusan Pembelian Batik Di Kabupaten Sumenep. Prosiding : Seminar Nasional Ekonomi Dan Teknologi, 277–284.

Published
2021-04-13
How to Cite
Saputra, I. W., & Wulandari, N. L. (2021). Pengaruh Desain Produk, Kualitas Pelayanan Dan Word of mouth Terhadap Keputusan Pembelian Kerajinan Perak Pada Yanyan Silver Di Gianyar. Widya Amrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Parwisata, 1(2), 664-676. https://doi.org/10.32795/widyaamrita.v1i2.1358