Pengaruh Product Quality Dan Price Fairness Terhadap Keputusan Pembelian Reseller Jordan Bakery Pada PT. Nusa Kahyangan Asri Di Ketewel, Sukawati, Gianyar
Abstract
The purpose of this study was to determine the effect of product quality and price fairness on the purchasing decisions of Jordan Bakery resellers at PT. Nusa Kahyangan Asri in Ketewel, Sukawati, Gianyar. This research uses quantitative research. The sample used was 83 respondents. The data analysis technique used is Multiple Linear Regression Analysis. Based on the results of hypothesis testing, it was found that: (1) Product Quality has a positive and significant effect on Reseller Purchase Decisions; (2) Price Fairness has a positive and significant effect on Reseller Purchase Decisions; (3) Product Quality and Price Fairness have a positive and significant effect on Reseller Purchase Decisions. Suggestions that can be given to PT. Nusa Kahyangan Asri in Ketewel, Sukawati, Gianyar in improving reseller purchasing decisions, namely: it is expected to improve or improve marketing strategies in influencing or increasing reseller repurchase interest, offering unique and different flavor variants from products that have been circulating in the market, improving quality product so that there is conformity with the price offered so that it is in line with the expectations of the reseller.
References
Alma, B. (2013). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. ALFABETA.
Amryyanti, R, Sukaatmadja, I.P.G, dan Cahya, K. N. (2013). Pengaruh Kualitas Layanan, Produk dan Kewajaran Harga Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Pada LnC Skin Care Singaraja. Journal Ekonomi Dan Bisnis, 2(1), 22–29.
Andis, A. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Handphone Samsung Pada Toko Centro Palopo. Jurnal Manajemen, 5(1), 25–31.
Arianto, N. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(2), 12. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v3i2.4075
Astuti, R., Ardila, I., dan Lubis, R. R. (2019). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merek Converse. Akmami, 2(2), 204–219.
Consuegra, Martin, D., Molina, A. and Esteban, A. (2007). The Nature and Consequenses of Price Unfairness in Service: A Comparison to tangible Goods. Journal of Produk & Brand Management, 16(7), 459–468.
Dhurup, M., Mafini, C dan Dumasi, T. (2014). The impact of packaging, price, and brand awareness on brand loyalty: Evidence from the paint retailing industry. Acta Commercii, 14(1).
Gummelar, B. D. (2018). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Percieved Price Fairness, Strategi Diferensiasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Tugu Chocolate Di Kotagede Yogyakarta. Jurnal Ekobis Dewantara, 1(2), 129–136.
Irawan, D., Pemasaran, J. M., Petra, U. K., dan Siwalankerto, J. (2013). Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada Pelanggan Restoran Por Kee Surabaya. Jurnal Manajemen PemasaraN, 1(2), 1–8.
Kotler, P. (2012). Manajemen Pemasaran, Analisis Perencanaan dan Pengendalian (Angella Anitawati Hermawan (ed.); edisi 9). Prehallindo.
Kumala, F. O. N., dan Anwar, M. K. (2020). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Perumahan Pt.Hasanah Mulia Investama. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 3(2), 26–39.
Marpaung, B., dan Mekaniwati, A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian Studi Pada Konsumen Alat Mesin Pengolah Kopi Di PT. Karya Mitra Usaha. JIMKES Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 8(1), 29–38.
Nasution, M. N. (2005). Manajemen Mutu Terpadu: Total Quality Management (edisi kedu). Ghalia Indonesia.
Niluh Kurnia Dewi Pratami, N. D., Triansari, N. T., dan Rahutama Atidira, R. A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Scoopy Pada Pt. Mertha Buana Motor Singaraja. Prospek: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 31.
Oktavenia, K. A. R., dan Ardani, I. G. A. K. S. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Nokia Dengan Citra Merek Sebagai Pemediasi. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(3), 1374.
Pangestu, B. W., dan Darmawan, A. (2017). Analisis Penggunaan Forward Contract Hedging Untuk Menurunkan Risiko Eksposur Transaksi ( Studi pada PT . Unilever Indonesia , Tbk dan PT . Multi bintang Indonesia , Tbk. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 73(1), 30–39.
Putra, G., Arifin, Z., dan Sunarti, S. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Konsumen (Survei pada Mahasiswa Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi angkatan 2013 dan 2014 Universitas Brawijaya yang Melakukan Pembelian Paket Data Kampus). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 48(1), 88103.
Revita Ela, M. L. D., Frimayasa, A., dan Kurniawan, A. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Samsung. Managerial - Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen, 1(1), 10–10.
Saputra, S. T., dan Kadarisman Hidayat, S. (2017). pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian dan dampaknya terhadap kepuasan konsumen pengguna Iphone. Jurnal Administrasi Bisnis, 50(6), 85–95.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran jasa: Prinsip, penerapan, dan penelitian (Andi (ed.)).
Wahyuni, N. P. L. (2020). Peran Citra Merek Memediasi Pengaruh Kewajaran Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Onlineshop Zalora Di Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, 9(2).
West, W., dan H. (2007). Advertising & Promotion. an IMC Perspective.
Wibowo. (2016). Manajemen Kinerja (Edisi Keli). PT.Rajagrafindo Persada.
Yanto, A. F. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Produk Kartu Seluler Indosat. AKSES: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 13(1), 30–38.