Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Guru pada Masa Pandemi Covid-19

  • Ni Putu Puspa Widyastiti Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Bisnis dan Pariwisata Universitas Hindu Indonesia
  • Ni Luh Adisti Abiyoga Wulandari Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Bisnis dan Pariwisata Universitas Hindu Indonesia
  • Gede Agus Dian Maha Yoga Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Bisnis dan Pariwisata Universitas Hindu Indonesia
Keywords: Kompetensi Profesional, Motivasi Kerja, Disiplin Kerja, Kinerja Guru

Abstract

Improving teacher performance is very important for every school to facilitate the teaching and learning process in schools. The purpose of this study was to determine the effect of professional competence, work motivation and work discipline on teacher performance during the COVID-19 pandemic at SMP PGRI 8 Denpasar partially and simultaneously. This study used a population of 41 people and a sample that took the entire population, therefore the sampling method used was saturated sampling. Data analysis was performed using multiple linear regression analysis method. The results of this study indicate that professional competence, work motivation and work discipline can improve teacher performance during the COVID-19 pandemic positively and significantly. Suggestions in this study are to improve teacher performance by considering the factors of professional competence, work motivation and work discipline.

 

References

Alhusaini, A., Kristiawan, M., & Eddy, S. (2020). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru. Ssrn Electronic Journal, 4(3), 2166–2172.

Astuti, A. D. (2017). Pengaruh Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Sd Di Kabupaten Cilacap. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 5(2), 150–160.

Catio, M., & Sunarsi, D. (2020). Analisa Pengaruh Kompetensi, Disiplin Kerja Dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru (Smk Sasmita Jaya 1 Pamulang Kota Tangerang Selatan). Equilibrium : Jurnl Pelatihan Pendidikan Dan Ekonomi, 17(02), 1–15.

Daryati, N. (2016). Pengaruh Kompetensi Profesional Dan Motivasi Berprestasi Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Penilaian Pendidikan (JPPP), 1(1), 123–137.

Faizin. (2018). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru, Motivasi Kerja Dan Konsep Diri Terhadap Kinerja Guru Di Madrasah Aliyah Negeri Kabupaten Kampar. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran) Program, 2(4), 635–646.

Fatihah, F., Ibrahim, M. M., & Azisah, S. (2019). Pengaruh Kompetensi Profesional Dan Kedisiplinan Guru Terhadap Kinerja Guru Pada Madrasah Tsanawiyah Di Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba. Jurnal Manajemen Pendidikan, 14(1), 45–51.

Hartanti, A. S., & Yuniarsih, T. (2018). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(1), 19–27.

Irfan, Gani, A., Serang, S., Sukmawati, S., & Murfat, M. Z. (2020). Pengaruh Kompetensi, Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kota Makassar. Yume : Journal Of Management, 3(1), 182–193.

Lubis, R. P., Pasaribu, F., & Tufty, Z. (2020). Pengaruh Kompetensi, Motivasi Kerja Dan Lingkungan Kerfja Terhadap Kinerja Guru Sma Negeri 15 Medan. Jurnal Ilmiah Research, 2(2), 258–272.

Malka, A. E. I., Mus, A. R., & Lamo, M. (2020). Pengaruh Disiplin Kerja, Motivasi Kerja, Dan Kemampuan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai. CESJ: Center Of Economic Students Journal, 3(1), 73–89.

Manurung, N., & Riani, A. L. (2016). Pengaruh Disiplin Kerja, Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja Dan Kompetensi Terhadap Komitmen Organisasi. Daya Saing Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya, 18(1), 10–19.

Ngiode, S. (2016). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Mts.N Batudaa Kabupaten Gorontalo. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 127–137.

Novyanti, J. S. (2015). Pengaruh Motivasi Kerja, Lingkungan Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Bappeda Provinsi Sulawesi Tengah. Katalogis, 3(1), 105–115.

Pratiwi, N. M. R. Y., & Wimba, I. G. A. (2021). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Motivasi Sebagai Variabel Intervening Di Sisterfields Café Seminyak. Widya Amrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 1(4), 1211–1218.

Rachmawati, L., & Kaluge, L. (2020). Kompetensi Profesional Guru, Motivasi Kerja, Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Ips, 14(1), 1–6.

Rahmayanti, Haryati, T., Miyono, N., & Safitri, A. (2021). Pengaruh Kompetensi Profesional, Motivasi Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Atas Negeri Se-Kabupaten Pemalang. Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan, 3(1), 43–55.

Sarianti, N. L., Wimba, I. G. A., & Astrama, I. M. (2021). Peran Kepuasan Kerja Memediasi Pengaruh Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan. Widya Amrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 1(4), 1398–1408.

Setiawan, I. P. A. J., Purwaningrat, P. A., & Wulandari, N. L. A. A. (2021). Pengaruh Motivasi, Pelatihan Kerja Dan Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Karyawan Di Movenpick Resort And Spa Jimbaran Bali. Widya Amrita, Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 1(3), 962–974.

Setyawan, I. K., & Wilyadewi, I. I. D. A. Y. (2021). Pengaruh Kompensasi Finansial, Motivasi Dan Komitmen Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan. Widya Amrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 1(4), 1259–1267.

Shoim, I., Kustiyah, E., & Sudarwati. (2019). Analisis Motivasi, Kompetensi, Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Di Smp Al-Islam 1 Surakarta. Jurnal Ilmiah Edunomika, 3(01), 186–192.

Siregar, M. (2019). Pengaruh Kompetensi, Motivasi Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru Sma Negeri 18 Medan. Jurnal Ilmiah Research Sains, 5(1), 1–15.

Surya, I. P. A., & Susanti, P. H. (2021). Pengaruh Servant Leadership, Disiplin Kerja, Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Balai Bahasa Provinsi Bali. Widya Amrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 1(4), 1098–1107.

Tanjung, H., & Lubis, A. H. (2021). Pengaruh Kompetensi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Badan Pengelilaan Pajak Dan Retribusi Daerah. Proceding Seminar Nasional Kewirausahaan, 2(1), 761–768.

Tumanggor, R., & Girsang, R. M. (2021). Pengaruh Kompetensi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Upt Badan Pendapatan Daerah Kecamatan Gunung Malela Kabupaten Simalungun. Jurnal Ekonomi USI, 3(1), 42–55.

Turangan, J. K. (2017). Pengaruh Kompetensi, Disiplin Kerja Dan Profesionalisme Terhadap Kinerja Guru Di Sma Negeri 1 Manado. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 5(2), 1402–1411.

Widiatmaja, A. (2019). Analisis Pengaruh Kompetensi Profesional Dan Disiplin Kerja Untuk Peningkatan Kinerja Dosen. Jurnal Dinamika Bahari, 9(2), 2273–2282.

Yenny. (2019). Pengaruh Kompetensi, Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Pada Yayasan Pendidikan Imanuel Palu. Jurnal Katalogis, 6(2), 98–105.

Yusuf, T., & Suci, G. (2018). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru, Motivasi Kerja, Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Smk Negeri 2 Penajam Paser Utara. Jurnal Geoekonomi, 9(2), 117–132.

Published
2023-10-01
How to Cite
Widyastiti, N. P., Wulandari, N. L., & Yoga, G. A. (2023). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Guru pada Masa Pandemi Covid-19. WidyaAmrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 3(10), 2080-2089. https://doi.org/10.32795/vol4wamrtno1th24