Pengaruh Servicescape Terhadap Loyalitas Dengan Kepuasan Anggota Sebagai Variabel Mediasi

Studi Pada Koperasi Pinang Sari di Abiansemal Badung

  • Ni Putu Meydi Darma Putri Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Bisnis dan Pariwisata, Universitas Hindu Indonesia
  • Putu Herny Susanti Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Bisnis dan Pariwisata, Universitas Hindu Indonesia
  • I Made Suasti Puja Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Bisnis dan Pariwisata, Universitas Hindu Indonesia
Keywords: Servicescape, Customer Satisfaction, Loyalty

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of servicescape and satisfaction on loyalty and the role of satisfaction in mediating the effect of servicescape on loyalty. This research was conducted at the Pinang Sari Cooperative in Abiansemal Badung. Questionnaires that have been tested for validity and reliability were given to 83 respondents. Data collection techniques are observation, interviews, documentation, literature and questionnaires. While the data analysis techniques are path analysis and sobel test. The test results show that Servicescape has a positive and significant effect on satisfaction seen from the t value of 8.096 and sig 0.00. Member satisfaction has a positive and significant effect on loyalty seen from the t value of 7,814 with sig 0,000. Servicescape has a positive and significant effect on lloyalty seen from the t value of 3.670 with sig 0.000. Member satisfaction is able to mediate the influence of Servicescape on Loyalty seen from the calculated z value that is greater than z table 5,590> 1.98.

References

Afandi, Muhammad Riza, dkk. 2019. Dampak Kualitas layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan dan loyalitas Pelanggan Pada Dira Cafe & Pool Pontang Ambulu Jember. Jurnal Penelitian Ipteks Vol. 4 No. Ham: 79-91.

Gosal, Pingkan, dkk. 2018. Pengaruh kualitas pelayanan dan servicescape terhadap kepuasan nasabah (studi kasus di bank BRI kampus fisip unsrat manado). Jurnal EMBA Vol.6 No.4 . Hal. 3983 – 3992.

Haryanto, Resty Avita. 2013. strategi promosi, kualitas produk, kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan pada restoran mcdonald’s manado. Jurnal EMBA. Vol.1 No.4. Halaman 1465-1473.

Irawan, Deny dan Japarianto Edwin. 2013. Analisis pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas melalui kepuasan sebagai variabel intervening pada pelanggan restoran POR KEE Surabaya. Jurnal manajemen pemasaran. Vol. 1, No. 2. Hal 1-8.

Khuswati, Enny dan Relita Dessy Triana. 2019. Pengaruh kualitas pelayann koperasi terhadap kepuasan anggota koperasi simpan pinjam (KSP) bhakti lestari kecamatan sungai tebelian. Jurnal Pendidikan Ekonomi. Volume 4, no 2. Hal 91-98.

. Enny dan Relita Desy Triana. 2019. Pengaruh kualitas pelayanan koperasi terhadap kepuasan anggota koperasi simpan pinjam (KSP) bhakti lestari kecamatan sungai tebelian. Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol. 4, no 2. Halaman 90-98.

Kiroyan, Mutiara, dkk. 2019. Pengaruh servicescape dan kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen di hotel sahid kawanua manado. Jurnal EMBA. Vol.7 No.4 Oktober 2019, Hal. 6013-6021.

Kurniawan, Rieskie, dkk. 2018. Pengaruh servicescape terhdap service performance dan customer satisfaction pada pelabuhan kelas IV pelindo I cabang rengat, kabupaten indragiri hulu, propinsi riau. Jurnal Tepak Manajemen Bisnis. Vol. X. No. 3. Hal. 515-533.

Novianti, Endri dan Darlius. 2018. Kepuasan pelanggan memediai pengaruh kualitas pelayanan dan promosi terhadap loyalitas pelanggan. Jurnal Ilmiah Manajemen. Volume VIII No. 1. Halaman 90-108.

Normasari, Selvy, dkk. 2013. Pengaruh kualitas pelayanan terhadapkepuasan pelanggan, citra perusahaan dan loyalitas pelanggan Survei padaTamu Pelanggan yang Menginap di Hotel Pelangi Malang. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) | Vol. 6 No. 2. Hal 1-9.

Purnomo, Angie Deva Tiffani, Priansa Donni Juni. 2019. Pengaruh servicescape terhadap kepuasan berkunjumg ke museum sri baduga -Proceeding of Applied Science : Vol.5, No.2. Page 829.

Putri, Erdina Novita, dkk. 2018. Pengaruh servicescape terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan (Survei pada Pelanggan Toko Oen Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). |Vol. 62 No. 1. Hal 63-72.

Purnama, Rizky Ardi dan Andajani Erna. 2019. Pengaruh servicescape terhadap customer loyality restorant limited service di MCDONALD’S Surabaya. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Vol. 6, No.2. Hal 157-176.

Ruata, Wanly, dkk. 2018. Pengaruh servicescape dan kualitas pelayanan komitmen nasabah tabungan pada bank sulutgo manado. MBA Vol.6 No.3 Juli 2018, Hal. 1328 – 1337.

Sudirman, I Made Stevana Adi Santhika. 2018. Pengaruh Kualitas layanan Online Terhadap Kepuasan, Komitmen, dan loyalitas Nasabah Internet Banking di Kota Denpasar. Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia. Volume 1, Nomor 4. Hal 473-488.

Sakinda, Pricilia Sinta, dkk. 2020. Pengaruh Servicescape dan Kualitas Komunikasi terhadap loyalitas nasabah melalui Kepuasan nasabah sebagai variabel intervening (studi pada nasabah Bank Tabungan Pensiunan Nasional Kantor Cabang Yogyakarta). The Journal Of Business and Management. : Volume 3. Nomor 2. Hal 125-135.

Setiawan, Heri, Maria Magdalena Minarsih, Azis Fathoni. “ Pengaruh kualitas

produk, Kualitas pelayanan dan kepercayaan terhadap kepuasan nasabah dan loyalitas nasabah dengan kepuasan sebagai variabel intervening (Studi kasus pasa nasabah Koperasi Jero Agung sukses cabang ngaliyan).†Jurnal of Manajement, Volume 2 No. 2 Maret 2016.

Tjahjaningsih, Endang. 2013. Pengaruh citra dan promosi terhadap kepuasan pelanggan serta dampaknya terhadap loyalitas pelanggan (studi pada pelanggan supermarket carrefour di semarang). Media Ekonomi dan Manajemen Vol 28. No.2. Halaman 13-27.

Wijayanto, Thomas, dkk. 2018. Analisis pengaruh promosi terhadap loyalitas konsumen dengan kepercayaan sebagai variabel mediasi. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Vol. 18 No. 3. Halaman 370-378.

Wanda, lastika, lutfie Harrie. 2018. Analisia kepuasan konsumen berdasarkan dimensi servicescape dengan menggunakan metode IPA (Studi Kasus pada Restoran Cepat Saji KFC Cabang Buah Batu Bandung Tahun 2018). e-Proceeding of Applied Science : Vol.4, No.3. Halaman 1-10

Published
2021-11-01
How to Cite
Putri, N. P. M., Susanti, P. H., & Suasti Puja, I. M. (2021). Pengaruh Servicescape Terhadap Loyalitas Dengan Kepuasan Anggota Sebagai Variabel Mediasi. WidyaAmrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 1(4), 1108-1118. https://doi.org/10.32795/vol4wamrtno1th24