Pengaruh Hedonic Shopping Motivation dan Sales Promotion Terhadap Impulse Buying Pada Konsumen E-Commerce Shoppe

  • Ni Luh Yuni Arti Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Bisnis dan Pariwisata, Universitas Hindu Indonesia
  • Putu Sri Hartati Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Bisnis dan Pariwisata, Universitas Hindu Indonesia
  • I Made Astrama Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Bisnis dan Pariwisata, Universitas Hindu Indonesia
Keywords: Hedonic Shopping Motivation, Sales Promotion, Impulse Buying

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of hedonic shopping motivation and sales promotion partially and simultaneously on impulse buying. The research location is in Tabanan, Bali. The sample used was 120 respondents. The data analysis technique used is Multiple Linear Regression. 4.291 and sig 0.000. (2) sales promotion has a significant positive effect on impulse buying, where the t value is 5.324 and sig 0.000. (3) Simultaneously hedonic shopping motivation and sales promotion have a significant effect on impulse buying, where the F value is 63,492 and the significance is 0,000. The magnitude of the influence of the independent variable on impulse buying is 52.0%. The suggestion in this research is that E-Commerce Shoppe is expected to increase the variety of products sold and add features available at E-Commerce Shoppe and always provide a guarantee on all products sold

References

Amanah, Dita dan Stephany P. Pelawi. 2015. Pengaruh Promosi Penjualan (Sales Promotion) dan Belanja Hedonis (Hedonic Shopping) Terhadap Impulsive Buying Produk Matahari Plaza Medan Fair. Vol.III No.02 Jurnal Quanomic.

Buku Pedoman Penulisan Usulan Proposal dan Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Hindu Indonesia. 2019.

Bunyamin, S. E. Manajemen Pemasaran. CV Literasi Nusantara Abadi, 2021.

Data Pengunjung Shoppe. https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/ diakses pada tanggal 28 Februari 2021

Ferdinand, A. 2014. Metode Penelitian Manajemen. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS. Edisi 8. Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hanifah Syafri , Eri Besra. 2019 “Pengaruh Hedonic Shopping Motivation, Store Atmosphere Dan Sales Promotion Terhadap Impulse Buying (Survey: Pada Konsumen Kosmetik Transmart Kota Padang,” E-ISSN: 2598-635X, P-ISSN: 2614-7696 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen Vol. 4, No. 4, 2019 November: 786-802

Jayani, Dwi Hadya. 2019. “Proyeksi Penggunaan Internet di Indonesia 2017-2023”. https://databoks.katadata.co.id/.di akses pada tanggal 28 Februari 2021.

Jayani, Dwi Hadya. 2019. “Pengguna dan Tingkat Penetrasi E-Commerce di indonesia 2017-2023” .https://databoks.katadata.co.id/.di akses pada tanggal 28 Februari 2021.

Kota yang dijangkau E-commerce Shoppe https://ekonomi.bisnis.com/ Diakses pada tanggal 28 Februari 2021.

Kotler, dan Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Jakarta :Erlangga..

Lumintang, Fenny Felicia. 2012. “Pengaruh Hedonic Motives Terhadap Impulse Buying Melalui Browsing Dan Shopping Lifestyle Pada Online Shop,” ISSN: 2303-162X Jurnal ilmiah Mahasiswa Manajemen vol. 1 (No 6)

Mawardi, Ponti Kurniawan et al. 2011. Riset Pemasaran dan Konsumen, Panduan Riset dan Kajian: Kepuasan, Perilaku Pembelian, Gaya Hidup, Loyalitas dan Persepsi Risiko. Bogor :IPB PressBogor.

Ni Putu Diah Risnawati, ddk. 2021 “Peran Hedonic Shopping Motivation, Store Atmosphere, dan Price Discount Dalam Meningkatkan Impulse Buying,” e-ISSN 2774 7085 Jurnal Manajemen, Kewirausahaan dan Pariwisata Mei 2021, Vol. 1 (No. 2): Hal 530-540

Paramita, Adiska Octa. 2014. "Pengaruh Nilai Belanja Hedonis Terhadap Pembelian Impulsif Pada Toko Online Dengan Emosi Positif Sebagai Variabel Perantara (Studi Pada Mahasiswa/i Program Strata-1 Angkatan 2011/2012 Jurusan Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Bra." Jurnal Administrasi Bisnis 8.2

Rindyah Hanafi, Indra Tri Hutomo.2019 “Pengaruh Store Atmosphere, Hedonic Shopping, Dan Promosi Terhadap Impulsive Buying,” ISSN: 2302 – 4747 Jurnal Ilmu Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi Volume 8 Nomor 2 September 2019.

Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: penerbit Andi.

Shilpia Defa Widayani. 2020 “Pengaruh Belanja Hedonis dan Promosi Penjualan terhadap pembelian impulsif pada e-commerce Shoppe dengan emosi positif sebagai variabel mediasi,” Skripsi. Yogyakarta : Universitas Sanata Dharma.

Shinta, Agustina.2011. Manajemen pemasaran. Universitas Brawijaya Press.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016 Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.Bandung.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : CV. Alfabeta.

Sinaga, Suharyono dan Srikandi, K. 2012. “Stimulus Store Environment Dalam Menciptakan Emotion Responden dan Pengaruhnya Terhadap Impulse Buying”, Jurnal Profit, Vol. 6, No. 2.

Toko Online yang sering dikunjungi orang Indonesia. https://www. cnbcindonesia.com/tech/20190516203654-37 73077/ ini-toko-online-yang-paling-sering-dikunjungi-orang-ri. Diakses pada tanggal 28 Februari 2021.

Tjiptono, F. 2011. Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia..

Published
2023-02-01
How to Cite
Arti, N. L. Y., Hartati, P. S., & Astrama, I. M. (2023). Pengaruh Hedonic Shopping Motivation dan Sales Promotion Terhadap Impulse Buying Pada Konsumen E-Commerce Shoppe. WidyaAmrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 3(2), 336-342. https://doi.org/10.32795/vol4wamrtno1th24