Pengaruh Brand Awareness dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Shopee di Kota Denpasar

  • Santika Dewi Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Bisnis dan Pariwisata, Universitas Hindu Indonesia
  • I Wayan Suartina Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Bisnis dan Pariwisata, Universitas Hindu Indonesia
Keywords: purchasing decisions, brand awareness, brand image

Abstract

The purpose of this study was to find out how the influence of brand awareness and brand image on purchasing decisions either partially or simultaneously. The population of this research is Shopee consumers in Denpasar city with a total sample of 90 respondents. This study uses non-probability sampling with purposive sampling technique. While the data analysis technique is multiple linear regression analysis. The results showed that there was a positive and significant influence between brand awareness on purchasing decisions seen from b1 = 0.148 and the value of t - arithmetic > t - table that is 2.474 > 1.671 and sig 0.040 so that the first hypothesis is accepted. There is a positive and significant influence between brand image on purchasing decisions seen from b2 = 0.631 and the value of t - arithmetic > t - table that is 5.129 > 1.671 and sig 0.000 so that the second hypothesis is accepted. There is a simultaneous influence between brand awareness and brand image on purchasing decisions seen from the value of F - count > F - table that is 44.367 > 3.11 and sig 0.000 so that the third hypothesis is accepted.

References

Aaker, David A. 2018. Manajemen Ekuitas Merek. Jakarta: Mitra Utama.

Adiwidjaja, Adrian Junio, dan Zeplin Jiwa Husada Tarigan. 2017. Pengaruh Brand Image dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Converse. AGORA, 5, (3).

Andrew, Muhammad. 2019. E-Service Quality dan Citra Merek terhadap Minat Beli: Studi E-Service Quality dan Citra Merek Shopee. Jurnal Sekretaris dan Administrasi Bisnis, 3, (1), pp: 23-28.

Aziky, Azharul, dan Masreviastuti. 2018. Pengaruh Periklanan dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk E-commerce Shopee.co.id. JAB Jurnal Aplikasi Bisnis, 4, (1).

Brestilliani, Lelly, dan Suhermin. 2019. Pengaruh Brand Awareness, Brand Ambassador, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Online pada Marketplace Shopee (Studi Pada Mahasiswa Stiesia). Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 9, (2).

Cahyani, Khoiriyah Indra, dan Rr. Endang Sutrasmawati. 2016. Pengaruh Brand Awareness dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian. Management Analysis Journal, 5, (4).

Catriana, Elsa. 2020. Shopee Bukukan 260 Juta Transaksi pada Kuartal II 2020. https://money.kompas.com/read/2020/09/01/153618526/shopee-bukukan-260-juta-transaksi-pada-kuartal-ii-2020?page=all. Diakses pada tanggal 7 April 2021.

Djarwanto PS dan Pangestu Subagyo. 2010. Statistik Induktif Edisi 4. Yogyakarta: Penerbit BPFE

Darma, Ni Nyoman Galuh Gita Darma, dan Putu Sri Hartati. 2021. Pengaruh Citra Merek dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Oppo pada Gerai Handphone Shop di Gianyar. Jurnal Widya Amrita, Jurnal Manjemen, Kewirausahaan dan Pariwisata, 1, (1), pp: 349-361.

Firmansyah, M. Anang. 2018. Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Yogyakarta: Penerbit Deepublish

Ghozali, Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hartiningtiya, Ayu, dan M. Assegaff. 2010. Analisis Brand Awareness, Brand Association, Perceived Quality dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian. EKOBIS, 11, (2), pp: 500-507.

Idris, Fajar. 2014. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Sepatu di Toko Fajar Sport Kecamatan Pedurungan Kota Semarang. Skripsi Sarjana Jurusan Manejemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro, Semarang.

iprice.co.id. 2018-2020. Peta E-Commerce Indonesia.Diakses pada tanggal 2018-2020. https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/. Diakses pada tanggal 20 Novemver 2020

Kusumawardhani, Amanda. 2020. Survei MarkPlus Inc.: Shopee Kuasai Peta Persaingan E-commerce. https://ekonomi.bisnis.com/read/20200917/12/1293028/survei-markplus-inc-shopee-kuasai-peta-persaingan-e-commerce. Diakses pada tanggal 20 November 2020

Mayasari,Selvi. 2020. Jumlah transaksi di Shopee lebih dari 2,8 juta transaksi per hari. https://industri.kontan.co.id/news/jumlah-transaksi-di-shopee-lebih-dari-28-juta-transaksi-per-hari. Diakses pada tanggal 20 November 2020.

