Dampak Citra Merek dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian

  • Kadek Marta Sari Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Bisnis dan Pariwisata, Universitas Hindu Indonesia
  • I Gede Putu Kawiana Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Bisnis dan Pariwisata, Universitas Hindu Indonesia
  • I Made Astrama Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Bisnis dan Pariwisata, Universitas Hindu Indonesia
Keywords: Purchase Decision, Brand Image, Service Quality

Abstract

The decision to buy a product offered by a company is very important because it affects the sustainability of achieving company goals. The purpose of this study was to determine the effect of brand image and service quality on purchasing decisions for Oppo branded smartphones at the Permaisuri Seluler Counter in Denpasar. Data will be collected by conducting interviews and distributing questionnaires. The population in this survey is all consumers of Counter Empress Cellular in Denpasar in 2020. The sample used in this survey consists of 89 respondents using the purposive sampling method. The method of data analysis in this study is multiple linear regression analysis. The results showed that purchasing decisions were influenced by brand image and service quality positively and significantly. Suggestions for improving brand

References

Artini, N. W., Astrama, I. M., & Premayani, N. W. W. (2021). "Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Personal Selling Terhadap Keputusan Pembelian Produk Merek". Widya Amrita, Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 1(4), 1179–1188.

Ayuniah, P. (2017). "Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Iklan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah (Studi Kasus Pada Mahasiswi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma Yang Mengambil Kuliah Di Kampus Depok)". Jurnal Ekonomi Bisnis, 22(3), 208–219.

Budiono, A. (2020). "Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Promosi, Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian". Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 17(02), 1–15.

Citra, T., & Santoso, S. B. (2016). "Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Cetakan Continuous Form Melalui Kepercayaan Merek (Studi Pada Percetakan Jadi Jaya Group , Semarang)". Diponegoro Journal Of Management, 5(2), 1–12.

Darma, N. N. G. G., & Hartati, P. S. (2021). "Pengaruh Citra Merek Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Oppo Pada Gerai Handphone Shop Di Gianyar". Jurnal Widya Amrita, Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 1(1), 349–361.

Ecstasia, B., & Maftukhah, I. (2018). "Pengaruh Citra Merek Dan Persepsi Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Loyalitas Merek Pada Riez Palace Hotel Tegal". Management Analysis Journal, 7(1), 129–138.

Evelina, N., Dw, H., & Listyorini, S. (2012). "Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana Telkomflexi (Studi Kasus Pada Konsumen Telkomflexi Di Kecamatan Kota Kudus Kabupaten Kudus)". Diponegoro Journal Of Social And Politic, 1(1), 1–11.

Gifani, A., & Syahputra. (2017). "Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone Oppo Pada Mahasiswa Universitas Telkom". Bisnis Dan Iptek, 10(2), 81–94.

Habir, H., Zahara, Z., & Farid. (2018). "Pengaruh Citra Merek Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha". Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako, 4(3), 211–218.

Kurniawan, F., Arifin, Z., & Fanani, D. (2018). "Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Kepada Para Siswa Sman 15 Surabaya Kelas Xii Yang Menggunakan Laptop Ber Merek Asus)". Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 56(1), 75–81.

Labesi, S. C. (2019). "Pengaruh Brand Image Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Pajero Pada PT. Makassar Mandiri Putra Utama". Jurnal EMBA, 7(3), 3778–3787.

Maulana, A. S. (2016). "Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Toi". Jurnal Ekonomi, 7(2), 113–125.

Musa, M. I. (2017). "Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Pada Mahasiswa Universitas Negeri Makassar". Jurnal Economix, 5(1), 181–192.

Nasution, A. E. (2018). "Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen". Jurnal Riset Manajemen, 2(3), 91–96.

Pramono, W., & Adiwijaya, M. (2019). "Pengaruh Citra Merek, Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Lion Air". Agora, 7(2), 1–6.

Riyadh, M., & Nimah, F. (2018). "Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Perusahaan Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Di Raharjo Tour & Travel Malang". Jurnal Aplikasi Bisnis (JAB), 4(2), 490–494.

Rizan, M., & Handayani, Kartika L. (2015). "Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Banding Konsumen Indomie Dan Mie Sedaap)". Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (Jrmsi), 6(1), 457–478.

Sartika, L., & Kanya, N. (2019). "Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pemilihan Produk Pembiayaan". Almana : Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(2), 217–229.

Sitio, V. S. S. (2019). "Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Jasa Pengiriman PT. Tiki". Jurnal Ilmiah M-Progress, 9(1), 21–31.

Sriyanto, A., & Utami, D. A. (2016). "Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Dadone Di Jakarta". Jurnal Ekonomika Dan Manajemen, 5(2), 163–175.

Susanti, N. K. D., Susanti, P. H., & Suputra, G. A. (2021). "Pengaruh Lokasi , Kelengkapan Produk , Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Alfamart Blahkiuh Di Kabupaten Badung". Jurnal Widya Amrita, Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 1(1), 144–162.

Sutriani, N. K. M., Suartina, I. W., & Premayani, N. W. W. (2021). "Pengaruh Citra Merek, Desain Produk Dan Fitur Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda". Widya Amrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 1(4), 1369–1379.

Tyas, R. R., & Setiawan, A. (2012). "Pengaruh Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Nasabah Untuk Menabung Di Bmt Sumber Mulia Tuntang". Jurnal Muqtasid, 3(2), 277–297.

Venessa, I., & Arifin, Z. (2015). "Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Survei Pada Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang Tahun Angkatan 2013/2014 Dan 2014/2015 Pengguna Kartu Pra-B". Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 51(1), 44–48.

Wahyuni, S., & Pardamean, J. (2016). "Pengaruh Iklan, Harga Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Simpati Di Institute Perbanas". Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 3(1), 13–30.

Wangean, R. H., & Mandey, S. L. (2014). "Analisis Citra Merek, Kualitas Produk Dan Harga Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Mobil All New Kia Rio Di Kota Manado". Jurnal EMBA, 2(3), 1715–1725.

Wulandari, R. D., & Iskandar, D. A. (2018). "Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Kosmetik". Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi Uniat, 3(1), 11–18.

Yazid, I., & Hidayat, W. (2020). "Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Apotek K-24 Jl. Gadjah Mada Yogyakarta)". Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis (JIAB), 9(1), 1–10.

Published
2023-02-01
How to Cite
Sari, K., Kawiana, I. G., & Astrama, I. M. (2023). Dampak Citra Merek dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. WidyaAmrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 3(2), 352-363. https://doi.org/10.32795/vol4wamrtno1th24