Peningkatan Kepuasan Pelanggan melalui Bauran Komunikasi Pemasaran dan Brand Image

  • Kadek Yuniasih Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Bisnis dan Pariwisata Universitas Hindu Indonesia
Keywords: Bauran Komunikasi Pemasaran, Brand Image, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Customer satisfaction is an important key to the company's success in achieving its goals. This research is expected to find out the influence given by the marketing communication mix and brand image on customer satisfaction at Warung Taman Curry Ubud Gianyar Bali.. The sample used was 86 people from a total of 623 consumers through the accidental sampling method. The process of data analysis using multiple linear regression analysis method. The result found from this research is that there is a positive and significant influence shown by the marketing communication mix and brand image on customer satisfaction at Warung Taman Curry Ubud Gianyar Bali, either partially or simultaneously. Suggestions in this study are to increase customer satisfaction by increasing the marketing communication mix and brand image.

References

Amilia, S., & Novianti, A. (2016). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Warung Kanasha Di Kota Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan Unsam, 5(1), 459–468.

Aristayasa, I. K., Mitarini, N. W., & Atmaja, N. P. C. D. (2020). Pengaruh Persepsi Harga Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ekonomi Dan Pariwisata, 15(2), 90–103.

Ariyanti, A., & Darmanto, R. F. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen Richeese Factory Bintara Kota Bekasi. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 20(3), 227–234.

Budiyanto, A. (2018). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Layanan Dan Brand Image Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen Di Pt. Yerry Primatama Hosindo. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 1(3), 71–80.

Darma, N. N. G. G., & Hartati, P. S. (2021). Pengaruh Citra Merek Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Oppo Pada Gerai Handphone Shop Di Gianyar. Jurnal Widya Amrita, Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 1(1), 349–361.

Edward, Chan, S., & Majid, S. A. (2017). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Serta Dampaknya Pada Loyalitas Konsumen Produk Apple Di Banda Aceh. Jurnal Manajemen Dan Inovasi, 8(3), 24–36.

Farida, I., Tarmizi, A., & November, Y. (2016). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran 7p Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Gojek Online. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (Jrmb), 1(1), 31–40.

Hermawan, H. (2015). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan, Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen Dalam Pembelian Roti Ceria Di Jember. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 1(2), 143–161.

Juniardi, A., Haerani, S., & Munir, A. R. (2018). The Influence Of Marketing Mix Strategies To Customer Satisfaction And Hotel Loyalty Novotel Novotel Grand Shayla City Center. Hasanuddin Journal Of Applied Business And Entrepreneurship, 1(4), 52–64.

Junior, O. M. S., Areros, W. A., & Pio, R. J. (2019). Pengaruh Brand Image Dan Persepsi Harga Terhadap Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Datsun Nissan Martadinata). Jurnal Administrasi Bisnis, 8(2), 1–9.

Kamaluddin, & Iriani, N. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen Kedai Kopi Di Sungguminasa. Jurnal Economix, 6(1), 53–60.

Kambey, K. Y., & Sepang, J. L. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Bauran Pemasaran Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Pada (Pt. Hasjrat Abadi Yamaha Samratulangi Manado). Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4), 1948–1957.

Pratiwi, N. K. S., Suartina, I. W., & Sugianingat, I. A. P. W. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Bauran Pemasaran Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Mcdonald’s Di Kota Denpasar. Jurnal Widya Amrita, Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 1(1), 94–114.

Rukhani, I. W. (2019). Analisis Pengaruh Citra Merek Dan Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Pelanggan Internet Tri. Jurnal Manajemen, 1(2), 25–35.

Santana, A., & Keni. (2020). Pengaruh Brand Image Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Pada Pt. Brand X Di Jakarta. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 4(4), 150–155.

Santosa, D. G. W., & Mashyuni, I. A. (2021). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Grab Di Kota Denpasar. Jurnal Widya Amrita, Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 1(1), 290–302.

Setiawan, P. Y. B., Fudholi, A., & Satibi. (2016). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Produk. Manajemen Dan Pelayanan Farmasi, 6(2), 115–124.

Sunarsi, D. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Giant Dept Store Cabang Bsd Tangerang. E-Mabis: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 21(1), 7–13.

Sutriani, N. K. M., Suartina, I. W., & Premayani, N. W. W. (2021). Pengaruh Citra Merek, Desain Produk Dan Fitur Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda. Pengaruh Citra Merek, Desain Produk Dan Fitur Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda, 1(4), 1369–1379.

Syah, S. A. U. H., Kamase, J., Suryanti, Serang, S., & A., Gp. J. (2021). Pengaruh Citra Destinasi, Kualitas Pelayanan Dan Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Wisatawan Dan Keputusan Kunjung Ulang Pada Objek Wisata. Seiko : Journal Of Management & Business, 4(3), 106–130.

Usvela, E., Qomariah, N., & Wibowo, Y. G. (2019). Pengaruh Brand Image, Kepercayaan, Dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan Herbalife. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 5(2), 300–312.

Wibowo, T. J. K., & Khuzaini. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Merek Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 9(5), 1–19.

Yanti, N. W. E., & Puja, I. M. S. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Percetakan Ud. Wipra Print Karangasem. Widya Amrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 1(3), 943–953.

Published
2023-01-01
How to Cite
Yuniasih, K. (2023). Peningkatan Kepuasan Pelanggan melalui Bauran Komunikasi Pemasaran dan Brand Image. WidyaAmrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 3(1), 41-48. https://doi.org/10.32795/vol4wamrtno1th24