Nasrul. 2020. Pengaruh Dimensi Pengetahuan Merek Terhadap Keputusan Pembelian pada Pelanggan Situs Online Shopee.co.id di Kota Kendari. JUMBO, 4, (1), pp: 19-28.

Wirawan, Nata. 2012. Cara Mudah Memahami Statistika (Statistika Deskriptif) (ketiga). Denpasar: Keramas Emas Denpasar

Nicholas, Leon Kevin. 2020. Pengaruh Brand Image dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Online (Studi pada Pengguna Traveloka dalam Pembelian Tiket Pesawat di Kota Medan). Skripsi Sarjana Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara, Medan.

Nugroho, B. Agung. 2010. Strategi Jitu Memilih Metode Statistik Penelitian Dengan SPSS. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Paramosa, Maisie Levina. 2013. Analisis Faktor-faktor Pembentuk Ekuitas Merek terhadap Keputusan Pembelian Jasa Hotel Narita Surabaya. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, 1, (1).

Shopee Indonesia. 2020. Shopee Awali 2020 dengan Pencapaian Sebagai Brand e-Commerce Pilihan Masyarakat Indonesia. https://pressrelease.kontan.co.id/release/shopee-awali-2020-dengan-pencapaian-sebagai-brand-e-commerce-pilihan-masyarakat indonesia#:~:text=JAKARTA%2C%2024%20Januari%202020%20%2D%2D,pasar%20yang%20berbasis%20di%20London. Diakses pada tanggal 20 November 2020.

Sopia, Santi. 2020. Shopee Catat 3,4 Juta Transaksi Per Hari. https://www.republika.co.id/berita/qk2wts457/shopee-catat-34-juta-transaksi-per-hari. Diakses pada tanggal 7 April 2021.

Suciningtyas, Wulan. 2012. Pengaruh Brand Awareness, Brand Image, dan Media Communication Terhadap Keputusan Pembelian. Manajement Analysis Journal, 1, (1).

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

swa.co.id. 2020. Survey MarkPlus: Shopee Brand Paling Diingat Konsumen E-Commerce. https://swa.co.id/swa/trends/business-research/survei-markplus-shopee-brand-paling-diingat-konsumen-e-commerce. Diakses pada tanggal 9 Februari 2021.

Tanady, Edi Sucipto dan Muhammad Fuad. 2020. Analisis Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Tokopedia di Jakarta. Manajemen Pemasaran, 9, (2).

Tjiptono, Fandy.2011. Seri Manajemen Merek 01- Manajemen dan Strategi Merek. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Tobagus, Anita. 2018. Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Satisfaction Pengguna di Situs Tokopedia. AGORA, 6, (1), pp: 1-10.

topbrand-award.com. 2016-2020.Top Brand Index Situs Jual Beli Online 2016-2020. https://www.topbrand-award.com/top-brand-index/?tbi_find=Tokopedia. Diakses pada tanggal 20 November 2020.

Umama, Hany Azza, dan Rifki Rakasiwi. 2017. Pengaruh Brand Awareness dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Telkomsel (Studi Masyarakat di Kota Serang Provinsi Banten). Jurnal Manajemen, 7, (2).

Yanti, Mery Oky Zufi, dan Hendri Sukotjo. 2015. Pengaruh Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Aqua. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 5, (5).

Yaphyaputra, Vicky, dan Maichal. 2018. Pengaruh Brand Awareness dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sealantwax di Surabaya. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 3, (2).

Published
2022-05-01
How to Cite
Dewi, S., & Suartina, I. W. (2022). Pengaruh Brand Awareness dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Shopee di Kota Denpasar. WidyaAmrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 2(2), 551-561. https://doi.org/10.32795/widyaamrita.v2i2.1876