Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Service pada Toyota Auto2000 Cabang Tabanan
Abstract
The formulation of problems and objectives in this study to determine the influence of service quality, price and promotion on customer loyalty. The location of this research at the Toyota Auto2000 Tabanan Branch, a sample used as many as 100 respondents. The data analysis techniques used are Validity Test, Rehabilitation, Classical Assumptions, Multiple Linear Regression, Determination Coefficient, t Test and Test F. Based on the results of research it can be seen that: (1) service quality has a significant positive effect on customer loyalty, where a value of t 3,742 and sig 0.000 is obtained. (2) The price has a significant positive effect on customer loyalty, where a value of t 3,069 and sig 0.003 is obtained. (3) promotion has a significant positive effect on customer loyalty, where a value of t 2,440 and sig 0.017 is obtained. (4) simultaneously the quality of service, price and promotion have a significant effect on customer loyalty, where obtained a value of F 36,163 and a significance of 0.000. The magnitude of the influence of free variables on customer loyalty is 51.6%. The advice that can be given by researchers is that Auto2000 Tabanan Branch is always quick to respond in handling customer service complaints, improving the quality of the service provided and providing optimal handlers to customer complaints.
References
Abdullah, M. Ma’ruf. 2014. Manajemen dan Evaluasi Kinerja Karyawan. Aswaja Pressindo: Yogyakarta
Adare, Decky dan Jessica J. Lenzun. 2014. Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Kartu Prabayar Telkomsel. Jurnal EMBA 2.3: 1237-1245.
Appley A, Lawrence dan Lee, Oey Liang. 2010. Pengantar Manajemen. Salemba Empat: Jakarta
Assauri, Sofjan. 2014. Manajemen Pemasaran. Raja Grafindo Persada: Jakarta Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). 2020. Data Wholesale tahun 2020.
Daniel I Nyoman Renatha Cardia, dkk. 2019. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan. E-Jurnal Manajemen, Vol. 8, No. 11, 2019 : 6762-6781
Fredi Pradana. 2018. Pengaruh Manajemen Hubungan Pelanggan, Kualitas Pelayanan, Dan Kualitas Pengalaman Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Nasabah PT FAC Sekuritas Indonesia Di Yogyakarta. Jurnal Manajemen Bisnis, Vol 9. No 2, September 2018
Hasibuan, Malayu S.P. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia, Penerbit PT Bumi Aksara: Jakarta Kotler, Philips. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Jakarta.
Kurniawan, Albert. 2014. Metode Riset Ekonomi dan Bisnis. Penerbit Alfabeta: Semarang
Nabilah Alya Insani dan Putu Nina Madiawat. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Promosi terhadap Loyalitas Pelanggan GoFood di Kota Bandung. Jurnal Ilmiah Manejemen.
Padma T Wibawa. 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Pt. Matahari Silverindo Jaya Semarang. Diponegoro Jurnal
Pamungkas, Tresna. 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa Terhadap Loyalitas Pelanggan Garand Pasundan Convention Hotel. Diss. Universitas Widyatama.
Panjaitan, Yosua I. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Bengkel Toyota Auto 2000 Gatot Subroto Medan. Diss. Universitas Sumatera Utara
Poluan, Anita. 2016. Pengaruh Kepuasan dan Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Suzuki Mobil Cabang Denpasa di Bali. Diss. Universitas Warmadewa.
Pongoh, Melysa Elisabeth. 2013. Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Harga Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan Kartu As Telkomsel di Kota Manado. Diss. Universitas Sam Ratulangi Manado.
Putri, Resita Widya dan Suharyono. 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan (Survey pada Pelanggan Auto2000 Waru Surabaya). Diss. Universitas Brawijaya.
Tengku Putri Lindung Bulan. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Loyalitas Konsumen pada PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir Agen Kota Langsa. JURNAL MANAJEMEN DAN KEUANGAN, VOL.5, NO.2, NOVEMBER 2016
Titik Efnita. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Jasa Pengiriman Paket. Jurnal Ekobistek.